Sukses

Stoking untuk Varises, Efektifkah Pemakaiannya?

Varises bisa mengganggu penampilan. Apakah penggunaan stoking untuk varises bisa efektif mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Varises adalah tonjolan pembuluh darah yang tampak berkelok-kelok yang menghiasi permukaan kaki. Ini terjadi akibat kelainan fungsi pada katup satu arah yang ada pada pembuluh darah vena. Bisa mengganggu penampilan, apakah pemakaian stoking efektif untuk mengatasinya?

Stoking untuk varises bukan stoking yang biasa dipakai untuk menunjang penampilan, melainkan stoking kompresi yang dirancang khusus untuk memberikan tekanan pada kaki. Tujuannya adalah untuk menciptakan sirkulasi darah yang lancar di area kaki. Terdengar menjanjikan, ya, namun secara medis efektifkah penggunaan stoking varises ini?

Efektivitas stoking untuk mengatasi varises

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, penggunaan stoking kompresi memang bisa mencegah penyebaran varises semakin melebar, tetapi tidak dapat menyembuhkannya.

“Stoking kompresi biasanya akan lebih ketat pada kaki, dan akan semakin longgar ketika sampai di betis. Tekanan yang diberikan oleh stoking bisa membantu pembuluh darah memompa lebih banyak darah, sehingga ada aliran darah ke jantung dan hanya sedikit yang tersumbat pada kaki,” kata dr. Dyah memberi penjelasan.

Meski demikian, dr. Dyah melanjutkan bahwa bukan berarti stoking tersebut bisa menyembuhkan varises secara keseluruhan.

“Fungsinya hanya untuk mengurangi pembengkakan dan mencegah varises jadi menyebar,” tegasnya.

Stoking untuk varises umumnya dipakai jika dianjurkan oleh dokter, terutama jika ada permasalahan terkait gangguan pada sirkulasi darah di kaki.

Cara lain untuk membantu mengatasi varises

Juga dari KlikDokter, dr. Devia Irine Putri ikut menambahkan bahwa selain dengan penggunaan stoking, ada juga beberapa cara lain yang bisa dicoba untuk membantu mengatasi varises, yaitu:

1. Olahraga rutin

Selain tubuh jadi lebih sehat dan bugar, olahraga secara teratur juga bisa memperlancar peredarah darah dalam tubuh, termasuk di kaki. Ketika peredaran darah dalam tubuh lancar, maka pembuluh darah yang tersumbat di kaki pun akan hilang.

Olahraga yang disarankan untuk mencegah dan meredakan keluhan varises adalah berenang atau gerakan senam yang fokus pada kaki, terutama bagian betis.

2. Batasi atau hindari memakai sepatu hak tinggi

Pada beberapa orang, memakai sepatu hak tinggi adalah salah satu tuntutan pekerjaan yang sulit dihindari. Untuk menyiasatinya, selalu bawa atau siap sedia sandal atau sepatu flat yang nyaman, dan secara berkala istirahatkan kaki memakai sepatu high heels.

3. Jangan duduk menyilangkan kaki

Secara tak sadar mungkin Anda sering duduk bersila dengan kaki. Posisi duduk seperti itu dapat menghambat aliran darah balik ke jantung. Usahakan untuk bergerak setiap 45 menit untuk membantu melancarkan aliran pembuluh darah.

4. Makan makanan yang berserat dan mengandung antioksidan

Langkah pencegahan juga bisa dilakukan dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan antioksidan. Keduanya baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, yang pada akhirnya bisa mengurangi risiko varises.

Makanan yang bisa dikonsumsi antara lain kacang-kacangan, sayuran, alpukat, blueberry, dan pisang. Konsumsi juga makanan yang mengandung vitamin C (stroberi, nanas, brokoli, mangga), vitamin E (hazelnut, alpukat, bayam, minyak biji gandum), dan flavonoid (buah berry, buah pohon, kacang-kacangan).

5. Tindakan medis

Apabila cara-cara di atas tak mampu mengatasi varises, tindakan medis bisa dijadikan opsi. Beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan oleh dokter adalah skleroterapi, ablasi frekuensi radio, dan pembedahan.

Skleroterapi merupakan tindakan dengan melakukan penyuntikan di daerah vena yang terkena varises. Tujuannya adalah untuk membuat luka sehingga menutup saluran darah.

Ablasi frekuensi radio adalah tindakan yang menggunakan energi frekuensi radio, dengan tujuan untuk membakar dinding pembuluh darah.

Pembedahan akan dilakukan jika varises sudah terlalu parah dan tidak kunjung sembuh, yang penyebarannya sudah meluas sampai hampir semua bagian kaki.

Kesimpulannya, stoking bisa efektif untuk mengatasi keluhan varises, tetapi tidak menyembuhkannya. Selain cara tersebut, optimalkan dengan olahraga rutin, konsumsi makanan bergizi seimbang, kurangi frekuensi pemakaian sepatu hak tinggi, dan hindari duduk menyilangkan kaki. Jika varises sudah tergolong parah, sebaiknya konsultasi dokter karena mungkin yang dibutuhkan adalah tindakan medis.

(RN)

0 Komentar

Belum ada komentar