HomeGaya hidupPerawatan PriaCara Mengatasi Ejakulasi Dini Sendiri Secara Alami
Perawatan Pria

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Sendiri Secara Alami

Klikdokter, 07 Agu 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ejakulasi dini adalah momok menakutkan bagi pria. Tapi tenang, berikut cara mengatasi ejakulasi dini sendiri di rumah secara alami.

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Sendiri Secara Alami

Ejakulasi dini adalah proses keluarnya sperma yang terjadi lebih cepat dari yang diharapkan saat berhubungan seksual. 

Pria dianggap mengalami ejakulasi dini apabila ejakulasi terjadi sekitar satu menit setelah penetrasi, tidak bisa menunda ejakulasi saat berhubungan seksual, dan merasa frustrasi atau tertekan sehingga relatif menghindari keintiman seksual.

Jangan abaikan kondisi ejakulasi dini, karena dapat mengganggu kelancaran hubungan intim. Sebagai langkah awal, coba lakukan cara mengatasi ejakulasi dini sendiri berikut ini:

1. Komunikasikan dengan Pasangan

Saat ada masalah ejakulasi dini, pasangan bisa terkena dampak. Tidak jarang ia menjadi bingung, kesal, tidak puas, dan sebagainya. 

Komunikasikanlah masalah ejakulasi dini dengan pasangan. Dengan begitu, masalah ini diharapkan dapat bisa segera teratasi dan keintiman tetap terjaga.

Sering kali, salah satu penyebab ejakulasi dini adalah masalah dengan pasangan. Jika masalah dapat diselesaikan, diharapkan performa seksual pun membaik.

2. Lakukan Masturbasi

Kemudian, cara mengatasi ejakulasi dini sendiri di rumah secara alami adalah masturbasi. Coba masturbasi 1-2 jam sebelum berhubungan seksual dengan pasangan.

Artikel lainnya: Penyakit Kulit yang Bisa Jadi Penyebab Gangguan Ejakulasi

3. Latihan Senam Kegel

Agar tidak cepat keluar saat berhubungan, lakukan senam Kegel sebagai cara untuk mengatasinya. Latihan ini akan memperkuat otot dasar panggul sehingga mungkin dapat membantu.

Untuk melakukan cara alami mengatasi ejakulasi dini tersebut, hentikan aliran kemih lalu tahan 3 detik, dan lepaskan selama 3 detik. Lakukan sebanyak 10 kali, setidaknya 3 kali sehari.

4. Hindari Berhubungan Seksual Sementara

Tidak berhubungan intim sementara waktu mungkin dapat membantu untuk mengatasi ejakulasi dini secara alami.

Hindari berhubungan seksual dalam periode waktu tertentu. Fokuslah pada jenis permainan seksual lainnya, sehingga tekanan yang dirasakan bisa hilang.

5. Cari Posisi yang Bikin Tahan Lama

Dalam mengatasi ejakulasi dini sendiri di rumah, jangan ragu untuk mengeksplor berbagai posisi seks.

Carilah posisi-posisi hubungan intim yang biasanya dapat dinikmati dalam waktu yang lama. Pakailah posisi tersebut di awal permainan agar dapat tahan lama dan pasangan bisa orgasme atau keluar lebih dahulu.

6. Istirahat Cukup

Salah satu cara membuat agar air mani tidak cepat keluar secara alami adalah istirahat cukup. Faktor ini juga berperan penting.

Tidurlah yang cukup selama minimal 7-8 jam per hari. Ingat, kurang tidur dapat menyebabkan kadar serotonin di otak menjadi rendah dan memicu ejakulasi dini.

7. Jalani Pola Makan Sehat

Kebiasaan makan sehat juga menjadi bagian penting dari cara mengatasi ejakulasi dini sendiri.

Konsumsilah makanan sehat seperti yang mengandung seng dan magnesium. Kedua nutrisi ini dapat membantu mengatasi ejakulasi dini. 

Beberapa makanan untuk ejakulasi dini yang dianjurkan antara lain tiram, kedelai, bayam, kacang merah, buncis, dan lainnya.

8. Terapi Psikologis

Terapi ini sering bermanfaat, mengingat faktor psikologis merupakan salah satu penyebab ejakulasi dini. Salah satu tujuannya adalah mencari tahu apakah ada masalah dalam hubungan yang menyebabkan ejakulasi dini, dan mengatasinya. 

Dalam terapi, diajarkan pula cara untuk lebih santai menghadapi sesi bercinta dan menghindari rasa tertekan atau performance anxiety. Hal ini diharapkan membantu membuat air mani tidak cepat keluar secara alami.

9. Metode Squeeze

Cara mengatasi ejakulasi dini sendiri di rumah secara alami berikutnya adalah metode tekan. Langkah ini pun disarankan oleh American Urological Association. 

Minta bantuan pasangan untuk menstimulasi penis hingga air mani terasa akan keluar. Saat akan ejakulasi, minta tolong pasangan menekan penis hingga ereksi sedikit menghilang.

Lakukan latihan ini untuk membantu mengenali sensasi saat akan ejakulasi, juga mengontrolnya dengan lebih baik.

10. Metode Stop-Start

Minta pasangan menstimulasi penis hingga hampir ejakulasi, kemudian berhenti hingga sensasi air mani mau keluar sudah tidak ada lagi. Saat kembali mendapatkan kendali, minta pasangan untuk kembali menstimulasinya. 

Ulangi metode ini sebanyak tiga kali. Ejakulasi baru boleh dilakukan saat ke-4 kalinya. Lakukan tiga kali seminggu hingga dapat mengendalikannya lebih baik. Cara ini pun dianjurkan American Urological Association.

Artikel lainnya: Benarkah Obat Hipertensi Sebabkan Ejakulasi Dini?

11. Gunakan Kondom

Penggunaan kondom dapat dipertimbangkan untuk membantu mengurangi sensasi, hingga butuh waktu lebih lama agar air mani keluar. Hal ini dapat menjadi cara mengatasi ejakulasi dini sendiri di rumah.

12. Stop Kebiasaan Buruk

Hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol. Menerapkan kebiasaan baik bisa menjadi “obat” ejakulasi dini yang alami. Selain itu, gaya hidup sehat juga lebih baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

13. Hentikan Sesi Bercinta

Cara alami mengatasi ejakulasi dini lainnya adalah memberikan jeda istirahat saat berhubungan seksual. Tujuannya adalah menunda ejakulasi. 

Alihkan perhatian pada sesuatu yang berbeda. Selain itu, coba menarik napas dalam untuk menghentikan refleks ejakulasi.

14. Relaksasi 

Pria dengan masalah ejakulasi dini pasti akan merasa cemas setiap akan berhubungan intim. Di sisi lain, rasa cemas berlebihan juga dapat membuat masalah ejakulasi dini semakin parah. 

Maka itu, cobalah teknik relaksasi yang paling disukai sebelum bercinta, misalnya latihan pernapasan.

15. Minta Bantuan Ahli

Bila cara mengatasi ejakulasi dini sendiri di atas belum membantu, konsultasi dengan dokter urologi untuk mempelajari sumber masalah sekaligus mencari solusi. 

Pada kondisi tertentu, diperlukan bantuan obat-obatan untuk membantu mengatasi kondisi air mani yang keluar terlalu cepat. 

Dapatkan berbagai informasi lengkap dan akurat seputar kesehatan pria di aplikasi KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu!

(FR/JKT)

Referensi:

Urology Care Foundation Amerika Serikat. Diakses 2022. What is Premature Ejaculation?

Hubungan seksPriaEjakulasi Dini