Sukses

Rutin Bangun Pagi? Mungkin Anda Termasuk Kaum Advanced Sleeper

Apakah Anda termasuk orang yang rutin bangun pagi? Yuk, simak informasi mengenai advanced sleeper di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Berdasarkan penelitian, lebih awal untuk tidur dan lebih awal bangun pagi ternyata cukup banyak dilakukan oleh orang. Tidur pada pukul 8 malam dan terbangun pada pukul 4 pagi biasa disebut dengan advanced sleep.

Meskipun jarang terjadi, penelitian yang ada menyimpulkan bahwa hal ini dilakukan oleh 1 dari 300 orang dewasa.

Penelitian membuktikan

Berdasarkan penelitian mencoba mencari berapa banyak orang yang tergolong sebagai advanced sleeper. Data yang diperoleh dari sekitar 2.400 pasien yang berobat ke sebuah klinik gangguan tidur dianalisis lebih lanjut.

Sekitar 0,03 persen pasien ternyata dikategorikan sebagai advanced sleeper. Akan tetapi, data tersebut tidak dapat mewakili populasi yang sesungguhnya karena tidak meliputi pasien yang tidak ikut serta dalam penelitian ini atau advanced sleeper yang tidak pergi ke klinik gangguan tidur.

Peneliti juga mengatakan bahwa semua advanced sleeper dalam penelitian ini melaporkan bahwa mereka setidaknya mempunyai satu saudara dekat yang mempunyai jadwal bangun tidur dini hari, yang menunjukkan kemungkinan adanya pengaruh genetik pada advanced sleep ini.

Fase advanced sleep yang perlu Anda tahu

Pada fase advanced sleep, waktu tubuh Anda (irama sirkadian) terjadwal maju beberapa jam dibandingkan kebanyakan orang lain. Melatonin sebagai hormon tidur dilepaskan lebih awal di tubuh Anda, sehingga menyebabkan perubahan suhu tubuh.

Advanced sleeper juga lebih mudah terbangun dibandingkan kebanyakan orang lain dan akan lebih mudah tertidur, dengan rata-rata waktu tertidur 5 hingga 10 menit pada hari libur, dibandingkan dengan 30 hingga 38 menit pada kebanyakan orang.

Advanced sleep tidak sama dengan terbangun pada pagi hari yang biasa berkembang pada proses penuaan normal atau terbangun di pagi hari yang dihubungkan dengan depresi.`

Ketika orang lain berusaha bangun pada pukul 4 atau 5 pagi, advanced sleeper akan terbangun secara natural pada waktu tersebut, terasa telah beristirahat, dan siap untuk memulai harinya.

Advanced slepeer akan lebih dapat bekerja pada pagi dan siang hari, dan mungkin akan merasa kesulitan untuk tetap terjaga hingga malam, seperti untuk kegiatan sosial.

Hal ini membuat mereka mempunyai kualitas tidur yang baik, namun dapat mengganggu kehidupan sosial dan hubungan mereka. Selain itu, hal ini juga dapat berbahaya bagi individu yang menyetir pada sore hingga malam hari karena rentan mengantuk. Beberapa sifat dari advanced sleeper adalah

  • Mampu untuk tidur sebelum pukul 20.30 WIB dan bangun sebelum pukul 05:30 WIB terlepas dari kewajiban atau pekerjaan.
  • Tidak menggunakan obat-obatan untuk dapat tidur maupun bangun di pagi hari
  • Tidur hanya sekali sehari tanpa tidur siang
  • Pola ini menetap setelah usia 30 tahun

Advanced sleep bukanlah suatu kelainan pola tidur. Orang-orang yang tergolong sebagai advanced sleeper merupakan mereka yang secara alami dapat tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi tanpa bantuan obat tidur atau pengaruh dari kewajiban atau pekerjaan mereka.

Bagi Anda para advanced sleeper, cobalah untuk melakukan aktivitas secara konsisten sesuai dengan irama sirkadian tubuh, misalnya dengan bekerja di luar jadwal tidur, sehingga Anda pun bisa bangun pagi dengan kondisi bugar.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar