Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Penyebab Telapak Kaki Sering Sakit dan Cara Mengatasinya

Penyebab Telapak Kaki Sering Sakit dan Cara Mengatasinya

Telapak kaki yang sering sakit pasti mengganggu aktivitas, sekalipun hanya berdiri atau berjalan. Ketahui penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Telapak kaki yang sakit akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika Anda gemar berjalan atau berlari. Ternyata, penyebab dari telapak kaki yang sakit beragam sehingga berbeda pula cara mengatasinya. 

Berikut berbagai penyebab dan cara mengatasi telapak kaki yang sakit:

1 dari 6 halaman

1. Plantar Fasciitis

Penyebab telapak kaki sakit yang pertama adalah plantar fasciitis. Kondisi ini terjadi saat ada peradangan pada plantar fascia atau ligamen penyambung dari tumit hingga jari kaki.

Plantar fasciitis menyebabkan nyeri seperti tertusuk yang biasanya terjadi saat Anda memijakkan kaki di pagi hari. Setelah Anda bangun dan bergerak, nyeri akan berkurang, tapi dapat kembali setelah berdiri dalam waktu yang lama atau ketika Anda berdiri setelah duduk.

Kondisi ini sering terjadi pada pelari, orang yang kelebihan berat badan, dan pengguna sepatu dengan dukungan yang kurang, misalnya high heels yang sempit.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan terapi fisik. Ahli terapi fisik dapat menunjukkan serangkaian latihan untuk meregangkan plantar fascia Anda.

Anda juga akan disarankan untuk menggunakan bidai yang dapat meregangkan betis dan lengkung kaki ketika tidur. Bidai ini akan menahan posisi plantar fascia dalam kondisi meregang di malam hari. Jangan lupa juga untuk mengistirahatkan kaki Anda.

Artikel Lainnya: Jangan Abaikan, Jenis Penyakit Kaki Ini dan Penanganannya

2. Tarsal Tunnel Syndrome

Tarsal tunnel syndrome dapat menjadi penyebab telapak kaki sakit. Tarsal tunnel sendiri merupakan celah yang terdapat pada area tumit yang menghubungkan antartulang, dan menjaga struktur di bawahnya.

Karena penyebab tertentu, saraf mengalami penekanan sehingga terjadilah gangguan. Kondisi ini serupa dengan carpal tunnel syndrome yang terjadi pada pergelangan tangan.

Gejala sindrom ini dapat berupa kesemutan, baal, rasa seperti terbakar, dan nyeri. Cara mengatasi telapak kaki sakit akibat tarsal tunnel syndrome dapat dilakukan dengan mengistirahatkan kaki, kompres dingin selama 20 menit, dan menggunakan obat antinyeri.

2 dari 6 halaman

3. Kapalan

Kondisi adanya lapisan tebal di permukaan kulit atau kapalan dapat menjadi penyebab telapak kaki sakit. Lapisan tebal tersebut terbentuk sebagai mekanisme perlindungan kulit akibat adanya gesekan atau tekanan.

Kapalan dapat terjadi karena pemakaian sepatu yang tidak pas, tidak menggunakan kaos kaki, kelainan anatomis pada tulang kaki, dan lain-lain.

Cara mengatasi telapak kaki sakit akibat kapalan bisa dilakukan dengan menipiskan permukaan kulit yang menebal. Namun, tindakan tersebut perlu dilakukan tenaga ahli. Selain itu, obat oles juga biasanya akan diresepkan oleh dokter.

Artikel Lainnya: 4 Bahaya Sering Pakai High Heels bagi Kesehatan

4. Telapak Kaki yang Datar (Flat Feet)

Telapak kaki datar atau flat feet adalah salah satu penyebab telapak kaki sakit. Ini adalah kondisi ketika tidak adanya celah antara kaki dengan lantai saat seseorang berdiri.

Telapak kaki memiliki lengkungan yang berfungsi sebagai pegas saat melangkah dan membantu mendistribusikan berat badan ke seluruh kaki dan tungkai. Pada kasus telapak kaki datar, distribusi berat badan tidak merata sehingga menyebabkan sepatu lebih cepat usang, bahkan cedera pun dapat terjadi.

Cara mengatasi telapak kaki sakit akibat flat feet adalah dengan latihan menggunakan bola golf. Berikut caranya: 

  • Persiapkan posisi duduk di kursi dengan kaki berada di atas lantai.
  • Taruh bola golf di bawah kaki.
  • Guling ke depan dan belakang di bawah lengkungan kaki selama dua menit untuk meregangkan kaki.
3 dari 6 halaman

5. Sprain Otot

Spain otot, atau yang lebih dikenal dengan istilah keseleo, merupakan kondisi peregangan yang berlebihan pada ligamen. Ligamen merupakan jaringan yang menghubungkan antara dua tulang.

Biasanya, seseorang bisa mengalami sprain otot setelah melakukan aktivitas fisik tertentu. Selain berdampak pada telapak kaki, sprain di daerah kaki juga bisa menyebabkan kaki bengkak dan kemerahan, serta gangguan dalam berjalan.

Artikel Lainnya: Nyeri Tumit, Sebaiknya Lakukan Ini

Cara mengatasi keseleo dapat dilakukan melalui tindakan yang dikenal dengan PRICE, yakni:

  • Melindungi otot keseleo (protection)
  • Mengistirahatkan kaki (rest)
  • Kompres dingin (ice)
  • Menekan otot yang keseleo (compression)
  • Meninggikan atau menaikkan kaki yang keseleo (elevation)

6. Bunion

Bunion adalah kondisi munculnya benjolan pada sendi di jempol kaki. Gejalanya berupa rasa nyeri disertai kulit yang memerah di atas tonjolan sendi kaki. Penyebab telapak kaki sakit ini kemungkinan diakibatkan oleh kebiasaan menggunakan sepatu yang terlalu sempit ataupun penyakit rheumatoid arthritis.

Pengobatan bunion dapat meliputi pemberian obat antinyeri, kompres dingin, dan penggunaan alat bantu medis seperti bantalan, balutan/plester, atau bidai.

4 dari 6 halaman

7. Rheumatoid Artritis

Rheumatoid artritis terjadi ketika terdapat peradangan kronis pada sendi. Penyebab telapak kaki sakit ini dapat berakibat pada kaki sakit, kaku, dan bengkak. Umumnya peradangan muncul secara perlahan, lalu setelah beberapa minggu atau bulan peradangan pada sendi semakin banyak.

Cara mengatasi telapak kaki sakit akibat rheumatoid artritis, yakni pemberian obat-obatan anti-inflamasi non-steroid (NSAID), steroid, dan sebagainya. Selain obat, penderita juga memerlukan rehabilitasi medik.

Bila gejala parah, penderita juga kemungkinan akan dianjurkan untuk tidur menggunakan penyangga kaki. Tindakan ini bertujuan untuk menjaga kaki tetap lurus dan tidak menekuk.

Artikel Lainnya: Persendian Sering Sakit, Sudah Pasti Asam Urat?

8. Gout Artritis

Penyebab telapak kaki sakit berikutnya adalah penumpukan kristal asam urat pada sendi yang mengalami peradangan. Kondisi ini dikenal dengan gout artritis.

Gejala gout artritis dapat berupa rasa panas dan bengkak pada sendi yang terkena. Sementara, cara mengatasi nyeri telapak kaki akibat kondisi ini adalah pemberian obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID).

5 dari 6 halaman

9. Memar Batu (Metatarsalgia)

Memar batu adalah kondisi nyeri tajam seolah-olah ada batu di sepatu Anda. Keluhan terjadi di antara jari-jari kaki dan lengkungan kaki sehingga membuat mati rasa.

Kondisi ini dapat muncul setelah latihan dengan high impact atau karena penggunaan sepatu dengan ukuran yang tidak sesuai.

Cara mengatasi telapak kaki sakit akibat memar batu adalah dengan mengistirahatkan kaki, mengompres kaki dengan es, dan menggunakan sepatu dengan ukuran yang lebih sesuai.

Demikianlah beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab telapak kaki terasa sakit. 

Setiap kondisi memiliki penyebabnya masing-masing dan harus diatasi sesuai dengan penyebabnya. Segera berkonsultasi kepada dokter, khususnya spesialis ortopedi untuk penanganan yang sesuai.

[WA]

1 Komentar

  • Put******ruro

    Kalo saya malah setelah melahirkan dengkul tangan kaki dan telapak kaki juga rasanya beda sering sakit Kira kira kenapa ya dok