Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bukan Menghilangkan Pilek, Ini Manfaat Uap Hangat untuk Kulit Wajah

Bukan Menghilangkan Pilek, Ini Manfaat Uap Hangat untuk Kulit Wajah

Beberapa orang menghindari uap panas karena takut kulit wajah kering. Padahal, manfaat uap hangat untuk kulit wajah sangat baik! Apa saja kira-kira?

Berbagai macam perawatan wajah mahal tengah populer. Padahal, ada perawatan wajah alami yang bisa dilakukan di rumah dengan hasil yang tidak kalah menguntungkan, yaitu menggunakan uap air untuk wajah.

Menggunakan uap air panas untuk wajah adalah cara membersihkan dan meningkatkan kesehatan kulit yang hemat dan efektif.

Anda hanya menyiapkan semangkuk air panas lalu menguapi wajah dengan uap panasnya. Berikut ini sederet manfaat uap air untuk wajah:

1. Menyiapkan Wajah untuk Menerima Kandungan Skincare

Manfaat menguapi wajah setiap hari yang paling pertama adalah mempersiapkan kulit sebelum menerima kandungan skincare.

Teknik uap air panas dapat meningkatkan suhu kulit. Hal ini bisa menyebabkan peningkatan sirkulasi darah. Dengan peningkatan sirkulasi darah, produk dapat lebih mudah melewati penghalang kulit.

Caranya, beri uap hangat dulu di wajah. Ini agar pori-pori terbuka dan siap menerima perawatan selanjutnya.

Jika tidak memiliki mesin penguap wajah, dapat tempelkan handuk hangat di wajah selama beberapa menit. Setelah itu, baru menggunakan rangkaian skincare.

Artikel Lainnya: Inilah Sederet Perbedaan Kulit Wajah Pria dengan Wanita

1 dari 5 halaman

2. Membersihkan Pori-Pori Wajah

Uap air panas yang diarahkan ke wajah mampu membuka pori-pori. Tentunya ini dapat mempermudah kotoran keluar dari pori-pori.

Berkat manfaat penguapan wajah ini, komedo akan melunak dan lebih mudah diangkat. Hebatnya lagi, sel kulit mati dan kotoran lainnya juga bisa ikut terangkat.

Itulah alasan mengapa orang yang sering menguapi wajahnya dengan uap hangat cenderung jarang berjerawat. Karena, pori-pori lebih bersih dibanding orang yang sama sekali tidak pernah melakukannya.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat uap hangat untuk wajah ialah membantu mengeluarkan keringat dari wajah. Alhasil, pembuluh darah menjadi lebih lebar dan sirkulasinya lebih lancar.

Lancarnya aliran darah tentunya akan berdampak positif pada kulit. Karena, nutrisi dan oksigen dapat tersalurkan ke kulit lebih maksimal.

Apabila nutrisi dan oksigen terangkut serta terdistribusikan dengan baik, kulit wajah akan lebih cerah dan lembap dibanding sebelumnya.

4. Meningkatkan Produksi Elastin dan Kolagen

Sirkulasi darah yang lancar akibat proses penguapan wajah juga bisa meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Kulit akan lebih kencang dan awet muda.

2 dari 5 halaman

5. Menghidrasi Kulit

Pemilik tipe kulit kering sebaiknya tak perlu takut dengan metode penguapan wajah. Pasalnya, uap hangat mampu meningkatkan produksi minyak alami dalam kadar yang normal. Tentunya ini membuat kelembapan wajah lebih terjaga.

Setelah proses penguapan selesai, jangan lupa mengelap keringat dengan handuk bersih dan segera cuci wajah.

Gunanya untuk menghambat penyumbatan pori akibat minyak dan keringat yang dikeluarkan pascapenguapan.

6. Menghilangkan Minyak yang Terjebak di Pori-Pori

Selain memberi kelembapan alami untuk kulit, metode ini juga dapat menghilangkan minyak atau sebum yang terjebak di pori-pori.

Sebum yang terjebak di dalam pori-pori akan menjadi sarang bakteri. Ketika pori-pori sudah menjadi sarang bakteri, maka kulit akan ditumbuhi jerawat.

Artikel Lainnya: Efek Kurang Tidur Bagi Kesehatan Kulit Wajah

7. Membersihkan Sebum

Sebum merupakan minyak produksi alami dari kelenjar sebaceous di wajah. Fungsi minyak alami ini adalah melembapkan kulit.

Ketika sebum terperangkap di bawah permukaan kulit, itu dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri serta menyebabkan jerawat dan komedo.

Salah satu cara membersihkan sebum di kulit wajah adalah menggunakan metode uap. Uap hangat dapat membantu membuka pori-pori dan melepaskan sebum yang terperangkap, sehingga kulit pun bersih.

3 dari 5 halaman

8. Memberikan Sensasi Menenangkan

Memberikan sensasi menenangkan juga merupakan salah satu manfaat uap air untuk wajah. Uap air juga dapat membuat tubuh lebih relaks.

Efek menenangkan ini akan semakin maksimal jika menambahkan minyak esensial, seperti tea tree oil, jojoba oil, primrose oil, rosehip seed oil, dan sebagainya.

9. Mencegah Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering dikeluhkan, baik wanita maupun pria. Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan uap air hangat ke wajah.

Manfaat uap air panas untuk wajah adalah membersihkan kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori, sehingga mencegah jerawat untuk muncul.

10. Membantu Memperlambat Penuaan

Manfaat uap air untuk wajah juga dapat membuat kulit terlihat lebih muda. Paparan polusi dan bahan-bahan kimia setiap hari dapat membuat elastisitas kulit menurun. Kerutan dan garis halus pun bisa muncul.

Dengan melakukan penguapan wajah dua kali seminggu, dapat membantu kulit lebih bersih dan lembap. Cara ini juga dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Hasilnya, produksi kolagen meningkat dan elastisitasnya terjaga kembali.

4 dari 5 halaman

11. Membantu Mengatasi Hidung Tersumbat

Uap air panas adalah salah satu cara mengatasi hidung tersumbat. Uap air panas sudah sejak dulu digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat akibat flu, rhinitis alergi, atau sinusitis.

Anda juga bisa menambahkan minyak esensial ke dalam air untuk efek maksimal.

Artikel Lainnya: Kiat Hilangkan Komedo yang Mengganggu

12. Perawatannya Terjangkau

Tidak seperti perawatan wajah lainnya yang harus mengeluarkan uang sampai jutaan, uap air panas sangat murah.

Anda bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau di tempat perawatan kulit, bahkan di rumah menggunakan alatnya.

Itulah beberapa manfaat uap air untuk wajah yang bisa didapatkan apabila dilakukan rutin.

Pada dasarnya metode penguapan wajah ini aman. Tapi, pastikan uap yang digunakan bersuhu hangat, bukan terlalu panas. Perhatikan juga jaraknya agar tidak timbul luka bakar.

Pengidap penyakit kulit rosacea dan eksim parah sebaiknya menghindari metode uap air hangat karena dapat berisiko memperparah penyakitnya.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar cara menguapi wajah untuk kecantikan kulit, Anda bisa konsultasi lebih mudah lewat LiveChat dokter kulit.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar