Sukses

10 Manfaat Punya Tanaman di Dalam Rumah

Beberapa manfaat ini dijamin akan membuat Anda ingin punya banyak tanaman di dalam rumah!

Klikdokter.com, Jakarta Kini semakin banyak yang sadar akan pentingnya kehadiran tanaman. Tak hanya di kebun atau pekarangan, tetapi juga di dalam rumah. Selain menambah keasrian, banyak pula manfaat lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Dulu mungkin mencari tanaman harus per toko atau sentra tanaman, tetapi sekarang sudah toko tanaman pun ikut jualan online. Tinggal lihat tanaman, membaca deskripsinya, lalu klik beli. Dalam beberapa hari, tanaman yang Anda pesan pun sampai di rumah. Mudah, ya?

Beragam manfaat punya tanaman di dalam rumah

Cobalah saat Anda menghabiskan waktu untuk melihat-lihat atau belanja di online shop, sempatkan cek online shop yang menyediakan tanaman dalam ruangan. Pasalnya, menghiasi dalam rumah dengan tanaman bisa membawa banyak manfaat. Apa saja?

  1. Pereda alergi

Para peneliti menemukan, ruangan dengan tanaman memiliki lebih sedikit debu dan jamur daripada kamar tanpa dedaunan.

Daun dan bagian tanaman lainnya bertindak sebagai filter alami untuk menangkap alergen dan partikel udara lainnya. Tanaman seperti Chinese evergreen, peace lily, violet, atau tanaman indoor lainnya dengan daun bertekstur.

  1. Pembersih udara

Tanaman di dalam ruangan bisa meningkatkan kualitas udara di sekitarnya.

“Ingat, berada di dalam ruangan bukan berarti Anda terbebas dari polusi. Faktanya, di dalam ruangan ada polutan seperti radon, fomaldehida, benzena, dan asbestos,” terang dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

Nah, tanaman yang diletakkan di dalam ruangan bisa membersihkan udara dari polutan tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh NASA Clear Air Study menunjukkan, banyak tanaman yang terbukti mampu mengurangi sebagian besar polutan secara signifikan. Contohnya adalah: lidah mertua (sanseviera), lili paris (Spider plant), dan lidah buaya.

  1. Meningkatkan suasana hati

Aneka tanaman di dalam ruah bukan cuma bikin ruangan sedap dipandang, tetapi bisa memperbaiki suasana hati.

Karyawan yang bekerja di lingkungan kantor yang dihiasi tanaman, cenderung merasa lebih baik tentang pekerjaan, mengurangi rasa khawatir, serta izin sakit lebih jarang.

Untuk tujuan tersebut tanaman berbunga dikatakan lebih efektif, misalnya tanaman lipstik merah (Aeschynanthus radicans) atau karangan bunga.

  1. Pelembap ruangan

Bukan cuma kulit yang butuh pelembap, tetapi juga ruangan dalam rumah. Pendingin udara dapat menyerap kelembapan di dalam ruangan, sehingga risiko Anda mengalami pilek atau flu meningkat, atau kulit jadi gatal.

Tanaman dalam ruangan bisa menambah kelembapan di udara. Ada satu studi menemukan bahwa beberapa tanaman lili paris di dalam rumah mampu meningkatkan kelembapan relatif di kamar tidur dari 20-30 persen.

  1. Penghilang stres

Khususnya para pekerja, stres umumnya dirasakan setiap hari. Kata dr. Sepriani, stres yang berlangsung terus-menerus bisa bikin daya tahan tubuh menurun, sehingga Anda mudah digerogoti penyakit. 

Merawat tanaman dalam ruangan dapat mengurangi rasa stres tersebut. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dimuat dalam “Journal of Physiological Anthropology”.

“Menurut penelitian tersebut, mereka yang berinteraksi dengan tanaman merasa lebih nyaman dan santai dibandingkan mereka yang terus menerus berhadapan dengan komputer. Tidak hanya stres, memelihara tanaman juga dapat membantu para penderita depresi dan trauma pasca bencana untuk pulih dari gejalanya,” kata dr. Sepriani menjelaskan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Pertolongan pertama

Lidah buaya merupakah tanaman obat rumahan yang cukup populer. Gel lidah buaya diketahui bisa mengobati kulit yang tersengat matahari dan luka bakar ringan lainnya.

Lidah buaya juga dapat meredakan kondisi psoriasis dan kondisi kulit lainnya. Jusnya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami jika Anda mengalami sembelit.

  1. Bikin tidur nyenyak

Tumbuhan menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen. Begitulah cara mereka mengubah sinar matahari menjadi makanan, suatu proses yang disebut fotosintesis. 

Beberapa jenis tanaman, seperti keluarga aster, terus mengeluarkan oksigen bahkan setelah matahari terbenam. Letakkan beberapa pot tanaman aster di kamar untuk stok oksigen ekstra, sehingga tidur Anda jadi lebih pulas.

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Dokter Sepriani juga menyebut, ada penelitian di Inggris yang membuktikan bahwa tanaman di dalam ruangan akan meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus dan berkonsentrasi saat bekerja. Kemampuan memori juga menguat jika dalam rumah dihiasi tanaman.

  1. Mempercepat pemulihan saat sakit

“Anda yang sering mengalami sakit kepala, kecemasan, atau nyeri akibat luka tertentu, memelihara tanaman dapat mempercepat proses penyembuhannya,” sebut dr. Sepriani.

  1. Kesehatan mental dan emosional yang lebih baik

Beberapa terapis menggunakan terapi berkebun untuk membantu mengobati depresi, skizofrenia, dan kondisi kejiwaan lainnya. 

Belajar memelihara tanaman hidup dapat membantu menurunkan kecemasan, meningkatkan perhatian, dan mengurangi keparahan depresi. 

Tanaman juga dapat membantu pulih dari trauma, serta pada orang-orang dengan demensia atau yang tinggal di fasilitas perawatan jangka panjang.

Sepuluh manfaat punya tanaman di rumah yang dijelaskan di atas semoga lebih dari cukup untuk Anda merencanakan belanja tanaman akhir pekan ini. Cari tahu informasi sebanyak-banyak mengenai tanaman dalam ruangan dan jangan sampai salah pilih, ya!

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar