Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jangan Disepelekan, Ini Bahaya Turun Berok dan Cara Mengatasinya

Jangan Disepelekan, Ini Bahaya Turun Berok dan Cara Mengatasinya

Turun berok atau hernia dapat menimbulkan rasa tak nyaman dan sakit. Untuk itu, atasilah bahaya turun berok dengan tepat.

Turun berok, atau dalam dunia medis disebut hernia, termasuk umum terjadi dan mungkin tak asing bagi Anda. Pada kondisi ini, usus atau jaringan lemak masuk ke dinding perut bagian bawah dan membuat tonjolan, baik di daerah selangkangan, pangkal paha, maupun buah zakar pria. 

Hernia tidak boleh dibiarkan saja apalagi dianggap sepele. Ini karena bahaya turun berok cukup banyak dan dapat mencetuskan sejumlah komplikasi. 

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang lebih rentan mengalami turun berok, antara lain kelahiran prematur, sudah pernah mengalami turun berok sebelumnya, obesitas, sembelit dalam waktu lama, kehamilan, dan lainnya. 

Apabila Anda memiliki satu atau lebih dari faktor risiko hernia tersebut, maka kemungkinan untuk mengalami hernia akan lebih besar.  

Artikel Lainnya: Ungkap Tuntas Soal Turun Berok

Selain adanya tonjolan di sekitar pangkal paha atau buah zakar, gejala hernia yang lain adalah:

  • Benjolan hilang timbul, muncul terutama bila batuk, bersin, atau mengejan. Lalu hilang saat berbaring. 
  • Pada pria, buah zakar akan tampak membesar.
  • Rasa nyeri seperti ditusuk. 
  • Adanya sensasi terbakar yang makin lama makin berat, terutama bila melakukan aktivitas berat di daerah tonjolan tersebut.
  • Demam, menggigil, dan peningkatan denyut jantung.
1 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Turun Berok

Apabila Anda mengalami gejala-gejala di atas, jangan tunda untuk berkonsultasi ke dokter bedah. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lanjutan seperti ultrasonografi (USG), CT scan, serta rontgen.

Pemeriksaan tersebut diperlukan untuk memastikan apakah benjolan memang benar disebabkan oleh hernia atau karena kondisi yang lain. Setelah mendapatkan diagnosis yang pasti, dokter akan melakukan tindakan sesuai dengan jenis hernia sebagai cara untuk mengatasi turun berok. Salah satu pilihannya adalah tindakan pembedahan.

Artikel Lainnya: Mendorong Barang Dianjurkan untuk Wanita agar Tak Turun Berok?

Ada dua metode pembedahan. Pertama adalah operasi terbuka di mana bagian perut disayat untuk mendorong kembali bagian usus ke rongga perut. Setelah itu, dinding perut akan dijahit untuk memperkuat ototnya. 

Metode kedua adalah teknik laparoskopi, yaitu dengan sayatan kecil dan menggunakan alat khusus untuk mengembalikan posisi usus, sehingga luka operasi tidak terlalu besar. 

Kedua teknik tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, Anda harus berdiskusi dengan dokter untuk mengetahui opsi yang terbaik bagi kondisi Anda. 

Satu hal yang harus Anda garisbawahi adalah jangan pernah memijat benjolan hernia sembarangan. Pasalnya, memijat hernia hanya akan mencetuskan bahaya turun berok yakni menimbulkan pembengkakan, melukai isi hernia, dan meningkatkan risiko infeksi. 

Bila hal ini sudah terjadi, dinding usus bisa saja pecah (perforasi). Selain itu, dalam keadaan seperti ini, tindakan pembedahan yang dilakukan pun lebih kompleks. 

Artikel Lainnya: Mungkinkah Ibu Hamil Kena Hernia?

2 dari 3 halaman

Mencegah Turun Berok

Bagaimana caranya agar turun berok tidak kambuh setelah menjalani operasi? Atau bahkan, mencegah turun berok pada Anda yang belum pernah mengalaminya? Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda tempuh:

  • Hindari mengangkat beban yang terlampau berat.
  • Jaga agar berat badan tetap ideal. BIla Anda mengalami kegemukan atau obesitas, turunkan berat badan dengan pola makan sehat dan olahraga rutin.
  • Jauhi kebiasaan merokok.
  • Konsumsi makanan sehat, utamakan yang tinggi serat.

Turun berok tidak boleh dianggap remeh karena dapat menimbulkan sejumlah komplikasi. Bila bahaya turun berok sudah terjadi, pengobatannya pun akan lebih kompleks. Karena itu, bila timbul gejala hernia, segera konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar turun berok atau hernia, silakan berkonsultasi dengan dokter kami. Gunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter.

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar