Sehat dan Bugar

Manfaat Olahraga dalam Mengobati dan Mencegah Kanker

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 17 Des 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahukah Anda, manfaat olahraga juga dapat terasa dalam mengobati dan mencegah kanker! Simak ulasannya di sini.

Manfaat Olahraga dalam Mengobati dan Mencegah Kanker

Memang kadang berat untuk dijalani, namun olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Para peneliti menyatakan manfaat olahraga teratur dapat membantu mencegah kanker dan membantu pemulihan orang yang sedang menjalani perawatan kanker. 

Sebagai rekomendasi, lakukan 30 menit latihan aerobik sebanyak 3 kali seminggu dan latihan kekuatan 2-3 kali seminggu. Para ahli mengatakan olahraga dapat membantu mencegah kanker.

Caranya dengan mengurangi peradangan, menjaga berat badan tetap terkendali, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu sebabnya, tidak ada salahnya Anda rutin berolahraga.

Manfaat Olahraga bagi Penderita Kanker

Bagi penderita kanker, berolahraga selama perawatan kanker dapat membantunya merasa lebih baik. Beberapa manfaatnya sebagai berikut.

  • Mengurangi depresi dan kecemasan.
  • Peningkatan energi dan kekuatan.
  • Mengurangi rasa sakit.

Artikel Lainnya: 9 Manfaat Olahraga bagi Penderita Kanker

Masih ragu bahwa olahraga tidak aman untuk pengidap kanker? Ada beberapa bukti yang perlu Anda ketahui. 

Para peneliti meninjau 61 studi yang melibatkan wanita dengan kanker payudara stadium 2. Mereka menemukan bahwa kombinasi latihan aerobik dan resistensi terbilang aman dan dapat meningkatkan hasil kesehatan. 

Studi lain juga menemukan bahwa olahraga selama perawatan kanker sebenarnya dapat mengubah lingkungan mikro tumor dan memicu aktivitas anti-tumor yang lebih kuat dalam sistem kekebalan tubuh.

Aktivitas fisik membantu Anda mengatur berat badan, yang merupakan faktor risiko kanker yang penting. Faktanya, penelitian telah mengaitkan kelebihan berat badan (obesitas) dengan peningkatan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker endometrium, kerongkongan, hati, pankreas, dan kanker payudara. 

Terdapat juga banyak penelitian bahwa kelebihan berat badan dapat menyebabkan risiko kanker kambuh lebih tinggi dan bahkan kematian terkait kanker.

Manfaat olahraga rutin dikenal berguna untuk kesehatan jantung dan beberapa pencegahan penyakit kronis. Bahkan, kini dokter dapat memberi rekomendasi jenis olahraga untuk mengurangi risiko kanker tertentu, serta meningkatkan hasil pengobatan dan kualitas hidup penderita kanker. 

Bagaimana Olahraga yang Baik untuk Mengobati dan Mencegah Kanker?

Olaharaga dianggap memiliki efek untuk mengurangi peradangan, membantu mengatur gula darah dan hormon seks, serta meningkatkan metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh.

Pengidap kanker dapat melakukan aktivitas aerobik moderat 30 menit sebanyak 3 kali seminggu, dan latihan kekuatan seperti angkat beban 2-3 kali seminggu. Namun, dalam hal pencegahan kanker, aktivitas fisik umum yang direkomendasikan adalah setidaknya 150 menit olahraga sedang atau 75 menit olahraga berat seminggu.

Pada jenis kanker tertentu, beberapa olahraga mungkin sangat berpengaruh, contohnya kanker payudara. Manfaat olahraga benar-benar akan berdampak pada hormon seks dan risiko obesitas yang akan mengontrol perkembangan sel kanker tersebut. 

Dilansir dari Cancer Council Victoria, berikut manfaat olahraga terhadap beberapa jenis kanker:

  • Kanker usus: olahraga dapat membantu mengeluarkan kotoran lebih cepat, dan mengurangi kontak dengan agen penyebab kanker.
  • Kanker payudara: tingkat aktivitas yang tinggi dapat menurunkan kadar esterogen dalam tubuh.
  • Pertumbuhan tumor: tubuh yang lebih aktif akan memproduksi lebih sedikit insulin dan zat sejenisnya yang mempercepat pertumbuhan tumor.

Manfaat olahraga telah terbukti dapat berdampak positif bagi penderita kanker. Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui olahraga yang tepat bagi Anda. Jangan menyerah dan tetap aktiflah berolahraga!

(FR/AYU)

OlahragaKanker

Konsultasi Dokter Terkait