Sukses

Mengapa Banyak Idola Korea Mengalami Kecemasan?

Gangguan kecemasan saat ini cukup banyak menimpa artis Korea. Mengapa hal ini bisa terjadi? Yuk, cari tahu apa sih penyebabnya di sini.

Di balik gemerlap dan kesuksesannya, para artis Korea kerap dihampiri gangguan kecemasan atau disebut anxiety disorder. Akibat rasa cemas berlebihan tersebut, sebagian di antaranya harus vakum sementara dari kegiatannya.

Misalnya yang dialami Mina ‘Twice’. Sekitar Januari lalu, idola asal Jepang ini mengeluhkan mengalami gangguan kecemasan dan masalah kesehatan mental lainnya. Dia pun memutuskan untuk meninggalkan bisnis pertunjukan sementara waktu.

Kasus serupa juga menimpa Lee Joo-heon, anggota boyband Monsta X. Idol Korea itu menangguhkan karier panggungnya untuk sementara karena mengalami gejala kecemasan. Joo-heon diminta dokter untuk vakum sementara dan beristirahat untuk memulihkan kesehatan mentalnya.

 

1 dari 3 halaman

Sekilas tentang Gangguan Cemas

Setiap orang pasti pernah merasa cemas, dan itu merupakan sesuatu yang normal. Akan tetapi, orang-orang dengan gangguan kecemasan mengalami kecemasan atau ketakutan yang hebat, berlebihan, dan bertahan lama terhadap situasi yang dialami sehari-hari.

Artikel lainnya: Ansietas pada Anak, Bagaimana Mengatasinya?

Terkadang, anxiety disorder akan meliputi serangan panik atau perasaan cemas dan takut, atau merasa diteror yang hebat. Kondisi ini datang tiba-tiba dan berkali-kali dalam episode yang berulang.

Kondisi ini menimbulkan perasaan cemas dan panik yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, masalah kesehatan mental ini sulit dikontrol, tidak sebanding dengan bahaya yang mungkin ada, serta dapat bertahan lama.

Orang yang mengalami gangguan ini mungkin perlu menghindari situasi atau tempat-tempat tertentu untuk mencegah terjadinya serangan panik.

Gejala-gejala gangguan kecemasan dapat timbul dimulai dari masa kanak-kanak atau remaja dan dapat berlanjut hingga dewasa. Apa saja gejala-gejala itu?

Artikel lainnya: 7 Cara Cepat dan Mudah Hilangkan Cemas

  • Khawatir secara Berlebihan

Ini adalah salah satu gejala dari gangguan cemas yang paling umum. Kekhawatiran yang disebabkan oleh gangguan cemas biasanya tidak sebanding dengan peristiwa yang memicu dan biasanya terjadi sebagai respons terhadap situasi normal sehari-hari.

Untuk dianggap sebagai tanda gangguan kecemasan umum, kekhawatiran tersebut harus terjadi hampir setiap hari selama setidaknya 6 bulan, sulit untuk dikendalikan, harus parah dan mengganggu. Penderita pun sulit untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas sehari-hari.

  • Merasa Gelisah

Gejala lainnya adalah merasa gelisah, denyut nadi akan berdetak cepat, telapak tangan berkeringat, tangan gemetar, dan mulut terasa kering. Gejala ini muncul karena otak merasakan adanya bahaya sehingga tubuh dipersiapkan untuk bereaksi terhadap ancaman tersebut.

  • Gangguan Tidur

Anda tentu tak heran kalau gangguan tidur berhubungan dengan masalah kecemasan. Terbangun di malam hari dan mempunyai masalah untuk jatuh tertidur adalah dua masalah yang sering dilaporkan.

Meskipun insomnia dan kecemasan berhubungan, belum diketahui dengan jelas apakah insomnia menyebabkan kecemasan, atau sebaliknya. Perlu Anda ketahui, ketika gangguan kecemasan ditangani, insomnia akan membaik.

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Gangguan Cemas Sebelum Menstruasi

Selain gejala tersebut, hal lain yang umum terjadi saat serangan panik datang adalah merasakan ketakutan yang hebat, disertai dengan denyut nadi yang cepat, keringat, gemetar, sulit bernapas, dada terasa sesak, mual, dan rasa takut akan mati atau kehilangan kontrol.

2 dari 3 halaman

Penyebab Gangguan Kecemasan pada Idola Korea

Sebenarnya ada banyak alasan gangguan kecemasan idol K-Pop. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Kontrak Kerja yang Cukup Sadis

Saat memasuki sebuah agensi perusahaan hiburan di Korea Selatan, banyak peraturan yang wajib diikuti oleh para talenta baru untuk menjadi seorang idola terkenal di Korea. Salah satu aturan yang wajib diikuti adalah kontrak kerja yang sangat keras.

Hal tersebut dapat menimbulkan kecemasan dan ketakutan bagi para calon idola. Tak heran, di tengah jalan banyak calon idola yang justru gugur dan memilih untuk keluar.

Artikel lainnya: Punya Gangguan Cemas tapi Suka Nonton Film Horor, Bagaimana Risikonya?

  • Tak Bisa Bebas Mengekspresikan Perasaan

Idola juga sama seperti manusia lainnya, yang kadang punya masalah dan mood yang naik-turun. Sayangnya, mereka tidak sebebas orang lain dalam hal mengekspresikan perasaan.

Pekerjaan yang dijalani mengharuskan mereka untuk menyembunyikan emosi mereka. Bintang-bintang K-Pop ini pun dituntut untuk selalu menampilkan yang terbaik serta selalu tersenyum di depan semua orang dan kamera.

  • Overthinking

Tuntutan untuk bekerja keras dan menjadi yang terbaik di antara yang lain, para calon idola akan berusaha semaksimal mungkin untuk menampilkan dirinya. Tidak jarang, juga banyak yang overthinking dengan penampilan dan performanya di atas panggung.

Selain menimbulkan rasa cemas, overthinking juga bisa menimbulkan rasa khawatir berlebihan (insecurity) pada diri sendiri alias menjadi tidak percaya diri. Hal ini dapat mengganggu kesehatan jiwa sekaligus memicu gangguan mental artis Korea.

Artikel lainnya: Orang Tua dengan Gangguan Cemas Bisa Pengaruhi Perkembangan Anak

  • Komentar Pedas di Media Sosial

Setiap idola ingin mendapatkan penggemar yang mencintai dan menghargai karya yang dibuat. Namun, ada saja pihak-pihak yang membenci, mengkritik, bahkan berusaha untuk mematikan karier orang tersebut.

Bila ada idol K-Pop yang melakukan kesalahan—tidak hanya teguran dari produser dan agensi saja—ratusan bahkan ribuan komentar pedas masyarakat atau bahkan bullying dialamatkan padanya.

Jika mental sang idola tidak kuat, maka rasa cemas, ketakutan, bahkan rasa depresi bisa muncul dengan mudah.

  • Kehidupan Pribadi Idola Tidak Boleh Terekspos

Idola di Korea harus pintar-pintar menyembunyikan kehidupan pribadinya dari sorotan kamera. Ya, ada suatu ‘kepercayaan’ bahwa jika sang idola menikah atau berpacaran, dia akan kehilangan penggemar. Beberapa bahkan agensi melarang para artisnya untuk berpacaran atau menikah.

Artikel lainnya: 5 Tips Memahami Gangguan Kecemasan yang Anda Alami

Ini justru menimbulkan tekanan dan kecemasan tersendiri bagi para idola karena mereka harus menutupi kehidupan pribadinya.

Namun yang perlu diingat, gangguan kecemasan bukanlah masalah kesehatan yang bisa disepelekan. Sangat penting untuk mencari bantuan profesional bila gejala yang dirasakan sudah parah.

Jika Anda merasa cemas hampir setiap hari dan mengalami gejala-gejala di atas selama setidaknya enam bulan, itu mungkin merupakan tanda gangguan cemas. Namun, terlepas dari berapa lama gejala dialami, saat merasa ada emosi yang sampai mengganggu aktivitas, carilah bantuan profesional.

Minta bantuan dari psikolog dan psikiater berlisensi karena mereka dilatih untuk mengatasi gangguan kecemasan melalui berbagai cara. Misalnya, terapi perilaku kognitif, obat anti kecemasan atau terapi-terapi lainnya.

Jadi artis Korea memang berat sehingga tak jarang mereka mengalami kecemasan. Karena itu, Anda sebagai penggemar, dukunglah sang idola secara positif. Jangan lakukan cyberbullying yang justru akan meruntuhkan mentalnya. Jangan ketinggalan info kesehatan menarik lainnya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar