Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Cara Mengatasi Susah Tidur Lagi Setelah Bangun di Tengah Malam

Cara Mengatasi Susah Tidur Lagi Setelah Bangun di Tengah Malam

Susah tertidur lagi setelah bangun di tengah malam memang menjengkelkan. Atasi dengan cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tidur di malam hari merupakan aktivitas penting agar tubuh memiliki istirahat yang cukup. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengalami gangguan tidur, seperti terbangun di malam hari. Untuk bisa tertidur lagi pun bukan perkara mudah. Jika Anda termasuk yang sering mengalaminya, simak artikel ini untuk tahu cara mengatasinya.

Lakukan ini agar mudah tertidur kembali

Asalkan dilakukan dengan benar, kembali tertidur setelah terbangun di tengah malam sebenarnya bukan hal yang sulit.

Berikut ini adalah beberapa cara yang disarankan dr. Alvin Nursalim, Sp.PD dari KlikDokter:

  • Cari tahu penyebab Anda terbangun di malam hari

Mencari tahu penyebabnya adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan. Apabila sering terbangun akibat buang air kecil, maka hindari minum air putih satu sampai dua jam sebelum Anda hendak tidur.

“Kalau Anda sering terbangun akibat insomnia, salah satu cara mengatasinya adalah dengan menghindari stres dan melakukan relaksasi sejenak di malam hari,” kata dr. Alvin.

“Ada banyak faktor yang bisa mendasari insomnia, antara lain stres, kecemasan, depresi, jadwal tidur tidak teratur, jet lag, hingga konsumsi obat-obatan tertentu atau kopi,” lanjutnya.

Penyebab lain yang mungkin membuat Anda jadi sering terbangun adalah masalah sleep apnea, kondisi yang ditandai dengan adanya penyumbatan pada saluran pernapasan bagian atas ketika tidur. Dalam waktu tertentu, penyumbatan ini dapat membangunkan Anda dari tidur.

Jika sleep apnea adalah kondisi yang buat Anda jadi sering terbangun di tengah malam, maka solusinya adalah dengan pergi ke dokter untuk mendapatkan obat dan terapi yang tepat.

  • Atur suasana ruangan

“Memiliki kamar dengan suasana yang nyaman merupakan kunci lain agar Anda bisa tidur dengan nyenyak,” kata dr. Alvin.

“Bahkan, ketika Anda terbangun di malam hari, melihat dan merasakan suasana kamar yang nyaman bisa membuat Anda kembali tertidur dengan sekejap,” tuturnya melanjutkan.

Jadi, penting untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk (tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas). Lakukan hal ini setiap hari.

Selain itu, saat ingin tidur, sebaiknya pencahayaan di dalam kamar juga diatur menjadi lebih gelap atau remang. Jadi tidak ada pantulan cahaya yang dapat mengganggu tidur Anda.

Anda memiliki rasa takut pada gelap? Tenang! Anda bisa memasang lampu meja atau lampu hias sebagai sumber pencahayaan. Jadi Anda akan mendapatkan pencahayaan yang remang.

  • Atur Pola Tidur

Segala sesuatu yang dilakukan secara konsisten, pasti akan menjadi kebiasaan. Hal ini juga berlaku untuk waktu tidur.

Misalnya, jika Anda sering terbangun di malam hari, coba usahakan jangan tidur pada siang hari atau tidur terlalu cepat pada malam hari. Kalau Anda melakukan kebiasaan ini terus-menerus, maka terbangun di malam hari pun bisa dihindari.

  • Hindari Kafein

Selain menghindari minum air putih sejam sampai dua jam sebelum tidur, Anda juga sebaiknya tidak minum minuman yang mengandung kafein tinggi sebelum tidur.

Selain membuat Anda jadi bolak-balik ke kamar mandi, minum kafein di malam hari juga bisa meningkatkan sistem kerja jantung. Akibatnya jantung jadi berdetak dan bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Tak heran jika Anda jadi terbangun, bahkan sampai tidak bisa tidur lagi sampai pagi.

  • Jauhi Ponsel Pintar Anda

Ketika terbangun di tengah malam, ponsel pintar mungkin menjadi salah satu barang yang Anda cari. Lalu, ketika memainkan ponsel, maka pikiran Anda pun jadi teralihkan dan membuat mata jadi semakin terasa segar.

Jika cara-cara di atas masih belum bisa mengatasi kesusahan Anda untuk tertidur kembali setelah terbangun di tengah malam, konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat. Bila ditemukan penyakit atau gangguan lain yang mendasarinya, dokter pun dapat memberikan penanganan dan pengobatan yang tepat untuk Anda.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar