HomeInfo SehatKulitCara Atasi Spider Vein, Pembuluh Darah Pecah di Wajah
Kulit

Cara Atasi Spider Vein, Pembuluh Darah Pecah di Wajah

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 12 Agu 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pembuluh darah pecah di wajah dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Bagaimana cara menghilangkan spider vein di wajah? Ketahui di sini.

Cara Atasi Spider Vein, Pembuluh Darah Pecah di Wajah

Spider vein adalah kondisi pembuluh darah pecah yang terdapat pada wajah. Bentuknya mirip sarang laba-laba, karena itulah dinamakan spider vein

Tampilan spider vein juga mirip varises di kaki, tapi polanya lebih kecil dan dekat permukaan kulit. Keluhan tersebut bisa muncul di mana saja, namun paling sering terjadi di area wajah atau kaki. 

Meskipun tidak berbahaya, spider vein tentunya akan mengganggu penampilan. Tenang, kondisi ini bisa diatasi berdasarkan penyebabnya. Baca terus ulasan berikut untuk mengetahui cara menghilangkan spider vein di wajah.

Penyebab Spider Vein di Wajah

Kerusakan pembuluh darah terjadi ketika ada proses pelebaran atau pembesaran tepat di bawah permukaan kulit. Hal ini menghasilkan garis merah kecil yang menyebar berbentuk jaring.

Pecahnya pembuluh darah bisa terjadi pada siapa saja pada usia berapa pun, termasuk anak-anak. Faktor risikonya tergantung penyebab tertentu. 

Artikel lainnya: Titik-Titik Akupunktur yang Aman di Wajah

Spider veins dan varises pun bukanlah masalah kulit, melainkan masalah pembuluh darah dan gangguan vena. 

Selain kerusakan atau pembengkakan pembuluh darah, berikut ini beberapa faktor lainnya yang juga bisa menyebabkan spider veins:

  1. Paparan Sinar Matahari

Dampak dari sinar matahari bisa memperbesar pembuluh darah dan membuatnya lebih dekat dengan kulit.

  1. Keturunan 

Untuk alasan yang tidak diketahui, spider veins cenderung terjadi turun-temurun dalam garis keluarga. Faktor risiko individu juga akan meningkat seiring bertambahnya usia.

  1. Cuaca

Cuaca yang berubah drastis bisa memengaruhi sirkulasi di dalam tubuh dan membuat kulit wajah kemerahan. Pembuluh darah dapat pecah dan menyebabkan spider vein.

  1. Kehamilan

Perubahan hormonal semasa hamil bisa memicu pembuluh darah pecah. Namun, spider vein yang berkaitan dengan kehamilan biasanya menghilang usai melahirkan.

  1. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Alkohol bisa membuat pembuluh darah melebar sementara. Sering mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan pembuluh darah rusak dan kemerahan di wajah.

  1. Rosacea

Rosacea adalah kondisi yang umumnya menyebabkan kulit kemerahan. Salah satu jenisnya yang disebut erythematotelangiectatic rosacea biasanya menjadi penyebab spider veins pada wajah.

Artikel lainnya: Penyebab Urat Menonjol dan Tampak di Kulit

Cara Mengatasi Spider Vein di Wajah

Spider vein bukanlah suatu gangguan berbahaya atau mematikan. Gejala pada pembuluh darah ini bisa permanen, ataupun kemungkinan hilang sendiri dalam jangka waktu beberapa bulan. 

Untuk membantu mempercepat penanganannya, ini cara menghilangkan urat merah di wajah:

  1. Krim Retinoid

Penggunaan krim retinoid secara rutin bisa menghilangkan tampilan spider vein di wajah. Cukup oleskan krim retinoid setiap habis mandi atau sebelum tidur setiap hari.

  1. Terapi Laser

Cara menghilangkan spider vein di wajah yang juga tergolong efektif adalah terapi laser. Sinar laser nantinya bisa menghancurkan pembuluh darah yang bermasalah. 

Hanya saja, terapi laser tergolong mahal dan efek sampingnya bisa membuat kulit cenderung sensitif.

  1. Sclerotherapy

Sclerotherapy adalah prosedur penyuntikan agen/zat untuk menghilangkan varises (dalam kondisi ini spider vein) dengan cepat. 

Tidak perlu waktu lama untuk menghilangkan spider vein dengan sclerotherapy. Sayangnya, bekas suntikan akan terasa nyeri dalam beberapa waktu.

  1. Cuci Muka dengan Air Suam-Suam Kuku

Bila kamu terbiasa mencuci muka dengan air dingin atau panas, sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Ganti air dingin atau panas dengan air suam-suam kuku. 

Mencuci muka dengan suhu air yang tepat dinilai bisa mengurangi spider vein pada wajah. Namun, cara mengatasi spider vein ini mungkin tidak sampai menghilangkannya secara total. 

Tips itu hanya memudarkan saja, itu pun sangat lama prosesnya. Kalau mau cara yang terbukti efektif, memang lebih baik melalui proses medis seperti pakai krim retinoid, suntik, dan laser.

  1. Pakai Pelembap

Kamu juga bisa menggunakan pelembap wajah berbahan dasar vitamin C dan lidah buaya untuk spider vein. Pelembap ini bisa membantu mencerahkan wajah dan nantinya memudarkan spider vein

Manfaat aloe vera baik untuk melindungi luka saat proses penyembuhan. Lidah buaya memiliki sifat mendinginkan, hingga dapat menenangkan kulit. Namun, lidah buaya hanya bisa memudarkan tampilan spider vein, bukan menghilangkan.

Kalau kamu memiliki spider vein di wajah, cara-cara di atas mungkin dapat membantu. Bila masih belum membuahkan hasil, konsultasi dengan dokter di aplikasi KlikDokter yang lebih cepat.

(FR/JKT)

Referensi:

American Academy of Dermatology Association. Diakses 2022. Rosacea Resource Center.

American Society of Dermatology Surgery. Diakses 2022. Spider Veins.

Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology. Diakses 2022. Laser treatment of cutaneous vascular lesions: face and leg telangiectases.

Perawatan WajahSpider Veinspembuluh darah pecah

Konsultasi Dokter Terkait