Sukses

5 Gerakan Yoga yang Efektif Membakar Kalori

Ingin membakar kalori sambil relaksasi? Lakukan beragam gerakan yoga ini dengan benar, secara rutin dan teratur.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu jenis olahraga yang terbukti ampuh untuk membakar kalori adalah yoga. Jenis olahraga ini sering dipilih, karena menawarkan manfaat untuk kesehatan tubuh bagian luar maupun dalam. Kendati demikian, yoga merupakan olahraga yang tergolong sulit dan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Yoga dikatakan sulit karena gerakan yang dilakukan melibatkan kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, dan daya tahan. Namun, karena melibatkan semua aspek tersebut, yoga dapat dengan efektif bakar kalori.

Faktanya yoga dapat membakar 180–600 kalori per jam. Sedikit banyaknya kalori yang dihabiskan bergantung pada jenis gerakan yoga yang dilakukan. 

Gerakan yoga untuk bakar kalori

Beberapa jenis gerakan yoga yang terbukti dapat membakar banyak kalori dengan efektif, di antaranya:

  1. Wheel

Wheel adalah gerakan yoga yang banyak membakar kalori karena melibatkan kontraksi otot kaki, bokong, pundak, dan tangan. Gerakan ini cukup sulit dilakukan, sehingga membutuhkan latihan dan pemanasan yang memadai. 

Seperti namanya, gerakan wheel menuntut pelakunya untuk melengkungkan tubuh seperti roda dengan posisi tubuh menghadap atas. Gerakan ini seperti kayang, yaitu dimulai dari posisi berbaring dengan tubuh menghadap ke atas, kemudian kaki dan tangan diposisikan menapak ke lantai dan tubuh diangkat. Karena gerakan ini cukup sulit, banyak yang menggunakan alat bantu seperti balon yoga pada bagian punggung untuk menopang tubuh. 

  1. High lunge

Ini merupakan salah satu gerakan yang cukup sering dilakukan oleh orang-orang yang gemar melakukan latihan yoga. Gerakan ini dapat membakar kalori dalam jumlah banyak karena melibatkan otot-otot besar, seperti bokong dan paha. 

Gerakan ini dilakukan dengan diawali posisi berdiri. Lalu, langkahkan salah satu kaki jauh ke depan dan tekuk lutut kaki yang berada di depan. Biarkan kaki bagian belakang dalam posisi lurus. Posisikan tubuh tegak dan angkat kedua tangan ke atas. Pertahankan gerakan ini dalam beberapa waktu untuk mengoptimalkan pembakaran kalori.

  1. Chair

Gerakan ini mengandalkan kekuatan otot-otot besar pada bokong, sehingga mampu membakar sejumlah kalori dengan efketif. Gerakan ini dimulai dari posisi berdiri, kemudian tekuk kedua lutut dan gerakkan pinggul ke belakang agar paha sejajar dengan lantai. Gunakan telapak kaki untuk menjaga keseimbangan, kemudian angkat tangan ke atas dan pertahankan gerakan ini selama beberapa saat.

  1. Plank

Plank adalah gerakan yoga yang membakar kalori dalam jumlah banyak karena membutuhkan otot-otot besar yang meliputi perut, bahu, dan bokong. Semakin lama membentuk pose ini, jumlah kalori yang terbakar akan semakin besar. 

Plank dilakukan dengan cara membentuk gerakan seperti push up. Saat posisi tubuh sudah sedikit terangkat, pertahankan posisi dan sejajarkan posisi bokong dengan perut Anda. Tahan sekuat yang Anda mampu.

Ada juga gerakan modifikasi yang disebut dengan dolphin plank. Sama seperti plank biasa, namun pijakan tangan tidak pada telapak tangan melainkan pada siku dengan kedua tangan ditekuk. 

  1. Chaturanga

Ini termasuk gerakan klasik yang juga melibatkan banyak otot di tubuh. Pada dasarnya, gerakan chaturanga mirip seperti push up

Untuk melakukannya, awali dengan gerakan plank dan kemudian tekuk siku hingga hingga gerakan push up sebelum menyentuh lantai. Pertahankan gerakan ini dalam beberapa waktu untuk membakar kalori Anda. 

Gerakan yoga mana yang jadi favorit Anda untuk membakar kalori? Lakukan gerakan tersebut secara rutin, teratur, dan sesuai dengan kemampuan tubuh. Jangan lupa lakukan pemanasan dan pendinginan, agar risiko terjadinya cedera bisa diminimalkan. 

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar