Sukses

Penyebab Rambut Tumbuh ke Dalam dan Cara Mengatasinya

Tak cuma mengganggu, rambut tumbuh ke dalam dapat menyebabkan masalah kulit. Kenali penyebab dan cara mengatasinya secara lengkap di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Rambut tumbuh ke dalam atau ingrown hair adalah kondisi ketika rambut tidak tumbuh ke arah luar kulit. Penyebabnya bisa karena proses pencukuran atau pencabutan rambut yang salah. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Mengapa Rambut Tumbuh ke Dalam Bisa Terjadi?

Untuk pria, biasanya ingrown hair terjadi di wajah hingga leher. Sedangkan pada wanita,  umumnya mengalami keluhan ini di area wajah, ketiak, atau area bikini. Sebenarnya, struktur dan arah pertumbuhan rambut berperan dalam menentukan kondisi ingrown hair

Proses pencukuran biasanya menyebabkan rambut terpotong miring. Tentunya, ini  menyebabkan rambut menjadi mudah melengkung ke dalam kulit. Penarikan kulit atau peregangan saat mencukur juga memungkinkan sisa rambut tertarik kembali ke dalam sebelum sempat tumbuh keluar. 

Dalam metode waxing, terjadi penarikan rambut ke luar dari akarnya. Ini menjadikan rambut yang tumbuh kembali menjadi tidak lurus ke permukaan kulit. Selain karena proses pencukuran atau pencabutan rambut, rambut tumbuh ke dalam juga lebih berisiko terjadi untuk orang yang memiliki tipe rambut ikal, gelombang, atau afro.

Artikel menarik lainnya: 3 Makanan untuk Rambut Tumbuh Cepat dan Indah

Gejala Ingrown Hair Bisa Memicu Komplikasi

Keluhan rambut tumbuh ke dalam secara umum bisa membaik tanpa perawatan khusus. Namun, kondisi tersebut bisa membuat tak nyaman, mengganggu penampilan, dan menimbulkan gatal-gatal. Dalam beberapa kasus, bisa memicu peradangan di kulit sekitarnya. 

Rambut yang tumbuh ke dalam dapat memicu respons dari tubuh sebagai benda asing. Hal ini menyebabkan peradangan kulit dan menimbulkan sensasi gatal, kemerahan, benjolan kecil seperti jerawat. Tanda dan gejala yang perlu diperhatikan Anda adalah sebagai berikut ini.

  • Benjolan bulat kecil yang padat.
  • Kemerahan.
  • Nyeri.
  • Gatal.

Bila gejala di atas terus-terusan berlangsung, bisa saja berujung pada komplikasi seperti berikut ini.

  • Infeksi bakteri akibat sering menggaruk kulit akibat gatal.
  • Perubahan warna kulit menjadi lebih gelap alias hiperpigmentasi
  • Terbentuknya jaringan parut atau disebut sebagai keloid.
  • Benjolan-benjolan kecil mirip folikulitis (peradangan pada folikel rambut).

Bila Anda mengalami salah satu atau beberapa dari empat kondisi di atas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Artikel menarik lainnya: 5 Alasan Rambut Beruban Lebih Cepat 

Menangani Ingrown Hair Dengan Tepat

Dalam kasus rambut yang tumbuh ke dalam, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan berikut ini:

  • Krim dengan kandungan kortikosteroid untuk mengurangi peradangan.
  • Antibiotik dalam bentuk krim atau tablet untuk menangani infeksi.
  • Obat yang akan membantu mengangkat sel kulit mati seperti tretinoin.

Hal penting lainnya dalam penanganan ingrown hair adalah stop pencukuran, pencabutan, atau waxing hingga kondisinya membaik. Biasanya, ini makan waktu hingga 6 bulan.

Bila tak mau menunggu selama itu, pertimbangkan untuk melakukan perawatan dengan metode laser. Metode ini dapat menghilangkan rambut pada kulit yang lebih dalam dan menghambat pertumbuhannya kembali. Namun, Anda tetap mesti hati-hati. Perawatan dengan laser dapat menyebabkan lecet, bekas luka, dan kulit menjadi gelap.

Rambut yang tumbuh ke dalam tetap harus dibersihkan dengan menggunakan kain lap atau sikat gigi berbulu lembut. Gunakan gerakan memutar selama beberapa menit. Lakukan ini sebelum bercukur dan sebelum tidur. 

Anda juga dapat menggunakan jarum steril. Coba masukkan di bawah loop rambut. Tujuannya adalah untuk mengangkat ujung rambut dengan lembut.

1 dari 2 halaman

Mencegah Rambut Tumbuh ke Dalam

 Beberapa hal yang bisa diterapkan di rumah untuk mencegah kondisi ingrown hair adalah seperti berikut ini.

  • Cuci muka dengan air hangat dan sabun pembersih wajah sebelum bercukur.
  • Oleskan gel atau krim khusus untuk bercukur agar rambut lebih lembap. Selain itu, Anda juga bisa mengompresnya dengan air hangat. 
  • Pakailah pisau cukur yang tajam.
  • Jangan meregangkan kulit saat mencukur.
  • Mencukur sesuai arah pertumbuhan rambut.
  • Bilas pisau cukur setelah selesai satu goresan.
  • Bilas kulit dan oleskan losion after shave setelah selesai bercukur.

Penyebab rambut tumbuh ke dalam umumnya disebabkan oleh pencukuran atau pencabutan yang salah. Supaya Anda tak mengalaminya, pertimbangkan untuk menghentikan metode pencukuran atau pencabutan. Pilih metode menghilangkan rambut atau bulu tubuh yang lebih aman.

(RN/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar