Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Cara Efektif Menghilangkan Bulu Kaki Berlebih pada Wanita

Cara Efektif Menghilangkan Bulu Kaki Berlebih pada Wanita

Wanita biasanya sangat risih ketika memiliki bulu kaki berlebih. Tapi, tenang, ada cara efektif untuk menghilangkannya.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi kebanyakan wanita, bulu kaki dianggap sebagai sebuah masalah besar. Meski tidak terkait langsung dengan kondisi kesehatan, bulu kaki berlebih pada wanita tetap bisa menyebabkan penurunan rasa percaya diri.

Tidak heran, sebagian wanita yang merasa terganggu dengan bulu kaki berlebih akan berusaha untuk menghilangkannya. Cara yang paling sering dicoba adalah dengan mencukurnya secara berkala.

"Mencukur menjadi cara yang bisa menghilangkan bulu kaki. Tapi, tindakan tersebut dapat menimbulkan efek samping ingrown hair atau rambut tumbuh ke dalam dan harus diulang setiap 1–3 hari sekali agar hasilnya efektif. Belum lagi adanya risiko iritasi dan luka akibat penggunaan pisau cukur,” kata dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter.

Mencukur memang bisa menjadi cara yang paling cepat untuk menghilangkan bulu kaki yang mengganggu. Namun, cara ini tidak efektif dan terkesan membuang-buang waktu karena bulu kaki akan kembali tumbuh dalam hitungan hari.

Lantas, adakah cara lain yang bisa dengan efektif menghilangkan bulu kaki pada wanita? Ada, berikut caranya:

  • Waxing 

Waxing terbukti dapat menghilangkan membantu menghilangkan bulu kaki berlebih. Menurut dr. Sara, tindakan ini idealnya dilakukan saat keadaan bulu kaki belum terlalu panjang. Tujuannya adalah agar rasa nyeri saat tindakan tidak begitu dirasakan.

“Prosedur ini hendaknya dilakukan setiap 3–6 minggu sekali. Pastikan dilakukan di klinik terpercaya agar risiko iritasi atau infeksi bisa diminimalkan," tutur dr. Sara.

  • Laser IPL 

Ini merupakan metode yang cukup tenar beberapa waktu belakangan. Karena, dalam 6–12 kali terapi, bulu kaki dapat hilang sepenuhnya.

“Akan tetapi, teknik ini tidak efektif pada rambut putih dan pirang. Selain itu, laser IPL juga dapat menimbulkan iritasi, kemerahan hingga luka bakar apabila tidak dilakukan dengan benar," ungkap dr. Sara.

  • Krim penghilang bulu 

Anda bisa mendapatkan produk ini dengan mudah di pasaran. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskannya pada bagian yang Anda ingin hilangkan bulunya. Kemudian seka menggunakan alat khusus dari atas permukaan kulit. 

"Hati-hati, apalagi jika kulit Anda terlalu sensitif. Produk ini tidak hanya menghilangkan bulu, namun juga lapisan kulit," ujar dr. Sara.

  • Elektrolisis 

Teknik ini dilakukan dengan cara menusukkan jarum ke dalam folikel rambut dan memberikan sedikit kejutan listrik untuk menghancurkan elemen di atasnya.

  • Terapi hormon 

Terapi hormon adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan apabila memang penyebab tumbuhnya bulu kaki berlebih adalah kadar hormon yang tidak seimbang.

Dalam terapi ini, dokter biasanya akan memberikan pil KB untuk membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh sehingga intensitas pertumbuhan bulu kaki bisa ditekan.

Mana cara yang ingin Anda pilih untuk menghilangkan bulu kaki berlebih? Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, agar cara yang dipilih benar-benar sesuai. Dengan demikian, bulu kaki Anda bisa hilang sepenuhnya sehingga rasa percaya diri bisa kembali tinggi.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar