Sukses

Dampak Negatif Membawa Pulang Pekerjaan ke Rumah

Jika Anda sering membawa pulang pekerjaan ke rumah, berhati-hatilah. Ada beragam gangguan kesehatan yang mengancam.

Klikdokter.com, Jakarta Membawa pulang pekerjaan sering dilakukan oleh sebagian orang yang ingin menyelesaikan pekerjaannya di rumah. Meski tampak sebagai hal yang umum dilakukan, tapi ada dampak negatif bagi kesehatan yang akan Anda alami jika Anda sering melakukan hal ini. 

Ya, jika kondisi ini berlarut-larut, tidak hanya kualitas kesehatan Anda yang menurun, tapi juga kualitas hubungan Anda dengan keluarga juga bisa terganggu. Lalu apa saja dampaknya?

Dampak membawa pekerjaan ke rumah

Membawa pekerjaan ke rumah ternyata dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti gangguan tidur atau insomnia. Selain itu juga rentan menyebabkan terjadinya stres. 

Sulit tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur. Pada dasarnya, jumlah waktu yang dibutuhkan setiap orang untuk memang berbeda-beda. Namun kebutuhan tidur rata-rata untuk orang dewasa adalah 6- 8 jam sehari. 

Pekerjaan dengan beban yang tinggi dapat menyebabkan pikiran selalu memikirkan tugas-tugas dan dapat menyebabkan kesulitan tidur. Terlebih jika Anda membawa pekerjaan ke rumah. Anda memang dapat mengerjakannya sampai larut malam di rumah, tapi akibatnya Anda jadi tidak memiliki batas waktu yang jelas untuk beristirahat. 

Insomnia dapat berdampak buruk untuk kesehatan Anda. Insomnia tidak hanya menurunkan energi Anda di pagi hari dan mengganggu mood, tapi juga dapat memengaruhi kesehatan dan menurunkan kualitas hidup. 

Buruknya kualitas tidur bisa menyebabkan Anda akan merasa lelah dan menjadi lebih mudah marah dan cenderung sangat sensitif dengan hal-hal yang sepele. Beban pekerjaan yang tinggi ditambah kurang istirahat dapat meningkatkan produksi kortisol atau hormon stres. 

Akibat dari peningkatan hormon ini dapat memicu tingginya denyut jantung dan tekanan darah yang dapat menyebabkan terjadinya hipertensi, dan penyakit jantung.

Manfaat memisahkan pekerjaan dengan kehidupan pribadi

Memastikan pekerjaan Anda selesai sudah menjadi tanggung jawab Anda. Namun jangan sampai Anda lupa untuk meluangkan waktu untuk istirahat dan rekreasi. 

Jika Anda dapat memisahkan waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, maka Anda lebih dapat mengelola tekanan pekerjaan dengan baik. Selain itu Anda juga bisa  terhindar dari stres atau kejenuhan akibat pekerjaan.

Cobalah untuk membatasi paparan email atau pesan singkat terkait pekerjaan selama Anda berada di rumah. Pastikan bahwa Anda tidur pada jam tertentu dan cukup istirahat. Patuhi jadwal tidur tersebut agar jumlah waktu tidur Anda cukup.

Selain memberi batasan waktu yang jelas terkait waktu kerja Anda, Anda juga perlu mencari kegiatan yang Anda suka untuk mengurangi stres yang Anda rasakan. Anda bisa melakukan hobi seperti melukis, atau menyempatkan diri berjalan-jalan di taman. Jika aktivitas-aktivitas sederhana ini bisa Anda lakukan rutin, manfaatya bagi kesehatan fisik dan psikis tentu bisa Anda rasakan. 

Jadi, ada bermacam dampak negatif akibat membawa pulang pekerjaan ke rumah. Stres dan insomnia hanya beberapa gangguan yang bisa Anda alami. Namun jika kondisi ini terjadi terus-menerus, kesehatan Anda menjadi taruhannya. Cobalah mengelola waktu Anda dengan lebih baik dan atur skala prioritas dengan tepat agar Anda tidak perlu membawa pulang pekerjaan. 

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar