Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

Wabah virus corona semakin menebar ketakutan pada seluruh warga dunia, termasuk Indonesia. Benarkah orang yang terkena coronavirus tidak menunjukkan gejala?

Virus corona menjadi ramai diperbincangkan setelah hampir 3000-an orang di beberapa negara, khususnya Tiongkok terinfeksi. Parasit ini kabarnya dapat dengan cepat menular dari manusia ke manusia. Bahkan, beberapa negara, seperti Thailand, Malaysia, Amerika Serikat, dan Jepang sudah terjangkit coronavirus.

Seramnya lagi, seseorang yang mengidap infeksi virus corona bisa saja tidak menunjukan gejala. Alhasil, ini membuat penyakit virus corona sulit terdeteksi, dan tanpa disadari pasien pun bisa menularkan virusnya pada orang lain. Untuk itu, mari kita kenali lebih dalam mengenai gejala penyakit akibat coronavirus ini.

1 dari 4 halaman

Penderita Virus Corona Tidak Selalu Menunjukkan Gejala!

Dari sekian banyak virus yang bisa menyebabkan infeksi paru-paru, virus corona termasuk salah satu yang sangat berbahaya. Bahkan, sangat berisiko menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan cepat.

Coronavirus bisa menimbulkan infeksi paru-paru atau pneumonia karena menyerang dan merusak sel-sel di sepanjang saluran pernapasan. Saluran pernapasan yang rusak bisa mengalami peradangan yang akan menyebabkan sesak napas berat dan akhirnya meninggal dunia.

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

Sampai saat ini, lebih dari 95% infeksi virus corona penyebarannya berasal dari Kota Wuhan di Tiongkok. Penyebaran coronavirus antar manusia ini dapat terjadi melalui kontak langsung dengan penderitanya lewat batuk, bersin, atau kontaminasi langsung terhadap makanan.

Namun permasalahannya, seseorang yang sudah terinfeksi virus corona bisa tidak menunjukan gejala meski ia sudah terinfeksi!

Tidak semua penderita infeksi virus corona mengalami demam tinggi, sesak napas, flu, dan batuk-batuk. Hal ini terjadi karena virus corona membutuhkan waktu inkubasi sekitar 3 sampai 7 hari.

Inkubasi adalah proses virus menginfeksi tubuh sampai akhirnya menimbulkan gejala pada orang yang terkena. Pada masa inkubasi inilah orang yang terinfeksi tidak menunjukan gejala dan diam-diam dapat menularkan virus ke orang sehat lainnya.

Selain itu, tidak semua infeksi coronavirus menyebabkan gejala khas sesak napas. Infeksi virus pneumonia ini juga dapat menyebabkan lemas dan diare. Jadi, gejala penyakit akibat virus corona memang agak sulit didiagnosis.

2 dari 4 halaman

Sistem Imun dan Jumlah Virus juga Berpengaruh

Perlu diperhatikan, bahwa jumlah virus yang masuk dan kondisi kekebalan tubuh seseorang sangat memengaruhi terkena atau tidaknya penyakit ini.

Artikel Lainnya: Update Terbaru, Virus Corona Bisa Menular Antar-Manusia

Apabila seseorang terpapar dengan jumlah virus yang cukup banyak dengan kondisi kekebalan tubuh yang lemah, infeksi virus corona bisa terjadi.

Apalagi pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya rendah, misalnya pada orangtua, anak-anak, dan penderita HIV. Paparan virus corona yang sedikit sudah pasti bisa membuat mereka jadi terinfeksi.

Akan tetapi, tidak dipungkiri juga bahwa jika sistem imun tubuh yang kuat dan virus yang terpapar hanya sedikit, bisa membuat tubuh Anda lolos terhindar dari infeksi corona.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Terkena Infeksi Virus Corona

Sekarang ini, penting untuk mencegah agar kita terhindar dari penyakit mematikan ini. Salah satu caranya adalah dengan menghindari sumber transmisi atau penyebaran virus itu sendiri.  Untuk dapat mencegah infeksi coronavirus, kita harus melindungi diri dari kemungkinan paparan yang ada. Berikut adalah cara-caranya.

  1. Menggunakan masker ketika berada di keramaian atau tempat umum.
  2. Menutup mulut dengan tangan ketika bersin atau batuk agar virus yang ada di dalam diri Anda tidak menulari orang lain.
  3. Mencuci tangan dengan bersih, terutama sebelum makan, sebelum memasak, dan setelah  dari toilet. Pakai hand sanitizer apabila berada di kondisi minim air
  4. Anda juga wajib memasak makanan hingga matang, hindari makan makanan mentah selama wabah virus corona belum dipastikan selesai.
  5. Apabila terdapat gejala seperti demam tinggi, batuk, dan sesak napas segera periksakan diri ke rumah sakit.
  6. Jaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, tidak merokok, tidur cukup, serta berolahraga.

Dengan banyaknya informasi yang beredar, kita juga harus bijak dalam menerima informasi yang ada serta mencari informasi di sumber yang kredibel, terpercaya dan juga resmi.

Hingga saat ini, di Indonesia belum ada dilaporkan kasus infeksi virus corona. Namun, kita harus tetap waspada dan terus menjaga kesehatan tubuh untuk mengurangi risiko tertular infeksi, mengingat penyakit ini belum ditemukan vaksin atau obatnya. Apabila ada gejala penyakit lain yang mau ditanyakan, jangan ragu untuk ajukan pertanyaan lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter, ya.

(OVI/AYU)

2 Komentar