Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tidur Siang Singkat, Efektifkah Meningkatkan Produktivitas di Kantor?

Tidur Siang Singkat, Efektifkah Meningkatkan Produktivitas di Kantor?

Tidur siang singkat saat jam kerja konon bisa meningkatkan produktivitas di kantor. Begini penjelasan medisnya.

Klikdokter.com, Jakarta Tidur siang adalah cara paling tepat untuk mengatasi rasa kantuk saat sedang di kantor. Tidur siang yang dimaksud adalah power nap. Jika dilakukan dengan benar, tidur siang tersebut bisa efektif meningkatkan produktivitas di kantor dibanding minum bergelas-gelas kopi.

Power nap adalah tidur singkat yang hanya berdurasi selama 20-30 menit. Aktivitas ini biasanya dilakukan saat istirahat makan siang atau di kala senggang di tengah pekerjaan.

Terkait tidur siang singkat, dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter mengatakan bahwa aktivitas tersebut mampu mendatangkan banyak manfaat apabila dilakukan dengan cara yang tepat.

Power nap dapat meningkatkan daya ingat, mendongkrak performa kerja, dan memperbaiki suasana hati saat sedang berada di kantor,” katanya.

Dokter Karin melanjutkan, kondisi otak pekerja cenderung kekurangan oksigen pada siang hari, sehingga tingkat fokus dan konsentrasi akan menurun.

“Nah, dengan tidur siang, oksigen dalam otak akan kembali terisi. Pada akhirnya, otak bisa kembali fokus,” lengkapnya.

Dikatakan dr. Karin, terdapat sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa tidur siang memiliki peran yang penting untuk daya ingat. Selain itu, tidur siang juga diketahui bisa mengembalikan keterampilan motorik, persepsi, dan mengingat secara verbal.

“Tidur siang singkat atau power nap bisa membuat otak menghubungkan dan menyimpan berbagai informasi yang dikumpulkan sebelumnya,” tutur dr. Karin.

Manfaat lainnya tidur siang singkat

Dari penuturan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa tidur siang singkat alias power nap memang mampu mengembalikan fokus dan meningkatkan performa kerja saat di kantor. Lantas, apakah manfaatnya hanya sebatas ini saja?

Tentu saja tidak. Tidur siang singkat juga bisa mendatangkan manfaat berikut ini:

1. Meningkatkan kewaspadaan

Daripada minum kopi, tidur siang singkat atau power nap merupakan cara yang lebih ampuh dan sehat untuk mengatasi rasa kantuk saat di kantor. Usai bangun dari power nap, Anda bisa merasakan kewaspadaan kembali meningkat. Bahkan, tidur siang singkat juga dapat menghilangkan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Tidur siang singkat bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik, salah satunya meningkatkan kesehatan jantung.

“Ada penelitian yang mengatakan bahwa tidur siang bisa mencegah tekanan darah turun drastis, yang nantinya berhubungan langsung pada kesehatan jantung,” ujar dr. Karin.

3. Punya ide lebih cemerlang

“Orang-orang yang rutin tidur siang, baik itu lama atau singkat seperti power nap, memang bisa lebih kreatif dalam menyalurkan ide-ide baru. Itu karena siklus tidur REM (rapid eye movement) dapat membantu aktivasi bagian otak yang berhubungan dengan imajinasi dan mimpi,” ungkap dr. Karin.

Fase REM memang umumnya baru dimulai sekitar menit ke-70 saat tidur. Kendati begitu, tidur siang singkat juga bisa membuat pikiran menjadi lebih relaks, sehingga Anda akan lebih mudah untuk mengolah pikiran dan menciptakan ide-ide baru.

1 dari 2 halaman

Bisa juga mengombinasikan tidur siang dengan kafein

Pernah dengan coffee nap? Istilah tersebut merujuk pada mengonsumsi kafein lalu tidur siang. Pasalnya, efek kafein baru dapat dirasakan 20-30 menit setelah diminum. Karena itu, tidur pada waktu menunggu tersebut sangatlah mungkin.

Coffee nap tidak mengada-ngada, lo, karena didukung oleh beberapa penelitian. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal “Psychophysiology” tahun 1997, menemukan fakta bahwa orang dewasa yang mengantuk, yang mengombinasikan 200 mg kafein (dua kali lipat dari 8 ons kopi seduh) lalu dilanjutkan dengan tidur siang, performanya lebih baik saat melakukan tes mengemudi dibandingkan mereka yang hanya minum kopi atau plasebo.

Ada lagi penelitian yang dipublikasikan di jurnal “Clinical Neurophysiology” tahun 2003, yang mengelompokkan 10 orang dewasa (18-35 tahun) ke dalam lima grup. Setiap grup diberi intervensi berbeda ketika mereka tengah bekerja dengan komputernya.

Satu grup tidur siang selama 20 menit, grup lainnya mengonsumsi 200 mg kafein lalu tidur siang, ada yang tidur siang lalu membasuh wajah, lalu ada pula yang ketika bangun dari tidur siang langsung berhadapan dengan sinar yang menyilaukan, dan grup terakhir mereka hanya beristirahat.

Hasilnya, yang paling efektif untuk membangkitkan energi adalah grup yang mengombinasikan kafein dan tidur siang.

Jadi, mengonsumsi secangkir kopi dan setelah itu langsung tidur siang paling tidak 20 menit, dapat membuat efek dari kafein akan langsung muncul setelah terbangun. Anda pun akan merasa segar selama berjam-jam.

Lain kali jika Anda mengantuk di kantor, cobalah untuk tidur siang sejenak yang diketahui efektif untuk meningkatkan produktivitas atau mengombinasikannya dengan kafein seperti pada konsep coffee nap. Jika mungkin, cari tempat yang kondusif, misalnya dengan cahaya yang minim dan tidak bising agar tertidur lebih cepat. Hindari tidur lebih dari 1 jam, karena itu malah bisa bikin bingung dan grogi saat terbangun, serta berpotensi mengganggu jam tidur malam.

(NB/RN)

0 Komentar

Belum ada komentar