HomeInfo SehatGigi MulutMulut Pahit Saat Bangun Tidur, Apa Sebabnya?
Gigi Mulut

Mulut Pahit Saat Bangun Tidur, Apa Sebabnya?

drg. Wiena Manggala Putri, 20 Jan 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Saat bangun tidur, beberapa orang dapat merasakan mulut pahit. Sebenarnya, apa yang menyebabkan kondisi ini?

Mulut Pahit Saat Bangun Tidur, Apa Sebabnya?

Mulut terasa pahit saat bangun tidur dapat terjadi karena berbagai hal. Mulai dari masalah sederhana, seperti kebersihan mulut yang buruk, hingga masalah yang lebih serius, seperti adanya infeksi atau penyakit tertentu.

Kondisi ini dapat merupakan reaksi normal setelah mengonsumsi makanan tertentu. Namun, bila bertahan lama atau terjadi secara tidak terduga, bisa jadi itu indikasi adanya masalah kesehatan.

Saat Anda tidur, penurunan aliran air liur akan terjadi sehingga menyebabkan mulut jadi lebih kering. Kondisi inilah yang memicu timbulnya bau mulut di pagi hari.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mulut pahit saat bangun tidur, di antaranya;

1. Kebersihan Mulut yang Buruk

Kebersihan mulut yang buruk terjadi akibat penumpukan partikel makanan dan air liur yang terjebak di sela-sela gigi, lidah, maupun gusi.

Jika Anda tidak menggosok gigi sebelum tidur, bakteri yang bekerja pada partikel tersebut dapat menyebabkan rasa tidak enak di mulut, terutama saat Anda bangun di pagi hari.

Artikel Lainnya: Penyebab Mulut Terasa Asam, Apakah Berbahaya?

2. Masalah Gigi

Adanya masalah pada rongga mulut bisa menyebabkan mulut pahit saat bangun tidur. Misalnya pada gigi berlubang dan radang gusi.

Banyak masalah gigi yang dapat dihindari dengan menyikat dan membersihkan gigi dengan benang secara teratur.

Selain itu, beberapa orang mungkin juga menggunakan pengikis lidah untuk membantu menghilangkan gejala.

3. Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi saluran pernapasan bagian atas, seperti rinitis, sinusitis, atau tonsillitis, dapat mencetuskan rasa pahit di mulut.

4. Mulut Kering (Xerostomia)

Bernapas melalui mulut secara terus-menerus ketika Anda tidur di malam hari dapat menyebabkan mulut kering. Akibatnya, timbul rasa pahit dan bau mulut di pagi hari saat bangun tidur.

5. Mengonsumsi Obat-Obat Tertentu

Penyebab mulut pahit saat bangun tidur lainnya adalah konsumsi obat tertentu, seperti antibiotik dan antihistamin. Dua jenis obat ini dapat menyebabkan mulut kering atau rasa pahit di mulut.

Pada beberapa orang, obat-obatan, suplemen, atau perawatan medis tertentu juga dapat memicu rasa pahit di mulut.

Artikel Lainnya: Pentingnya Menjaga Kesehatan Rongga Mulut Penderita Kanker

6. Merokok Sebelum Tidur

Memiliki kebiasaan buruk seperti merokok sebelum tidur, terlebih tanpa membilasnya atau menggosok gigi dapat mengakibatkan rasa pahit di mulut.

Selain itu, kebiasaan ini juga bisa menimbulkan bau mulut di pagi hari saat Anda bangun tidur.

7. GERD

Jika mulut Anda terasa pahit saat bangun tidur, bisa jadi itu berhubungan dengan gastroesophageal reflux disease (GERD).

GERD terjadi ketika otot atau sfingter di bagian atas lambung menjadi lemah. Akibatnya, sangat mungkin bagi asam atau empedu naik ke dalam esofagus.

Penyakit ini cenderung mengiritasi esofagus dan menyebabkan sensasi terbakar di dada atau perut.

Selain itu, kondisi ini juga dapat memunculkan rasa tidak enak atau pahit di mulut, yang dapat bertahan selama gejala terjadi.

8. Kehamilan

Dysgeusia, juga dikenal sebagai rasa logam di mulut, adalah salah satu alasan kenapa mulut Anda pahit saat bangun tidur.

Artikel Lainnya: Ini Penyebab Mulut Terasa Manis

Kondisi ini termasuk gejala umum yang terjadi pada wanita selama trimester pertama kehamilan. Perubahan hormonal menjadi pencetusnya.

Perubahan ini biasanya berlangsung hanya beberapa hari dan kemudian hilang secara alami.

9. Pengobatan Kanker

Seseorang yang sedang menjalani pengobatan kanker mungkin mengalami rasa tidak enak di mulut saat makan atau minum.

Hal ini bisa terjadi akibat kemoterapi dan pengobatan radiasi yang dijalani. Kedua terapi tersebut dapat mengganggu indra perasa pada beberapa orang.

Terapi pengobatan kanker dapat menyebabkan hal-hal sederhana, yaitu rasa hambar pada makanan atau minuman.

10. Stres dan Kecemasan

Tingkat stres dan kecemasan yang tinggi dapat merangsang respons stres dalam tubuh. Kondisi ini juga sering kali mengubah indra perasa seseorang.

Rasa cemas bisa menyebabkan mulut kering, di mana ini merupakan pemicu mulut terasa pahit saat bangun tidur.

Itulah beberapa penyebab mulut terasa pahit saat bangun tidur di pagi hari. Rutinitas membersihkan rongga mulut sebelum tidur dan pola makan yang sehat dapat membantu mencegah mulut terasa pahit di pagi hari.

Meski bukan masalah serius, Anda tetap perlu memeriksakan kondisi tersebut jika tidak kunjung hilang. Gunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi kepada dokter terkait masalah ini.

[WA]

Gigi dan MulutMulut Pahit

Konsultasi Dokter Terkait