Sukses

Tetap Asyik di Lingkungan Kerja yang Toxic

Jangan biarkan lingkungan kerja memengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Lantas, bagaimana tips hadapi lingkungan kerja yang toxic?

Lingkungan kerja yang toxic sudah pasti tidak menyenangkan. Bayangkan jika Anda harus menghadapinya setiap hari. Bisa-bisa Anda malah jatuh ke dalam kondisi stres, sehingga produktivitas terganggu.

Lantas, bagaimana cara menghadapi lingkungan kerja yang toxic? Adakah cara yang bisa dilakukan sebagai tips menghadapi lingkungan kerja yang toxic?

1 dari 3 halaman

Penyebab Lingkungan Kerja yang Toxic

Lingkungan kerja yang toxic dapat disebabkan oleh atasan yang tidak dapat mengatur bawahannya dengan baik. Lingkungan kerja yang demikian juga bisa tercipta dari bawahan yang malas dan tidak peduli dengan pekerjaan. 

Berdasarkan sebuah penelitian, lingkungan kerja yang toxic dapat menyebabkan beberapa kondisi berikut ini:

  • Gangguan rasa percaya diri
  • Gangguan kesehatan, baik secara fisik maupun mental
  • Depresi hingga kehilangan semangat untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Artikel Lainnya: Benarkah Bekerja dari Rumah Lebih Baik dibanding di Kantor?

2 dari 3 halaman

Tips Hadapi Lingkungan Kerja yang Toxic

Berada dalam lingkungan kerja yang toxic bukanlah akhir dari segalanya. Memang, solusi paling cepat dari kondisi tersebut adalah resign dan mencari pekerjaan di tempat baru.

Namun, apakah di tempat baru Anda akan terbebas sepenuhnya dari lingkungan yang toxic? Atau justru, tempat kerja baru Anda nantinya malah lebih toxic daripada yang dihadapi saat ini?

Daripada dipusingkan dengan dilema tersebut, lebih baik hadapi ke-toxic-an yang ada di lingkungan kerja saat ini. 

Berikut adalah beberapa tips hadapi lingkungan kerja yang toxic:

  • Tetap Berpikir Positif

Tetapi berpikir positif adalah langkah awal yang baik untuk mencoba memperbaiki keadaan di lingkungan kerja yang toxic

Dengan berpikir positif, Anda dapat menekan sentimen pribadi terhadap atasan atau rekan kerja sehingga terbina hubungan yang lebih baik. 

Salah satu cara agar Anda dapat berpikir positif adalah dengan mencari atau melihat kelebihan yang ada pada rekan kerja lainnya. Dengan ini, Anda bisa lebih menghargai kemampuan rekan kerja daripada hanya memandangnya sebelah mata.

  • Temukan Humor dalam Setiap Situasi Kerja

Daripada terus komplain soal pekerjaan atau deadline, belajarlah untuk mencari sisi humor dari situasi-situasi tertentu saat bekerja.

Terkadang, tertawa dapat mencairkan suasana sehingga Anda tidak terlalu serius sepanjang waktu. Namun, Anda harus mengenali situasi untuk bercanda dan tentunya tetap profesional dalam melakukan pekerjaan. 

  • Jangan Membawa Masalah Pekerjaan ke Rumah

Membawa masalah pekerjaan ke rumah akan menambah masalah baru. Akibatnya, Anda akan merasa tidak nyaman, baik di rumah maupun di tempat kerja. 

Lepaskan dan tinggalkan masalah-masalah yang terjadi di kantor saat Anda pulang ke rumah. 

Artikel Lainnya: Dampak Lingkungan Kerja yang Beracun bagi Kesehatan Mental

  • Jangan Terlibat dengan Gosip di Kantor

Jika Anda terlibat dalam gosip di lingkungan kerja, Anda dapat berpikir negatif atau membenci rekan kerja sendiri. Padahal, gosip tersebut belum tentu benar adanya.

Selain menjauhi gosip, Anda juga sebaiknya jangan terlalu ambil pusing tentang masalah-masalah kecil yang terjadi di lingkungan kerja. Ini dilakukan agar beban pikiran Anda tidak bertambah banyak hanya gara-gara mengurusi masalah sepele.

  • Ambil Inisiatif untuk Mencari Solusi

Tidak hanya bisa komplain, Anda juga sebaiknya dapat mencari solusi terhadap masalah-masalah yang terjadi di tempat kerja. 

Terus sebarkan aura positif terhadap rekan-rekan kerja, serta kelilingi diri Anda dengan rekan kerja Anda yang juga memiliki aura positif. 

Semakin banyak orang dengan aura positif, semakin besar pula peluang Anda untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

  • Cari Suasana Baru atau Ambil Cuti Sejenak

Cobalah untuk sesekali menemukan suasana baru di luar kantor. Misalnya, jika Anda diperbolehkan untuk bekerja di luar kantor, manfaatkanlah hal tersebut.

Bekerja di luar kantor membuat Anda merasakan suasana kerja yang baru. Anda pun bisa mencari inspirasi yang tidak hanya terbatas pada lingkungan kantor.

Selain itu, agar tidak jenuh, Anda juga perlu memanfaatkan waktu cuti dengan baik untuk menyegarkan kembali pikiran.

Cobalah untuk terus menjadi pribadi yang positif di tengah lingkungan kerja yang toxic. Siapa tahu, nilai positif yang Anda bawa bisa memengaruhi rekan kerja lain untuk berubah menjadi lebih baik, sehingga akhirnya tercipta lingkungan kerja yang sehat.

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar