Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Warna dan Bentuk Kotoran Menggambarkan Kondisi Kesehatan Anda

Warna dan Bentuk Kotoran Menggambarkan Kondisi Kesehatan Anda

Faktanya, kondisi kesehatan Anda bisa dilihat dari warna dan bentuk kotoran, lo! Tidak percaya? Baca dulu di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Secara umum, kotoran atau feses yang sehat akan berbentuk lunak dan tidak terlalu padat sehingga mudah untuk dikeluarkan. Akan tetapi, terkadang Anda mengeluarkan warna dan bentuk kotoran yang berbeda. Perubahan warna dan bentuk ini rupanya dapat menggambarkan kondisi kesehatan Anda. 

Apa dan bagaimana arti bentuk dan warna kotoran? Simak penjelasannya di bawah ini!

Arti Bentuk dan Warna Kotoran

Dikutip dari laman Medical News Today, ada tujuh jenis bentuk kotoran yang umumnya dikeluarkan oleh manusia, yakni sebagai berikut ini. 

  • Berbentuk Benjolan Keras yang Terpisah (Seperti Batu Kerikil)

Jika Anda mengeluarkan buang air besar (BAB) dengan bentuk seperti kerikil kecil yang terpisah-pisah, tubuh Anda sedang mengalami sembelit yang parah. Proses mengeluarkan feses pun akan terasa sulit dan menyakitkan. Anda akan perlu mengejan cukup keras. 

  • Berbentuk Benjolan Tapi Tidak Terpisah 

Mirip dengan bentuk sebelumnya, tapi bentuk feses yang satu ini  terlihat bergabung menjadi satu dan tidak terpisah-pisah. Jika Anda mengeluarkan bentuk kotoran ini, tubuh Anda sedang mengalami sembelit tapi dengan kondisi yang tidak parah.

Anda cukup konsumsi makanan yang bernutrisi dan minum cukup air untuk mengatasinya. Hindari juga makanan yang sulit dicerna agar kondisi sembelit tidak semakin parah. 

Artikel Lainnya: Deteksi Penyakit Hati dari Warna Feses

  • Berbentuk Sosis Dengan Retakan di Permukaannya 

Jika Anda mengeluarkan bentuk feses yang satu ini, maka tubuh Anda dinyatakan sehat dan tidak dalam kondisi sakit. Pertahankan bentuk kotoran ini dengan cara mengonsumsi banyak sayur dan buah, serta minum air putih.

  • Berbentuk Sosis Panjang Dengan Permukaan yang Lunak 

Bentuk feses yang satu ini juga bisa menandakan Anda memiliki tubuh dan sistem pencernaan yang sehat. Terus pertahankan, ya

  • Berbentuk Gumpalan Lembut yang Terpisah 

Apabila Anda BAB dengan bentuk gumpalan lembut terpisah, sudah bisa dipastikan bahwa Anda kekurangan serat. Untuk mengatasinya, Anda cukup mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak serat. Misalnya, pisang dan pepaya. 

  • Berbentuk Lembek Dengan Tepi yang Kasar 

Jika memiliki bentuk yang satu ini, perut Anda sedang mengalami peradangan seperti infeksi lambung dan mag. Segeralah pergi ke rumah sakit apabila muncul gejala lain. Misalnya, mual, muntah, sakit kepala, perut terasa kram, dan sering bolak balik buang air besar.

  • Berbentuk Cair

Kata-kata mencret mungkin cocok untuk melambangkan bentuk kotoran yang satu ini. Ketika tubuh menghasilkan bentuk feses yang satu ini, sudah bisa dipastikan bahwa Anda sedang mengalami diare dan peradangan pada perut. 

1 dari 2 halaman

Warna Juga Harus Diperhatikan 

Tak hanya tujuh bentuk tersebut, warna-warna kotoran manusia juga harus diperhatikan. Ini karena bisa menjadi indikasi sehat tidaknya tubuh Anda. Berikut penjelasan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter

  • Cokelat 

Feses manusia yang berwarna cokelat adalah bentuk kotoran yang paling lazim ditemukan.  Warna ini dihasilkan oleh bilirubin yang merupakan hasil penghancuran sel darah merah dan sumsum tulang. 

Saat kandungan besi pada sel darah merah bercampur dengan bilirubin, lalu bercampur dengan kotoran, warna kotoran akan menjadi kecokelatan.

  • Cokelat Muda 

Warna cokelat yang sangat muda pada kotoran menandakan banyaknya kandungan lemak atau kurangnya serat dalammakanan yang dikonsumsi. Warna ini juga bisa disebabkan oleh gangguan hati atau gangguan penyerapan nutrisi di usus.

Artikel Lainnya: 8 Tips untuk Pencernaan yang Sehat 

  • Putih 

Anda mungkin bingung bagaimana mungkin ada feses berwarna putih. Akan tetapi, nyatanya ada! 

“Kotoran yang berwarna pucat menandakan kurangnya jumlah bilirubin di dalamnya. Warna kotoran pucat dicurigai akibat sumbatan pada saluran empedu yang bisa disebabkan oleh perlengketan, batu, atau lainnya. Beberapa obat, seperti bismuth atau obat diare juga dapat menyebabkan warna kotoran pucat, ” jelas dr. Astrid. 

  • Hijau

Jika Anda baru saja konsumsi makanan yang berwarna hijau, seperti sayuran, tidak heran jika feses yang Anda miliki akan ikut berwarna hijau. Namun, bukan hanya pengaruh dari makanan, kotoran berwarna hijau juga bisa jadi indikasi tubuh Anda mengalami diare, dan makanan terlalu cepat melewati saluran pencernaan.

  • Merah Terang 

Umumnya, warna merah terang pada kotoran manusia disebabkan oleh adanya perdarahan di saluran pencernaan bagian bawah. Pada penderita ambeien, darah juga bisa menetes setelah kotoran dikeluarkan. 

  • Hitam 

Feses berwarna hitam atau sering disebut dengan melena. Ini identik dengan perdarahan saluran pencernaan atas. Berbeda dengan perdarahan saluran pencernaan bawah, perdarahan pada saluran pencernaan atas (lambung) akan membuat darah yang dihasilkan bercampur dengan asam lambung.

Perubahan warna dan bentuk kotoran memang tidak melulu menjadi tanda adanya penyakit dalam tubuh. Namun, tidak ada salahnya Anda lebih waspada, bukan? Saat Anda menemukan kondisi yang tidak biasa pada feses Anda, berkonsultasilah pada dokter.

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar