Sukses

Penyebab Wajah Bengkak saat Bangun Tidur

Pernahkah wajah Anda bengkak setelah bangun tidur? Apa ya penyebabnya? Yuk, ketahui penyebab wajah bengkak setelah bangun tidur di sini.

Saat bangun tidur di pagi hari, Anda tentu ingin tubuh yang bugar dan wajah yang segar. Akan tetapi, alih-alih wajah segar, yang pertama Anda temukan di cermin adalah wajah bengkak saat bangun tidur.

Kondis muka yang membengkak saat bangun tidur pun cukup sulit untuk ditutupi dengan cepat. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi saat Anda harus bergegas ke kantor atau menghadiri rapat penting di pagi hari.

Lantas, apa saja sebenarnya penyebab wajah bengkak setelah bangun tidur? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1 dari 5 halaman

1. Kebiasaan Tidur

Bagi sebagian orang, wajah bengkak di pagi hari bisa saja merupakan hal yang normal. Namun, bagi sebagian yang lain, wajah bengkak saat bangun tidur bisa jadi karena kebiasaan tidur yang kurang baik.

Tidur terlalu lama atau terlalu singkat dapat memicu penumpukan cairan sehingga menimbulkan wajah bengkak. Selain itu, tidur dengan posisi telungkup juga meningkatkan risiko terjadinya wajah bengkak di pagi hari setelah bangun tidur.

Pada kondisi ini, biasanya wajah bengkak akan berkurang ketika seseorang bangun dan beraktivitas seperti biasa. 

Artikel lainnya: Mulut Pahit Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

2. Konsumsi Makanan Asin Berlebihan 

Penyebab wajah bengkak setelah bangun tidur lainnya adalah konsumsi makanan asin terlalu banyak. Makanan asin seperti gorengan, keripik, makanan siap saji, mengandung banyak garam yang sifatnya menarik cairan atau mengikat air.

Saat Anda mengonsumsi makanan asin di malam hari, cairan pun banyak yang terakumulasi dalam darah. Hal inilah yang memicu terjadinya bengkak pada wajah. Akan tetapi, dengan minum air putih kondisi ini dapat dikurangi. 

2 dari 5 halaman

3. Minum Alkohol

Jika Anda minum alkohol di malam hari sebelum tidur, Anda juga dapat mengalami wajah bengkak saat bangun tidur. Pasalnya, alkohol memiliki efek diuretik dan menimbulkan dehidrasi atau kekurangan cairan sehingga tubuh akan berusaha untuk menahan cairan. 

Akibatnya, timbul bengkak. Kabar baiknya, efek bengkak di wajah dapat hilang sendiri dengan dibantu konsumsi air putih setelah bangun tidur. 

4. Alergi 

Hal lain yang menjadi penyebab wajah bengkak setelah bangun tidur adalah alergi. Faktor pencetusnya pun beragam mulai dari debu, tungau, serbuk sari. Gejalanya di antaranya adalah mata terlihat bengkak, merah, hidung berair, bersin, dan gatal.

Untuk menguranginya, Anda sebaiknya mengurangi paparan terhadap faktor pencetus. Bila perlu, konsumsilah antialergi atas anjuran dokter.

Artikel lainnya: Jantung Berdebar Saat Bangun Tidur, Ini 10 Penyebabnya

3 dari 5 halaman

5. Masalah pada Gigi dan Mulut

Sakit gigi juga merupakan salah satu penyebab wajah bengkak saat bangun tidur, khususnya di daerah pipi. Hal ini diawali dengan kerusakan gigi, gigi berlubang, atau adanya penyakit gusi seperti gingivitis yang dibiarkan saja sehingga berujung pada infeksi gigi. 

Saat infeksi terjadi, gusi dan wajah akan membengkak. Bila tidak ditangani dengan tepat, hal tersebut dapat menyebabkan abses gusi atau infeksi yang lebih dalam lagi.

Untuk menangani kondisi ini, Anda wajib memeriksakan diri ke dokter gigi. Selain itu, Anda juga dapat melakukan kompres dingin serta berkumur dengan air garam hangat.

6. Gangguan Ginjal

Beberapa jenis gangguan ginjal seperti sindrom nefrotik juga dapat menimbulkan gejala wajah dan mata bengkak, terutama di pagi hari.

Hal ini terjadi karena terganggunya fungsi ginjal untuk menyaring dan mengeluarkan sisa cairan dari tubuh. Akibatnya, cairan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan bengkak.

4 dari 5 halaman

7. Hipotiroidisme

Penyebab wajah bengkak setelah bangun tidur berikutnya adalah gangguan hormon, seperti hipotiroidisme.

Hipotiroidisme merupakan kondisi kurangnya kadar hormon tiroid dalam darah. Gejala yang timbul antara lain lemah, lesu, kulit kering, konstipasi, dan wajah bengkak. 

Wajah bengkak saat bangun tidur dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kondisi normal hingga akibat penyakit tertentu. Bila Anda memiliki gejala wajah bengkak, terutama setelah bangun tidur disertai gejala penyakit lainnya, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan yang sesuai serta pengobatan yang tepat berdasarkan penyebab keluhan Anda tersebut. 

Intip informasi seputar penyakit, nutrisi, dan gaya hidup lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar