Sukses

Menguak Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Meski pahit, daun sambiloto memiliki zat aktif yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Yuk, simak manfaat sambiloto untuk kesehatan berikut ini.

Bagi sebagian orang, nama daun sambiloto mungkin masih asing. Namun, bagi mereka yang sangat menyukai dunia herbal, daun tersebut sudah dipercayai sejak lama sebagai sesuatu yang bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Sambiloto merupakan jenis tumbuhan yang memiliki nama lain Andrographis Paniculata. Tumbuhan ini berasal dari Asia Selatan, seperti India dan Sri Lanka, serta tumbuh baik di Indonesia.

Daun sambiloto mengandung saponin, flavonoid, alkaloid, dan tanin. Selain itu, sambiloto juga memiliki zat seperti lakton, panikulin, kalmegin, dan hablur kuning. Mari simak selengkapnya mengenai manfaat daun sambiloto untuk kesehatan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Daun Sambiloto

Perlu diketahui bahwa sambiloto bukan merupakan obat utama bagi beberapa penyakit yang akan disebutkan di bawah ini.

Memang benar bahwa beberapa penelitian medis telah membuktikan manfaatnya, tetapi harus digunakan bersamaan dengan pengobatan dari dokter untuk penyembuhan.

Berikut adalah beberapa manfaat daun sambiloto untuk kesehatan Anda:

1. Daya Tahan Tubuh

Konsumsi daun sambiloto secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Itu karena tanaman ini bersifat imunostimulan, yakni meningkatkan kinerja organ-organ yang berhubungan dengan sistem kekebalan.

Selain itu, daun sambiloto sering digunakan untuk meredakan inflamasi, penyakit infeksi saluran pernapasan atas, infeksi akibat HIV, dan keluhan yang berhubungan dengan organ hati. Karenanya, jangan sepelekan khasiat sambiloto bagi kesehatan Anda.

Artikel lainnya: Tingkatkan Sistem Imun Anda dengan Aktivitas Ini

2. Pilek

Salah satu manfaat daun sambiloto untuk kesehatan adalah dapat menangani gejala pilek. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sambiloto yang dikombinasikan dengan ekstrak ginseng Siberia dapat menghentikan gejala flu dan pilek setelah dua hari. 

3. Radang Amandel

Penelitian menemukan bahwa penggunaan daun sambiloto dosis tinggi (enam gram) setiap hari dapat bekerja secara efektif untuk menurunkan demam serta menyembuhkan sakit tenggorokan akibat radang amandel

4. Radang Usus

Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan juga berhubungan dengan radang usus. Pada sebuah studi, tim peneliti mendapati bahwa konsumsi ekstrak daun sambiloto setiap hari selama delapan minggu dapat mengurangi tingkat keparahan gejala radang usus.

5. Osteoartritis

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi ekstrak daun sambiloto setiap hari dapat mengurangi nyeri dan kekakuan sendi lutut pada mereka yang mengalami osteoartritis ringan maupun sedang.

6. Kolitis Ulseratif

Beberapa studi mengenai penyakit kolitis ulseratif dan penyakit Crohn membuktikan bahwa ekstrak sambiloto lebih unggul daripada plasebo dalam memicu remisi gejala.

Artikel lainnya: Inilah Segudang Manfaat Konsumsi Daun Pepaya bagi Kesehatan Anda

7. Multiple Sclerosis

Ekstrak tanaman sambiloto dapat mengurangi kelelahan pada pasien multiple sclerosis berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh BMC Neurology. Namun, tidak menunjukkan perbedaan signifikan pada angka kekambuhan, pengukuran inflamasi, dan status disabilitas.

2 dari 3 halaman

Efek Samping Daun Sambiloto

Sambiloto memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, penggunaannya harus sesuai agar tidak menimbulkan efek samping serius.

Efek samping ringan dapat berupa kehilangan nafsu makan, diare, muntah, muncul bercak kemerahan, sakit kepala, hidung berair, dan kelelahan. Ketika digunakan dalam dosis besar atau tinggi dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening, reaksi alergi serius, peningkatan enzim hati, dan sebagainya.

Anda bisa memanfaatkan daun sambiloto untuk membantu proses penyembuhan beberapa penyakit. Tapi ingat, Anda tidak bisa hanya mengandalkan herbal yang satu ini. Sambiloto merupakan terapi pelengkap atau penyerta untuk terapi utama berupa pengobatan dari dokter.

Dalam hal ini, herbal seperti daun sambiloto hanya digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mendampingi kinerja obat dokter, agar proses penyembuhan berlangsung lebih optimal. 

Jika Anda masih punya pertanyaan mengenai manfaat daun sambiloto untuk kesehatan, dapat bertanya langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat 24 jam dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS]

2 Komentar