Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Pelumas Alami yang Aman untuk Berhubungan Seksual

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa dijadikan sebagai pelumas untuk berhubungan seksual. Apa saja bahan yang termasuk pelumas seksual alami? Yuk, cari tahu!

Pelumas atau lubricant sering digunakan dalam berhubungan seksual untuk membantu proses penetrasi. Cairan tersebut cukup efektif mengurangi rasa tidak nyaman, khususnya pada pasangan yang tidak memiliki pelumas alami, seperti akibat vagina kering.

Saat ini, berbagai jenis produk pelumas untuk berhubungan seksual dapat dengan mudah didapatkan di apotek maupun minimarket. Produk ini pun tersedia dalam berbagai jenis, merek, hingga bahan dasar.

Selain produk konvensional, tak sedikit pula orang-orang yang menggunakan pelumas seksual alami. Pelumas jenis ini biasanya ‘dibuat’ dari bahan-bahan yang tersedia di lingkungan rumah.

Artikel lainnya: Jenis-jenis Pelumas yang Aman untuk Berhubungan Seks

Lantas, apa saja yang termasuk sebagai pelumas seksual alami? Berikut ini beberapa contoh pelumas alami yang aman:

1 dari 5 halaman

1. Aloe Vera

Selain dapat digunakan sebagai bahan perawatan kulit, aloe vera juga dapat dimanfaatkan sebagai pelumas seksual alami. Tumbuhan yang lebih dikenal dengan nama lidah buaya ini bersifat lembut dan netral.

Jika Anda ingin mencobanya, pastikan gel lidah buaya yang digunakan bersifat 100 persen murni tanpa tambahan apa pun.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai pelumas seksual alami. Minyak nabati tersebut baik untuk menstimulasi klitoris dan pijat vulva.

Namun, perlu diingat, hindari mengombinasikan penggunaan minyak kelapa dengan kondom. Pasalnya, minyak dapat merusak kondom berbahan lateks, sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit menular seksual dan peluang kehamilan.

2 dari 5 halaman

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga termasuk dalam kategori pelumas seks alami. Minyak ini baik untuk menambah kelembapan dan menurunkan sensasi gesekan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa minyak zaitun dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat apabila tak segera dibersihkan setelah berhubungan seksual.

Selain itu, hindari pula penggunaan kondom dengan minyak zaitun, karena dapat merusak fungsi alat kontrasepsi tersebut.

Artikel Lainnya: Minyak Zaitun untuk Pelumas Seks, Apakah Aman?

4. Yoghurt

Yoghurt dapat digunakan sebagai salah satu pelumas darurat untuk berhubungan seksual.

Namun, yang bisa digunakan adalah yoghurt murni tanpa tambahan gula dan tidak memiliki probiotik. Pasalnya, penggunaan yoghurt mengandung probiotik untuk pelumas seks alami dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik pada vagina.

3 dari 5 halaman

5. Nagaimo

Nagaimo adalah sejenis ubi yang merupakan pelumas alami yang aman untuk digunakan pada alat kelamin pria.

Nagaimo memiliki tekstur licin dan berlendir. Jika dioleskan pada penis, nagaimo dapat mengurangi risiko iritasi akibat gesakan dinding vagina.

6. Ghee

Ghee adalah sejenis mentega yang sering digunakan dalam masakan sehari-hari. Karena bentuknya yang agak berminyak dan licin, bahan ini dapat digunakan sebagai alternatif pelumas alami untuk berhubungan seksual.

4 dari 5 halaman

7. Putih Telur

Siapa sangka, putih telur ternyata juga bisa digunakan sebagai pelumas alami untuk berhubungan seksual. Namun, jika hendak menggunakannya, Anda perlu lebih berhati-hati.

Pasalnya, menjadikan putih telur sebagai pelumas seks alami masih menuai pro-kontra dalam dunia medis. Pasalnya, telur cenderung berbau tidak sedap, juga ada risiko terpapar bakteri Salmonella apabila dalam kondisi mentah.

8. Minyak Alpukat

Minyak alpukat ternyata juga dapat dibalurkan pada penis untuk menstimulasi seks oral. Minyak ini juga dapat digunakan untuk merangsang klitoris maupun vulva.

Meski semua bahan di atas bersifat alami, Anda sebaiknya mencoba mengoleskannya sedikit pada kulit untuk memeriksa ada atau tidaknya reaksi alergi. Jika memicu alergi, hindari penggunannya agar tidak mengganggu kesehatan Anda.

Apabila ingin tahu lebih lanjut mengenai pelumas alami yang aman, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar