HomeInfo SehatKesehatan UmumJangan Abaikan, Jenis Penyakit Kaki Ini dan Penanganannya
Kesehatan Umum

Jangan Abaikan, Jenis Penyakit Kaki Ini dan Penanganannya

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 10 Jan 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sakit kaki bisa disebabkan oleh sesuatu yang ringan hingga yang serius. Berikut ini sepuluh jenis penyakit pada kaki yang paling sering ditemui.

Jangan Abaikan, Jenis Penyakit Kaki Ini dan Penanganannya

Dalam beraktivitas sehari-hari, kaki menjadi salah satu bagian yang paling sering digunakan.

Misalnya untuk berjalan, berlari, atau melakukan gerakan seperti melompat atau memanjat. Jadi, wajar saja kalau kaki rentan mengalami berbagai jenis masalah.

Biasanya, keluhan pertama yang muncul adalah rasa sakit pada kaki, baik ringan maupun berat. Anda dapat merasakan nyeri tumpul hingga tajam seperti ditusuk-tusuk, tergantung penyebabnya.

Apa pun itu, rasa sakit yang timbul tidak boleh disepelekan karena bisa mengindikasikan sesuatu yang serius! Apa saja berbagai kemungkinan penyebab penyakit pada kaki?

Artikel Lainnya: Penyebab Telapak Kaki Sering Sakit dan Cara Mengatasinya

1. Kaki Atlet

Kaki dan jari kaki yang gatal, perih, dan terbakar mungkin merupakan tanda-tanda penyakit kaki atlet.

Kondisi menular ini muncul setelah Anda melakukan kontak dengan jamur, biasanya di lingkungan basah seperti ruang ganti, kamar mandi umum, dan kolam renang. Diagnosis pasti dari dokter dapat menentukan jenis terapi yang dibutuhkan.

2. Bunion

Benjolan yang berada di sisi jempol kaki Anda mungkin merupakan bunion. Kondisi penyakit ini membuat jempol kaki Anda menekuk ke arah jari-jari kaki lainnya.

Tentunya, ini dapat membuat Anda sakit saat berjalan. Peradangan dan iritasi juga dapat terjadi pada jempol kaki dan jempol kaki.

Bunion mungkin merupakan hasil dari struktur kaki yang Anda warisi atau ukuran dan bentuk sepatu yang tidak pas.

Modifikasi sepatu dengan ukuran yang pas dan pereda nyeri dapat merupakan solusi sederhana untuk membantu menyelesaikan masalah bunion.

3. Mata Ikan

Lingkaran bundar kulit menebal di jari kaki atau telapak kaki bisa jadi mata ikan atau dikenal dengan clavus.

Tubuh Anda membentuk mata ikan untuk mencegah kaki melepuh, dan biasanya tidak langsung terasa sakit.

Seiring waktu, mata ikan bisa menjadi iritasi dan harus diobati. Dalam kasus clavus yang besar, dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi untuk mengangkatnya.

4. Plantar Fasciitis

Penyakit di kaki selanjutnya adalah plantar fasciitis. Gangguan kesehatan ini bisa menyebabkan rasa sakit di bagian bawah tumit atau di bagian bawah kaki tengah Anda.

Hal ini terjadi ketika ligamen plantar fascia menjadi tegang. Rasa sakit dapat berkisar dari tumpul hingga tajam.

Jika keluhan nyeri cukup berat dan tidak membaik dengan pengobatan konservatif, dokter Anda dapat meredakan rasa sakit dengan suntikan kortikosteroid dan terapi fisik.

Artikel Lainnya: Lewat Kaki, Anda Bisa Mengetahui Masalah pada Tubuh

5. Neuropati Diabetik

Seiring berjalannya waktu, kadar gula darah yang tinggi bisa merusak saraf, utamanya yang ada di kaki. Neuropati diabetes ditandai dengan kesemutan, mati rasa, serta nyeri di kaki.

Hal tersebut dapat berisiko untuk menyebabkan luka atau cedera yang lebih besar pada kaki akibat berkurangnya sensitivitas.

Menjaga kesehatan yang baik sekaligus rutin mengontrol kadar gula darah bisa membantu Anda mengobati penyakit kaki tersebut.

6. Claw Foot

Claw foot, atau dikenal sebagai kaki cakar, terjadi ketika sendi jari kaki pertama Anda mengarah ke atas dan sendi kedua mengarah ke bawah.

Kondisi ini memerlukan pemeriksaan secara mendetail untuk mencari apa faktor yang menyebabkannya.

Penting bagi dokter untuk mendiagnosis dan mengobati kondisi tersebut. Perawatan termasuk sepatu yang tepat, latihan jari kaki, obat-obatan, dan operasi.

7. Hammertoe 

Hammertoe atau kaki berjari palu adalah gangguan jari kaki melengkung yang mengarah ke bawah dan bukan lurus ke depan.

Seperti banyak kondisi kaki lainnya, hammertoe dapat disebabkan oleh faktor genetik, alas kaki yang tidak pas, dan arthritis.

Kondisi ini dapat memberikan rasa sakit saat berjalan. Memakai sepatu dengan ukuran pas dan menggunakan bantalan dapat membantu gejala Anda. Selain itu, penanganan penyebab dari gangguan ini juga diperlukan.

8. Gout

Gout adalah kondisi yang sering menyerang kaki, terutama jempol. Alasannya, pengendapan kristal asam urat pada beberapa bagian tubuh Anda. Daerah yang terkena mungkin terasa sangat menyakitkan.

Pemberian obat anti radang, dan obat asam urat diperlukan untuk mengontrol penyakit ini. Jangan lupakan perubahan pola hidup untuk menjaga kadar asam urat darah tetap terkontrol.

Artikel Lainnya: Inilah Penyebab Nyeri Tumit yang Anda Harus Tahu

9. Ingrowing Toe Nail

Ingrowing toe nail adalah tumbuhnya kuku kaki ke dalam dan menyebabkan ketidaknyamanan. Jika tidak diobati dengan tepat, infeksi bisa saja terjadi.

Penyakit kaki ini terjadi ketika kuku kaki mulai tumbuh ke dalam alur kuku, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Penanganannya adalah dengan memakai sepatu yang pas dan ujungnya tidak ujung yang runcing.

Apabila kuku kaki terkena infeksi atau perawatan rumahan tak memperbaiki kondisi, Anda harus menemui dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

10. Gangguan Otot

Pernah mengalami nyeri kaki setelah berolahraga? Bisa jadi itu salah satu dari gangguan muscle sprain.

Penyakit di kaki ini terjadi akibat robekan serat otot. Umumnya terjadi pada otot-otot besar, seperti otot paha depan dan belakang (hamstring dan quadriceps), serta otot betis.

Penanganan suportif berupa pemberian obat pereda peradangan, mengistirahatkan otot yang terlibat dapat membantu penyembuhan. 

Sejumlah kondisi, baik ringan maupun berat, dapat menimbulkan sakit di kaki. Yang penting, jangan pernah abaikan rasa nyeri akibat penyakit pada kaki Anda.

Segera konsultasikan ke dokter, khususnya bila rasa sakit memberat atau menetap. Semakin penyakit kaki cepat diketahui dan diobati, maka rasa sakit yang parah bisa dicegah.

Dapatkan informasi lainnya tentang kesehatan kaki dengan mengunduh Klikdokter di ponsel pintar Anda.

(HNS/AYU)

Kaki