Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bukan Menghilangkan Pilek, Ini Manfaat Uap Hangat untuk Kulit Wajah

Bukan Menghilangkan Pilek, Ini Manfaat Uap Hangat untuk Kulit Wajah

Beberapa orang menghindari uap panas karena takut kulit wajah kering. Padahal, manfaat uap hangat untuk kulit wajah sangat baik! Apa saja kira-kira?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang jarang ke tempat perawatan kulit wajah, ada cara mudah yang patut dicoba. Anda hanya tinggal menguapi wajah dengan uap hangat. Pasalnya, di balik kegiatan sederhana ini tersimpan banyak keunggulan yang jangan dilewatkan. Lantas, apa sajakah manfaat uap hangat untuk kulit wajah itu?

  1. Menyiapkan Wajah untuk Menerima Kandungan Skincare

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, metode uap hangat dapat Anda lakukan setelah membersihkan wajah. Tak lupa juga dilakukan sebelum mengaplikasikan rangkaian perawatan kulit wajah.

“Beri uap hangat dulu wajah Anda. Ini agar pori-pori terbuka dan siap menerima perawatan selanjutnya. Jika tidak memiliki mesin penguap wajah, Anda dapat menempelkan handuk hangat di wajah selama beberapa menit,” jelasnya.

  1. Membersihkan Pori-Pori Wajah

Uap air panas yang diarahkan ke wajah mampu membuka pori-pori. Tentunya ini dapat mempermudah kotoran keluar dari pori-pori. Dengan metode ini, komedo akan melunak dan lebih mudah untuk diangkat. Hebatnya lagi, sel kulit mati dan kotoran lainnya juga bisa ikut terangkat.

Artikel Lainnya: Sering Cuci Muka dengan Air Hangat Bikin Cepat Tua?

Itulah alasan mengapa orang yang sering menguapi wajahnya dengan uap hangat cenderung jarang berjerawat. Ini karena pori-pori mereka lebih bersih daripada orang yang sama sekali tidak pernah melakukannya.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Uap hangat akan membuat Anda mengeluarkan keringat dari wajah. Alhasil, pembuluh darah menjadi lebih lebar dan sirkulasinya pun menjadi lebih lancar.

Lancarnya aliran darah tentunya akan berdampak positif pada kulit. Ini karena, nutrisi dan oksigen dapat tersalurkan ke kulit dengan lebih maksimal. Apabila nutrisi dan oksigen terangkut serta terdistribusikan dengan baik, kulit wajah akan lebih cerah dan lembap dibanding sebelumnya.

  1. Meningkatkan Produksi Elastin dan Kolagen

Selain bisa membuat distribusi nutrisi dan oksigen menjadi lebih maksimal, sirkulasi darah yang lancar akibat proses penguapan juga bisa meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Sehingga, kulit lebih kencang dan awet muda.

Artikel Lainnya: 5 Perbedaan Perawatan Wajah Pria dan Wanita

  1. Menghidrasi Kulit

Anda yang memiliki tipe kulit kering sebaiknya tak perlu takut dengan metode penguapan wajah. Pasalnya, uap hangat mampu meningkatkan produksi minyak alami dalam kadar yang normal. Tentunya, ini membuat kelembapan wajah lebih terjaga.

Setelah proses penguapan selesai, jangan lupa untuk mengelap keringat dengan handuk bersih dan segera cuci wajah Anda. Gunanya, untuk menghambat penyumbatan pori akibat minyak dan keringat yang dikeluarkan pasca penguapan.

  1. Menghilangkan Minyak yang Terjebak di Pori-Pori

Selain memberi kelembapan alami untuk kulit, metode ini juga dapat menghilangkan minyak atau sebum yang terjebak di pori-pori. Perlu diketahui, sebum yang terjebak di dalam pori-pori akan menjadi sarang bakteri. Ketika pori-pori sudah menjadi sarang bakteri, maka kulit akan ditumbuhi jerawat.

1 dari 2 halaman

Siapa Saja yang Tidak Boleh Mendapatkan Metode Uap Hangat?

Pada dasarnya, metode uap hangat ini aman. Namun, bila Anda terpapar uap yang terlalu panas dan dalam jarak yang terlalu dekat, bukan tak mungkin Anda justru mendapatkan luka bakar. Pastikan uap yang Anda gunakan bersuhu hangat, bukan terlalu panas. Lalu, perhatikan juga jaraknya.

Selain itu, pengidap rosacea juga sebaiknya tidak melakukan metode penguapan ini. Hal ini disebabkan suhu panas yang dihasilkan bisa melebarkan pembuluh darah. Hal ini membuat wajah pengidap rosacea semakin memerah.

Rosacea adalah kelainan kulit yang ditandai dengan adanya peradangan kronik. Kondisi ini menyebabkan kulit berbintik-bintik dengan dasar kemerahan. Umumnya, penyakit ini lebih sering dijumpai pada orang yang berkulit putih.

Tak cuma pengidap rosacea, Anda yang memiliki masalah eksim parah sebaiknya juga menghindari home treatment ini. Hal ini dilakukan  agar iritasi tak semakin menjadi-jadi.

Demikian sejumlah manfaat uap hangat untuk kulit wajah. Jika Anda tak punya 2 masalah kulit di atas, Anda bisa melakukan metode ini agar manfaatnya bisa dirasakan.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar