Sukses

Jenis Minuman Ini Dapat Mengatasi Susah Tidur

Minuman tertentu ternyata bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi susah tidur. Apa saja sih? Berikut daftar minuman yang dapat mengatasi sulit tidur.

Penderita insomnia terus berjuang mencari cara mengatasi susah tidur yang dialami. Pasalnya, susah tidur di malam hari membuat badan terasa lelah saat pagi tiba. Mau tak mau, aktivitas menjadi terhambat karena merasa ngantuk, tidak fokus dan bersemangat, serta lelah di siang hari.

Anda juga mengalaminya? Jangan diabaikan, ya. Tidur malam adalah salah satu komponen penting untuk menunjang kebugaran dan kesehatan tubuh.

Para ahli medis bahkan merekomendasikan waktu tidur 7-9 jam untuk orang dewasa berusia 18-60 tahun.

Terus-menerus mengalami kesulitan tidur malam hari dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Misalnya, depresi, diabetes, penyakit jantung, hingga kematian.

Di samping itu, sulit tidur bisa dipicu oleh beberapa faktor. Misalnya, mengalami stres, gangguan emosi, tidak nyaman dengan lingkungan tidur, sedang minum obat, dan perubahan waktu tidur.

Artikel lainnya: Kapan Penderita Insomnia Perlu Periksa ke Dokter?

1 dari 2 halaman

Minuman untuk Bantu Tidur Lelap

Meskipun demikian, Anda bisa melakukan banyak cara mengatasi susah tidur. Salah satunya melalui bantuan minuman tertentu.

Minuman tersebut diketahui dapat merangsang Anda untuk tidur lelap secara alami. Berikut 10 minuman agar bisa tidur lebih cepat dan lelap di malam hari.

1. Jus Ceri

Ceri adalah buah-buahan bercita rasa manis atau asam. Kalau Anda pernah lihat buahnya, pasti ada macam-macam warna, seperti kuning, merah, dan ungu. Buah ini tidak hanya dikenal sebagai penghias kue.

Buah manis ini punya beberapa manfaat kesehatan, termasuk untuk mengatasi susah tidur.

Ceri memiliki kandungan tryptophan, yang merupakan asam amino pemicu produksi hormon melatonin. Hormon ini mengatur siklus bangun dan tidur Anda. Minum konsentrat jus ceri setiap hari dapat meningkatkan kadar hormon melatonin.

Anda memutuskan untuk minum jus ceri untuk atasi susah tidur? Coba minum dua gelas (480 ml) per hari. Studi tersebut juga tidak menemukan efek samping dari mengonsumsi jus ceri tersebut.

Artikel lainnya: Benarkah Insomnia Bisa Mengancam Jiwa?

2. Teh Chamomile

Chamomile adalah bunga dari famili Asteraceae, yang kerap dijadikan teh. Minuman beraroma khas ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Misalnya, menghilangkan gejala flu, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan kulit. 

Di samping itu, beberapa penelitian menunjukkan, teh chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur. Satu studi pada 60 orang dewasa membenarkan anggapan tersebut.

Studi ini meminta para respondennya untuk mengonsumsi 400 mg ekstrak chamomile selama 28 hari berturut-turut.

Ternyata, teh ini mampu mengatasi susah tidur. Ini karena chamomile bersifat menenangkan dan membuat relaks.

Itu sebabnya, teh ini juga dapat mengatasi masalah kecemasan dan stres. Khasiat ini perlu penelitian lebih dalam lagi untuk mengetahui manfaat lainnya. 

Artikel lainnya: Hati-Hati, Insomnia Bisa Picu Gangguan Jantung

3. Susu Hangat

Segelas susu hangat rupanya termasuk minuman yang membuat ngantuk. Peneliti pun menyarankan orang yang susah tidur untuk meneguk segelas susu hangat di malam hari. Alasannya, susu mengandung tryptophan secara alami. 

Asam amino ini dapat meningkatkan serotonin dan neurotransmitter. Keduanya ini dikenal membawa sensasi nyaman dan bahagia. Selain itu, serotonin punya fungsi yang sama seperti hormon melatonin, yakni sebagai pengatur tidur.

Tryptophan ini meningkatkan kadar serotonin yang meningkatkan kadar melatonin. Melatonin dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu memerangi berbagai gangguan tidur. Misalnya, masalah tidur karena jet lag, gangguan tidur pada pekerja shift, dan insomnia.

4. Susu Almon

Almon adalah jenis kacang-kacangan yang dikemas dengan serat sehat, vitamin, dan mineral. Tampilan susu almon menyerupai susu sapi yang kental. Namun, umumnya dibuat dari kacang almon utuh. 

Perlu Anda ketahui kacang almon utuh diklaim dapat meningkatkan kualitas tidur. Bahkan, pengobatan tradisional Iran menggunakanya untuk pengobatan insomnia selama bertahun-tahun.

Biasanya, kacang ini utuh dicampur dengan biji wijen untuk dijadikan minyak violet. Susu almon kaya akan hormon dan mineral penunjang tidur, termasuk tryptophan, melatonin, dan magnesium. Faktanya, 1 cangkir (237 ml) susu almon mengandung hampir 17 mg magnesium. 

Dalam beberapa tahun terakhir, magnesium telah menunjukkan potensi sebagai pengobatan untuk insomnia. Terutama untuk orang dewasa yang lebih tua (lansia). 

Susu almon dapat mudah ditemukan di sekitar Anda dalam berbagai merek dan rasa. Namun, karena terbuat dari almon utuh, penderita alergi kacang harus menghindarinya.

Artikel lainnya: Insomnia Anda Bisa Jadi Karena Faktor Genetik

5. Teh Pepermin

Teh pepermin dipercaya selama bertahun-tahun sebagai pengobatan antiviral, antimikroba, anti-alergi. Jenis teh ini juga dipercaya untuk menangani masalah pencernaan, seperti masalah irritable bowel syndrome (IBS).

Namun, pepermin lebih diincar khasiatnya untuk membantu tidur. Rasa dan aroma harum yang dihasilkannya dapat memberikan relaksasi dan membantu mengatasi stres sebelum tidur.

6. Teh Hijau Dekafein

Teh hitam atau teh hijau yang biasa kurang baik untuk tidur, karena mengandung kafein yang justru bisa membuat Anda segar kembali. Namun, jenis teh hijau dekafein ini dapat membantu menghasilkan teanin dan asam amino.

Kedua kandungan itu dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas serta melepas stres sebelum naik ke tempat tidur.

7. Cokelat Hangat

Siapa yang tak kenal dengan minuman yang satu ini? Bukan hanya memberikan tidur yang berkualitas, segelas cokelat hangat juga dapat dinikmati untuk di waktu senggang yang membutuhkan suasana rileks dan jauh dari stres.

Minuman yang membuat ngantuk ini bisa menenangkan sekaligus membuat Anda lebih cepat terlelap.

Artikel lainnya: 8 Penyebab Insomnia yang Jarang Diketahui

8. Air Kelapa

Minuman ini dikenal luas sebagai minuman berenergi. Namun, air kelapa murni sebenarnya termasuk dalam minuman agar bisa tidur. Kandungan magnesium dan kalium di dalamnya dapat membantu untuk merelaksasi otot.

Kandungan Vitamin B di dalamnya juga dapat membantu meredakan rasa stres yang anda rasakan setelah seharian bekerja. Menenggaknya sebelum tidur adalah pilihan yang baik untuk tidur yang lebih nyaman.

9. Jus Lembut Pisang Almon

Sama halnya dengan air kelapa, minuman ini juga mengandung magnesium dan kalium yang dapat merelaksasi otot-otot tubuh. Kandungan tryptophan dan melatonin di dalam minuman ini juga dapat mengurangi gejala insomnia.

10. Air Putih Hangat

Jika Anda sulit mendapatkan minuman-minuman di atas, tak perlu khawatir. Dua gelas air putih hangat sebelum tidur adalah cara mengatasi susah tidur yang efektif.

Kandungan mineral yang ada pada air putih sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk membantu Anda untuk tidur.

Biasakan minum air putih hangat sebelum tidur untuk membantu Anda relaks dan menurunkan level stres.

Itulah 10 minuman yang bisa dikonsumsi sebagai cara mengatasi susah tidur. Apabila gangguan tidur tak kunjung hilang, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Anda juga bisa berkonsultasi secara online dengan dokter via LiveChat di aplikasi KlikDokter.

[HNS/AYU]

1 Komentar