Sukses

Asupan Herbal Penting untuk Meningkatkan Testosteron Pria

Selain penting untuk membangkitkan stamina pria dewasa, asupan herbal juga penting untuk meningkatkan kadar testosteron pria.

Klikdokter.com, Jakarta Pria dewasa yang dinamis dan banyak melakukan aktivitas fisik memiliki kebutuhan asupan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan wanita. Tidak heran kaum pria sering mengonsumsi suplemen untuk membangkitkan stamina, bahkan meningkatkan kadar testosteron.

Praktisi Kesehatan Holistic dan Homeopath, Tjokorda Gede Kerthyasa memaparkan bahwa pria yang memiliki gaya hidup aktif membutuhkan kondisi fisik yang sehat dan juga bugar.

“Bugar artinya memiliki stamina yang optimal untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar pria memiliki tubuh yang bugar adalah dengan mengonsumsi herbal seperti jahe merah, ginseng, tribulus dan bahan herbal lainnya,” kata Tjokde, sapaan akrab Tjokorda Gede Kerthyasa.

Menurutnya ada beragam manfaat yang bisa diperoleh ketika seorang pria dewasa mengonsumsi asupan herbal secara rutin setiap harinya. Asupan herbal seperti jahe merah berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan energi pria dewasa. Sedangkan bahan herbal lainnya seperti ginseng juga baik untuk meningkatkan stamina dan menjaga imunitas dalam tubuh.

“Tapi yang paling penting dari itu semua, bahan-bahan herbal ini bisa meningkatkan kadar testosteron pada pria dewasa, ” ujar Tjokde saat diwawancarai KlikDokter dalam peluncuran Suplemen Herbamojo dari Deltomed Laboratories di Greenhouse Coworking Space, Kuningan Jakarta, Rabu (7/8).

1 dari 2 halaman

Peran penting testosteron bagi pria

Testosteron merupakan hormon yang memegang peranan penting bagi pria. Kadar hormon ini bervariasi pada setiap pria. Namun umumnya kadar testosteron akan mulai menurun secara perlahan saat memasuki usia 30 tahun.

Testosteron bertanggung jawab terhadap fungsi seksual, juga berperan menjaga otot dan tulang agar tetap kuat. Tak hanya itu, hormon ini bahkan mampu membentuk kebiasaan tertentu yang dilakukan oleh laki-laki.

Menurut Tjokde, jika tubuh pria kekurangan hormon testosteron, maka tubuh pria akan mengalami sejumlah gangguan. Dan hal ini tentu akan menghambat aktivitas hingga menurunkan kualitas seorang pria.

Mengutip pernyataan dr. Kartika Mayasari dalam sebuah artikel yang pernah dilansir KlikDokter, kadar testosteron yang terlalu rendah dapat menurunkan fungsi seksual pria. Selain itu juga menurunkan kepadatan tulang, mengakibatkan berkurangnya massa otot, peningkatan jumlah lemak, penurunan kekuatan otot, penurunan daya ingat, bahkan mengakibatkan perubahan mood dan depresi.

Cara meningkatkan kadar testosteron pada pria

Selain mengonsumsi asupan herbal, Tjokde juga menjelaskan ada beberapa cara lainnya yang bisa dilakukan pria dewasa untuk meningkatkan kadar hormon testosteron dalam tubuhnya.

1. Mengonsumsi suplemen dengan kandungan herbal yang lengkap

Asupan herbal seperti jahe merah dan ginseng bisa meningkatkan stamina serta hormon testosteron dalam tubuh pria. Tapi Anda tidak mungkin mencari jahe merah di pasar setiap hari dan lalu mengolahnya sendiri.  

Maka dari itu, keberadaan suplemen yang sudah mengandung jahe merah, ginseng, tribulus dan bahan herbal lainnya akan sangat memudahkan Anda. Suplemen dengan kandungan herbal tersebut dapat meningkatkan testosteron.

Menurut Tjokde Herbamojo merupakan suplemen yang sudah punya tujuh bahan herbal yang sangat bermanfaat bagi pria. Ketujuh herbal tersebut adalah jahe merah, maca, cabe jawa, pasak bumi, purwoceng, ginseng dan tribulus.

2. Lakukan olahraga seimbang.

Tidak dimungkiri dengan melakukan olahraga tubuh seseorang bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan yang mungkin tidak didapat orang yang tidak melakukan olahraga. Tjokde menyarankan agar pria dewasa setidaknya melakukan olahraga minimal tiga kali dalam seminggu dengan durasi waktu 30 sampai 60 menit per sesinya.

3. Mengonsumsi lemak ikan dan juga minyak ikan

Lemak tak selamanya buruk. Ikan berlemak ternyata sangat bermanfaat, karena kaya asam lemak omega-3. Seorang pria juga dapat meningkatkan kadar asam lemak dalam tubuh dengan mengonsumsi minyak ikan atau suplemen omega-3.

Hasil dari penelitian berbasis hewani pada 2016 menunjukkan bahwa minyak ikan dapat meningkatkan kualitas air mani dan tingkat testosteron serum pada anjing dengan meningkatkan profil asam lemak mereka. Ikan salmon dan ikan sarden adalah dua jenis ikan yang kaya dengan omega-3 dan mudah didapatkan.

4. Rajin mengonsumsi sayuran berwarna hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan sawi kaya akan magnesium, sebagai zat mineral yang dapat meningkatkan tingkat testosteron tubuh. Imbangi konsumsi sayur hijau dengan buah-buahan yang kaya nutrisi seperti buah delima, alpukat dan anggur.

Jika dokter mendiagnosis bahwa Anda memiliki kadar testosteron yang rendah, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara meningkatkan testosteron yang dipaparkan di atas. Bila telah berupaya namun kadar testosteron tetap rendah, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar