Pernapasan

8 Cara Ampuh Mengatasi Flu di Musim Pancaroba

Rena Widyawinata, 24 Nov 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Musim pancaroba membuat seseorang lebih rentan kena flu. Ini dia cara mengatasi flu yang ampuh, dari bahan alami hingga medis.

8 Cara Ampuh Mengatasi Flu di Musim Pancaroba

Peralihan musim tak jarang membuat seseorang rentan sakit. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena perubahan suhu yang ekstrem atau daya tahan tubuh menurun. Flu adalah salah satu penyakit yang paling umum muncul saat musim pancaroba.

Berbagai gejala flu, seperti batuk, pilek, dan demam bisa sangat mengganggu. Untuk itu, simak beberapa cara mengatasi flu berikut ini.

1. Banyak Istirahat

Salah satu cara menghilangkan flu dengan cepat adalah banyak beristirahat. Sebab, dengan beristirahat, tubuh punya waktu untuk memperbaiki sistem imun.

Sistem imun inilah yang nantinya akan membantu melawan virus penyebab influenza.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan

Saat sedang flu, pastikan kamu jangan sampai kekurangan cairan. Jadi, kamu harus minum yang cukup, minimal 8 gelas air per hari atau setara dengan 1,5 liter air.

Bukan cuma air putih, kamu juga mengonsumsi sup kaldu, makanan, atau buah yang mengandung air untuk mencukupi kebutuhan cairan.

Saat tubuh terhidrasi dengan baik, dahak yang ada di saluran pernapasan bisa lebih encer sehingga mudah dikeluarkan. Selain itu, cara ini juga bisa melegakan pilek atau hidung tersumbat karena flu.

Ditambah lagi, sup kaldu juga mengandung protein dan mineral. Jadi, tidak cuma menjaga hidrasi, sup kaldu juga dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan virus flu.

3. Makan Makanan Bergizi

Saat flu, sering kali kita jadi tidak nafsu makan. Tapi, saat kamu makan, pastikan kamu makan makanan yang bergizi, ya.

Makan makanan yang bergizi adalah salah satu cara menghilangkan flu dengan lebih cepat. Sebab, nutrisi yang baik dapat membantu meningkatkan sistem imun untuk melawan penyakit.

Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk flu, antara lain buah yang mengandung vitamin C, daging ayam tanpa kulit, dan sayuran hijau (brokoli, bayam, dan kale).

4. Kumur Air Garam

Saat flu, kamu juga mungkin mengalami sakit tenggorokan. Salah satu cara untuk mengatasi sakit tenggorokan akibat flu adalah dengan berkumur air garam.

Bukan cuma untuk meredakan sakit tenggorokan, berkumur air garam juga membantu menghilangkan dahak.

Untuk berkumur air garam, kamu perlu melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian, berkumurlah dengan mendongakkan kepala selama 10-30 detik.

Kamu bisa mengulanginya sebanyak 2-4 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menghirup Uap Hangat

Untuk menghilangkan gejala flu dengan cepat, salah satu cara yang bisa kamu pakai adalah menghirup uap hangat.

Kamu bisa menghirup uap hangat dari mandi air hangat, sauna, atau sesederhana menggunakan baskom berisi air hangat dan menghirup uapnya.

Cara ini bisa membantu melegakan hidung tersumbat, batuk berdahak, dan meredakan sakit tenggorokan.

Artikel Lainnya: Minyak Oregano untuk Atasi Pilek dan Flu, Efektifkah?

6. Menyalakan Humidifier

humidifier

Virus juga biasanya lebih mudah menyebar di udara yang kering. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menyalakan humidifier saat sedang flu.

Selain itu, udara yang lembap juga jadi salah satu cara ampuh untuk melegakan hidung tersumbat dan batuk berdahak akibat flu.

7. Menghindari Asap Rokok

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Pathogens menyebutkan bahwa paparan asap rokok bisa memperburuk infeksi pernapasan yang terjadi dalam hal ini virus.

Makanya, kamu sebaiknya menghindari asap rokok saat sedang flu. Asap rokok dapat memperburuk peradangan yang terjadi di saluran napas sehingga gejala flu mungkin tidak kunjung hilang.

8. Minum Obat Flu

Kalau kamu butuh cara yang cepat untuk menghilangkan gejala flu, minum obat flu adalah jawabannya.

Sebenarnya, infeksi virus influenza dapat hilang dengan sendirinya. Namun, gejalanya yang ditinggalkan bisa berlangsung lama, sekalipun virusnya sudah hilang dari tubuh.

Mayo Clinic menyebutkan, flu biasanya sembuh dalam waktu seminggu. Tapi, batuk yang ditimbulkan bisa berlangsung hingga 2 minggu.

Maka itu, sebaiknya kamu minum obat untuk mengatasi gejala flu yang tinggal. Untuk mengobati gejala flu, obat yang ampuh adalah yang mengandung paracetamol, guaifenesin, bromhexine HCl, chlorphenamine maleate, dan pseudoefedrin HCl.

Agar tidak repot minum banyak obat, pilihlah obat yang sudah mencakup semua bahan itu. Salah satunya, Siladex Flu. Siladex Flu dapat meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk berdahak.

Selain itu, Siladex Flu berperan sebagai mukolitik dan ekspektoran yang membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak.

Artikel Lainnya: Selain Sup Ayam, Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Flu

Pastikan kamu cukup istirahat dan minum obat flu agar penyembuhan jadi lebih cepat. Apabila gejala kamu tak kunjung membaik, segeralah periksa ke dokter untuk menghindari komplikasi berbahaya akibat flu.

Masih belum sanggup untuk keluar rumah? Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter secara online lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, solusi #JagaSehatmu.

(NM)

Konsultasi Dokter Terkait