HomeIbu Dan anakKehamilanSusah Tidur Saat Hamil? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya
Kehamilan

Susah Tidur Saat Hamil? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya

Siti Putri Nurmayani, 08 Jun 2023

Ditinjau Oleh dr.Devia Irine Putri

Icon ShareBagikan
Icon Like

Meski wajar dialami ketika hamil, namun sulit tidur akan mengganggu keseharian bumil. Ini cara mengatasi susah tidur saat hamil yang bisa dicoba.

Susah Tidur Saat Hamil? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya

Di awal masa kehamilan, mungkin akan muncul pertanyaan, normalkah ibu hamil susah tidur? Jawabannya adalah normal dan masalah tidur ini menjadi hal yang umum dialami oleh kebanyakan ibu hamil.

Perubahan fisik, hormon, dan sejumlah kondisi tertentu dapat menyebabkan ibu hamil kesulitan untuk tidur. Insomnia yang dialami saat hamil ini bisa terjadi di trimester pertama hingga trimester ketiga.

Saat sulit tidur, hal ini tentunya akan memengaruhi kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil serta tumbuh kembang bayi di dalam kandungan. Supaya terhindar dari hal tersebut, penting untuk mengetahui cara mengatasi susah tidur saat hamil.

Berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas selama kehamilan berlangsung:

1. Pilih Posisi Tidur yang Nyaman

Untuk menjawab pertanyaan ibu hamil susah tidur malam apa solusinya, dr. Devia Irine Putri menyarankan agar mencari posisi tidur yang paling nyaman.

“Kandungan yang semakin besar tentu akan membuat ibu hamil semakin sulit tidur dengan posisi telentang. Disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada pinggang,” ujarnya.

Selain itu, tidur miring ke sebelah kiri juga bisa menghindari Mama dari rasa sesak akibat tertekannya pembuluh darah balik jantung.

2. Gunakan Banyak Bantal saat Tidur

Selama trimester 3 kehamilan, keluhan sulit tidur akan semakin tinggi. Cara mengatasi susah tidur saat hamil 8 bulan bisa dilakukan dengan menggunakan banyak bantal saat tidur.

Kamu bisa menaruh bantal di sela kaki dan di belakang pinggang. Jika bumil memiliki masalah lambung seperti GERD saat kehamilan, tidur dengan bantal yang lebih tinggi juga aman untuk dilakukan.

3. Terapkan Sleep Hygiene

Obat alami untuk ibu hamil susah tidur adalah dengan memerhatikan sleep hygiene setiap harinya. Menurut Dokter Devia, hal ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas tidur pada ibu hamil.

Mama bisa mengusahakan untuk tidur dan bangun dalam waktu yang sama setiap harinya. Misalnya, harus sudah di tempat tidur pukul 22.00 dan bangun pada pukul 06.00.

Hindari penggunaan ponsel, laptop, tablet, dan menonton televisi di dalam kamar. Tak lupa, pastikan ruangan kamar dalam kondisi gelap dan memiliki suhu ruangan agar lebih nyaman.

4. Tingkatkan Aktivitas Fisik

cara mengatasi susah tidur saat hamil

Cara menghindari tidur pagi saat hamil bisa dengan melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga. Meski dalam kondisi hamil, namun Mama tetap bisa olahraga dan aktif sepanjang hari, lho.

Ada banyak manfaat olahraga yang bisa dinikmati ibu hamil, mulai dari menjaga stamina selama kehamilan, mengurangi keluhan nyeri pinggang, hingga menurunkan risiko diabetes dan hipertensi selama hamil.

Mama bisa memilih aktivitas yang disukai dan terasa nyaman, misalnya yoga, berenang, atau berjalan-jalan. Namun, ingatlah ibu hamil juga perlu mengetahui batas kemampuannya. Jika merasa lelah, segera istirahat dan jangan memaksakan diri.

Artikel Lainnya: Adakah Obat Tidur yang Aman untuk Bumil dan Busui?

5. Perhatikan Asupan Makanan

Makanan bisa menjadi salah satu faktor penyebab ibu hamil susah tidur di malam hari. Soalnya, makan terlalu kenyang dan jarak makan malam dengan waktu tidur yang terlalu dekat dapat meningkatkan risiko GERD.

Oleh karenanya, usahakan untuk beri jeda setidaknya tiga jam antara jam makan malam dengan waktu tidur. Selain itu, hindari tidur dengan perut kosong. Hal ini juga dapat membuat ibu hamil kesulitan untuk tidur nyenyak.

Pastikan perut tidak terlalu kenyang dan lapar saat akan tidur. Coba konsumsi camilan ringan seperti biskuit atau buah jika Mama merasa lapar di malam hari.

6. Hindari Minuman Tertentu

Saat hamil, Mama perlu menghindari minuman berkafein, baik itu kopi atau teh karena bisa membuat insomnia dan berbahaya bagi perkembangan bayi.

Selain itu, disarankan untuk menghindari minuman berkarbonasi yang bisa memicu refluks asam yang membuat ibu hamil kesulitan tidur di malam hari.

Agar tidak sering terbangun di malam hari, sebaiknya hindari minum air putih yang terlalu banyak menjelang jam tidur malam.

7. Relaksasi

Ketika hamil muda susah tidur badan sakit semua, kamu bisa melakukan relaksasi. Aktivitas ini bisa membantu meningkatkan rasa nyaman dan menimbulkan perasaan tenang.

Untuk melakukan relaksasi, kamu bisa mandi dengan air hangat, memberi pijatan ringan, memasang aromaterapi di kamar, melakukan me time dengan membaca buku, memakai sheet mask, atau melakukan meditasi dari yoga prenatal.

Pada dasarnya, masalah sulit tidur saat hamil memang wajar untuk dialami. Akan tetapi, tidak dianjurkan untuk membiarkan masalah ini berlarut-larut. Untuk itu, Mama bisa melakukan sejumlah cara di atas sebagai upaya untuk mengatasinya.

Jika insomnia tidak kunjung membaik, segera konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih optimal. Yuk, #JagaSehatmu dengan mengunduh aplikasi KlikDokter dan gunakan layanan Tanya Dokter untuk konsultasi secara praktis!

(NM)

Sulit TidurSulit Tidur Saat HamilCara Mengatasi Sulit TidurInsomniaHamil

Konsultasi Dokter Terkait