Sukses

Minum Susu Kambing Etawa Bisa Membangkitkan Vitalitas Pria?

Pernah dengar susu kambing etawa? Menurut sebagian masyarakat minum susu kambing ini bisa membangkitkan vitalitas pria. Apa iya, sih?

Klikdokter.com, Jakarta Selain dagingnya, susu kambing juga cukup populer untuk dikonsumsi. Bicara soal susu kambing, minum susu kambing etawa dinilai bisa membangkitkan vitalitas pria. Benarkah demikian?

Kambing etawa adalah kambing yang didatangkan dari India, yang juga disebut sebagai kambing Jamunapari. Kambing jenis ini diketahui mampu menghasilkan susu hingga 3 liter per hari. Keturunan silangan (hibrida) kambing etawa dengan kambing lokal dikenal sebagai kambing peranakan etawa atau PE.

Kambing PE disebut-sebut sebagai kambing dwiguna, yakni penghasil daging sekaligus susu. Permintaannya dikatakan masih cukup tinggi. Hal itu tak lepas dari kepercayaan sejumlah kelompok bahwa susu kambing etawa bisa menyembuhkan asma. Selain itu, susu kambing etawa juga katanya bisa membangkitkan vitalitas pria.

Susu kambing etawa mampu meningkatkan vitalitas pria?

Sayangnya, penelitian mengenai nutrisi susu kambing etawa tidak banyak, dan tidak ada yang membahas kaitannya dengan vitalitas pria. Mengenai hal ini, dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter juga mengatakan hal serupa, bahwa susu kambing etawa belum terbukti secara medis berpengaruh pada vitalitas pria. Namun, ada beberapa manfaat sehat yang ditawarkan oleh susu kambing tersebut.

"Susu kambing etawa secara medis tidak bisa meningkatkan vitalitas pria. Akan tetapi, untuk meningkatkan stamina atau memperkuat daya tahan tubuh, baru bisa. Tapi ingat, bukan secara khusus untuk vitalitas,” tegas dr. Dyah.

Manfaat susu kambing untuk kesehatan

Pada dasarnya, terlepas dari jenis kambingnya, susu kambing etawa adalah susu kambing yang cukup banyak dikonsumsi sebagai alternatif susu sapi. Bahkan, menurut dr. Andika Widyatama juga dari KlikDokter, susu kambing memiliki manfaat kesehatan yang tak kalah besar, bahkan dalam beberapa hal tidak dimiliki oleh susu sapi.

1. Alternatif untuk penderita alergi susu sapi dan intoleransi laktosa

“Dibandingkan dengan susu sapi, kandungan protein kasein dalam susu kambing diketahui lebih mudah dicerna oleh usus manusia. Kandungan laktosa susu kambing juga paling rendah dibandingkan dengan susu lainnya, sehingga bisa dikonsumsi pemilik intoleransi laktosa,” ungkap dr. Andika.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Dikatakan oleh dr. Andika, kandungan mineral selenium dalam susu kambing berperan dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh. Jika diminum secara rutin dan sesuai anjuran, maka daya tahan tubuh jadi kuat!

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida

Susu kambing mengandung asam lemak linoleat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol darah total dan kadar trigliserida (lemak darah). “Artinya, kadar kolesterol yang terjaga dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti aterosklerosis, serangan jantung, stroke, dan masalah lain yang berkaitan dengan pembuluh darah,” papar dr. Andika.

Adanya kalium dalam susu kambing juga bisa menurunkan tekanan darah. Di sisi lain, asam linoleat juga membawa manfaat untuk perkembangan otak, termasuk menguatkan daya ingat.

4. Melindungi fungsi usus

Selain mudah dicerna, susu kambing juga dapat membantu menjaga fungsi usus.

“Kandungan enzim oligosakarida dalam susu kambing dapat menjaga keseimbangan flora normal di usus. Adanya enzim ini dapat membantu mencegah terjadinya infeksi di dalam usus,” ujar dr. Andika.

Tak hanya itu, susu kambing juga dipercaya berperan baik dalam terapi penyakit inflammatory bowel disease (IBD), karena dapat mengurangi reaksi peradangan di dalam usus.

5. Membantu pembentukan sel darah merah

Konsumsi susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengolah zat besi, sehingga berguna dalam pembentukan sel darah merah.

6. Juga baik untuk kulit

Kandungan trigliserida dan asam lemak dalam susu kambing ternyata berkontribusi dalam menjaga kelembapan kulit. Kulit pun jadi lebih sehat dan tampak lebih cerah.

Selain itu, susu kambing juga mengandung vitamin A, yang ikut berperan dalam proses perbaikan sel-sel kulit. Sementara itu, kandungan asam laktat berkontribusi dalam membantu membersihkan sel-sel lama pada kulit.

“Jadi, jangan heran jika Anda mendapati produk perawatan kecantikan berbahan susu kambing di toko kecantikan, seperti sabun dan masker,” pungkas dr. Andika.

Hingga kini, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa minum susu kambing etawa bisa membangkitkan vitalitas pria. Meski demikian susu kambing etawa – sama halnya dengan susu kambing lainnya – sudah lama diketahui punya berbagai manfaat kesehatan. Jadi jika memang belum terbukti bisa meroketkan vitalitas Anda setidaknya dengan minum susu kambing etawa kesehatan tubuh bisa terjaga.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar