Kehamilan

8 Tips Aman Menggunakan Toilet Jongkok Saat Hamil

Siti Putri, 17 Nov 2023

Ditinjau Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid

Beberapa ibu hamil mungkin masih ragu untuk menggunakan toilet jongkok. Jangan khawatir, ada sejumlah cara aman untuk ibu hamil pakai toilet jongkok. Simak tipsnya di sini!

8 Tips Aman Menggunakan Toilet Jongkok Saat Hamil

Beberapa ibu hamil mungkin khawatir ketika akan menggunakan toilet jongkok. Mereka menganggap bahwa efek jongkok dapat menyakiti janin dalam kandungan. Tak jarang, kebanyakan bumil cenderung memilih toilet duduk yang terlihat lebih nyaman. Lantas, bolehkah ibu hamil pakai toilet jongkok?

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid, toilet jongkok dinilai lebih baik dan bermanfaat dibandingkan dengan toilet duduk, asalkan digunakan saat kondisi ibu hamil masih bugar dan perut yang belum terlalu buncit.

“Namun, jika kondisi ibu lebih lemah karena mual dan muntah atau saat perut ibu sudah semakin membesar, penggunaan toilet jongkok perlu dihindari karena berisiko tergelincir,” ungkapnya.

Berikut sejumlah cara aman untuk ibu hamil pakai toilet jongkok yang bisa dicoba:

1. Gunakan pada 3 Bulan Pertama kehamilan

Pada umumnya, toilet jongkok aman digunakan pada tiga bulan pertama kehamilan. Setelah itu, Mama perlu mengevaluasi besarnya ukuran perut.

Apabila bumil sudah kesulitan untuk melihat kakinya sendiri, maka lebih dianjurkan untuk menggunakan toilet duduk.

2. Lakukan Perubahan Posisi secara Perlahan

Cara aman menggunakan toilet jongkok pada ibu hamil adalah dengan melakukan perubahan posisi secara perlahan.

Saat berubah posisi dari berdiri menjadi jongkok, lakukan perubahan ini dengan perlahan. Begitu juga ketika Mama akan berdiri dari jongkok.

3. Gunakan Alas Kaki Anti-Slip

Untuk menghindari risiko tergelincir, Mama perlu memerhatikan alas kaki yang digunakan saat akan ke kamar mandi.

Coba gunakan alas kaki anti-slip untuk membantu mengurangi risiko jatuh di kamar mandi.

4. Pastikan Kamar Mandi Bersih dan Kering

Saran Dokter Resthie, Mama harus memastikan bahwa kamar mandi selalu dalam keadaan bersih dan kering, terutama, di bagian pijakan toilet jongkok yang akan digunakan.

Begitu juga saat menggunakan toilet umum, Mama perlu menggunakan kamar mandi yang kering agar lebih aman.

5. Pasang Lampu Darurat

Lampu Senter

Pastikan juga penerangan di dalam toilet harus cukup, agar Mama bisa berjalan, bergerak, dan melihat dengan jelas serta tidak terjatuh.

Selain itu, bisa juga memasang lampu darurat atau selalu simpan senter di kamar mandi yang bisa dengan mudah dijangkau oleh ibu hamil.

6. Perhatikan Posisi

Bagi Mama yang akan menggunakan toilet jongkok, penting untuk memerhatikan posisi agar lebih aman dan terhindar dari risiko tergelincir.

Ketika posisi kaki dan badan telah tepat dan stabil di atas dudukan kaki toilet, barulah bumil bisa mulai menurunkan tubuh di atas toilet jongkok secara perlahan.

Artikel Lainnya: Ibu Hamil Pecah Ketuban, Lakukan Ini

7. Sediakan Pegangan 

Supaya lebih aman, Mama bisa meminta anggota keluarga lain untuk memasangkan pegangan di samping toilet jongkok. Ini dapat mempermudah ibu hamil untuk jongkok dan berdiri secara perlahan. 

Selain itu, penggunaan pegangan di samping toilet juga dapat membantu Mama terhindar dari risiko jatuh.

8. Sesuaikan dengan Kondisi Tubuh

Untuk menggunakan toilet jongkok, Mama perlu memperhatikan kondisi tubuh terlebih dahulu. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat dan bugar.

Hindari penggunaan toilet jongkok apabila Mama memiliki keluhan pusing, mual, dan lemas. Pasalnya, ini bisa memicu terjadinya risiko jatuh atau tergelincir di kamar mandi.

Jika ada keluhan nyeri atau kram perut saat jongkok, maka tidak dianjurkan untuk menggunakan toilet jongkok.

Menggunakan toilet jongkok secara teratur dan aman memang dapat membantu memperkuat otot perut dan paha, sehingga bisa dijadikan sebagai persiapan tubuh untuk persalinan. Akan tetapi, Mama perlu menyesuaikannya dengan kondisi tubuh.

Bila merasa ragu untuk menggunakan toilet jongkok, #JagaSehatmu dan kandungan dengan menggunakan toilet duduk agar lebih aman.

Jika punya pertanyaan lain seputar penggunaan toilet saat hamil, jangan sungkan untuk bertanya langsung dengan dokter. Mama bisa gunakan layanan Tanya Dokter dan Temu Dokter di aplikasi KlikDokter, ya!

(NM)

Toilet JongkokIbu Hamil

Konsultasi Dokter Terkait