Sukses

8 Penyebab Testis Nyeri

Merupakan bagian penting dalam organ reproduksi pria, testis atau buah zakar yang nyeri tentu tak boleh disepelekan. Kenali beragam penyebabnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Testis adalah organ reproduksi pria yang sangat penting, sehingga jika sampai terjadi keluhan nyeri harus diketahui penyebabnya. Penyebabnya beragam, dari mulai infeksi, cedera traumatis, bahkan bisa menandakan kondisi darurat medis!

Inilah beberapa kemungkinan penyebab nyeri pada testis.

1. Epididimitis

Epididimitis merupakan peradangan pada bagian epididimis. Epididimis adalah suatu struktur berkelok yang menempel di belakang testis. Fungsinya sebagai tempat penyimpanan sperma yang matang.

Dikatakan oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD, dari KlikDokter, infeksi ini bisa menyerang pria dari berbagai usia. Namun, peradangan ini paling banyak dialami pria berusia 14-35 tahun.

Umumnya, gangguan ini disebabkan oleh bakteri. Sehingga, mereka yang sering bergonta-ganti pasangan seksual rentan terkena epididimitis lewat bakteri penyebab infeksi menular seksual.

2. Hernia inguinalis

Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, hernia inguinalis juga bisa menjadi penyebab nyeri di testis.

Sering menyebabkan munculnya benjolan di sekitar testis, hernia inguinalis terjadi akibat organ usus yang masuk ke dalam cincin inguinalis. Faktor penyebabnya antara lain sering mengejan, mengangkat benda berat, dan usia tua.

“Sebagian besar kasus hernia inguinalis hanya menunjukkan adanya benjolan yang bisa membaik dengan berbaring atau istirahat. Tetapi pada kondisi tertentu, khususnya apabila organ usus sudah terjepit, maka akan muncul keluhan nyeri di sekitar testis,” dr. Devia mengatakan.

3. Orkitis

Orkitis (orchitis) adalah peradangan yang bisa menyerang salah satu atau kedua testis. Peradangan terjadi sebagai reaksi atas infeksi di bagian tubuh lainnya. Orkitis dapat terjadi akibat infeksi virus, infeksi bakteri, atau tanpa penyebab yang jelas.

“Seseorang dengan orkitis mengeluh nyeri testis dengan intensitas ringan sampai berat, demam, testis membengkak, dan nyeri saat buang air kecil,” ujar dr. Alvin.

Penanganan orchitis tergantung dari penyebabnya. Jika disebabkan oleh bakteri maka pemberian antibiotik dapat dianjurkan.

4. Torsio testis

Torsio testis adalah kondisi medis serius yang terjadi ketika testis terpuntir. “Seseorang yang mengalami torsio testis akan merasa nyeri pada testis, kemerahan pada testis dan mual,” terang dr. Alvin.

Keadaan ini cukup berbahaya dan perlu terapi bedah secepatnya. Jika tidak ditangani dengan cepat, torsio testis dapat menyebabkan gangguan jaringan testis, bahkan kematian jaringan.

5. Trauma

Pukulan atau benturan pada testis dapat menyebabkan memar, nyeri, dan bengkak. Bahkan, testis juga dapat pecah dan menciptakan kondisi hematokel (penimbunan darah).

Selain terkena torsio testis, orang yang mengalami trauma pada pada testisnya mesti mendapatkan penanganan medis sesegera mungkin.

6. Tumor atau kanker

Gejala tumor testis dapat menyerupai kondisi lain, seperti hernia inguinalis atau epididimitis. Jika tumor berkembang jadi kanker, dr. Devia mengatakan bisa muncul benjolan yang teraba keras atau pembesaran pada buah zakar.

“Penderita biasanya juga akan mengeluhkan rasa tak nyaman di sekitar testis, yang bahkan disertai nyeri,” ungkap dr. Devia.

Anda perlu segera periksa ke dokter jika nyeri di testis (serta adanya benjolan) juga disertai dengan gejala sistemik lainnya seperti berat badan turun tanpa sebab, pegal di pinggang, atau organ lainnya.

7. Batu ginjal

Batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke testis. Adapun gejala lain yang ikut menyertai, antara lain:

  • Nyeri dan kram yang menjalar dari punggung ke pangkal paha
  • Rasa sakit di bagian atas penis
  • Sering ingin buang air kecil
  • Dan ada sensasi seperti nyeri terbakar setelah buang air kecil.

8. Varikokel

Varikokel adalah pembesaran vena di bawah kantong kulit yang membungkus testis. Bentuk varikokel seperti varises yang terjadi di tungkai bawah. Tak cuma bikin testis nyeri, varikokel dapat menurunkan kualitas dan mengurangi produksi sperma. Varikokel pun bisa memicu testis mengecil.

Umumnya, varikokel tidak menunjukkan gejala yang spesifik. Seorang pria biasanya akan mengeluhkan rasa tidak nyaman di sekitar buah zakar, disertai dengan rasa nyeri ringan yang dapat membaik dengan istirahat.

Terkadang penderita juga akan merasa seperti ada gumpalan cacing di sekitar buah zakar. Demikian dikatakan oleh dr. Devia.

Demikian beberapa kemungkinan penyebab nyeri pada testis. Jika Anda mengalami, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar bisa diketahui diagnosis dan langkah tepat penanganannya. Jika dibiarkan, fungsi testis bisa mengalami kerusakan dan kualitas sperma bisa terkena imbasnya.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar