Sukses

Tetap Sukses Turun Berat Badan meski Sedang Liburan

Saat liburan, Anda cenderung tidak menjaga makanan dan mencoba kuliner lokal. Karena itu, tak jarang pulang liburan berat badan malah bertambah.

Klikdokter.com, Jakarta Membuat berat badan turun memang membutuhkan komitmen yang kuat. Namun terkadang, komitmen ini runtuh ketika musim liburan tiba. Ya, saat diet biasanya Anda akan mengendurkan makanan pantangan yang ketat diberlakukan saat hari biasa. Misalnya saja, makan gorengan, serta asupan bersantan dan berlemak.

Belum lagi jika destinasi liburan Anda lekat dengan citra kota kuliner, mencari makanan enak adalah sebuah kewajiban. Tak heran, diet dan pola makan sehat jadi berantakan dan berat badan pun bertambah.

Tapi tenang, Anda tetap bisa kok menurunkan berat badan meski sedang liburan. Yuk, intip tipsnya di sini:

  • Liburan bersama orang yang tepat

Teman Anda selama berlibur sangat memengaruhi pola hidup selama liburan. Karena itu, pilihlah teman berlibur yang tidak begitu suka makan. Hal ini akan membantu mengerem keinginan makan dan ngemil saat liburan.

  • Cari kegiatan saat liburan

Memiliki kegiatan dan jadwal aktivitas yang cukup padat akan membuat Anda melupakan keinginan duduk-duduk dan membeli makanan. Susunlah rencana perjalanan sebelum berangkat. Pastikan Anda mematuhi rencana yang sudah dibuat.

  • Kurangi porsi makan

Jika saat liburan Anda ingin mencicipi makanan enak di suatu daerah, usahakan untuk mengurangi porsinya dengan berbagi. Misalnya, membagi makanan yang berlemak, manis, ataupun porsi nasi dengan teman seperjalanan.

  • Imbangi dengan sayur dan buah

Makan enak selama liburan perlu diseimbangkan dengan konsumsi serat. Jangan hanya karbohidrat dan lemak, konsumsi juga banyak buah dan sayur selama liburan. Selain membuat Anda kenyang lebih lama, serat juga memperlancar BAB selama dalam perjalanan.

  • Banyak minum air putih

Dengan mengonsumsi banyak air putih Anda dapat meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar kalori dari asupan makanan. Selain itu, Anda juga dapat merasa kenyang dan mengurangi rasa ingin makan berlebih.

  • Olahraga di sela-sela liburan

Jika tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga di saat liburan, Anda dapat menyiasatinya dengan memilih berjalan kaki daripada naik kendaraan.

Anda dapat pula memilih untuk naik tangga atau eskalator dibandingkan naik lift. Di samping itu, pada pagi hari sebelum keluar rumah, lakukan olahraga ringan, seperti sit up, push up, plank, ataupun squat.

  • Pilihlah menu makan yang sehat

Memilih menu makan yang sehat sangat berpengaruh pada diet. Anda dapat memilih makanan yang direbus dibandingkan makan yang digoreng. Protein yang dikonsumsi pun harus diperhatikan.

Dari pada memilih daging ataupun ayam yang lebih tinggi lemak, Anda bisa mengonsumsi ikan. Hindari juga makanan siap saji atau junk food karena kandungan lemaknya yang cukup besar. Selain itu, hindari minuman manis. Kalau pun terpaksa, usahakan untuk mengurangi komposisi gulanya.

  • Tidur cukup

Liburan bukan berarti waktu tidur Anda terganggu. Tetap usahakan tidur malam selama 7-8 jam. Hal ini akan membantu metabolisme tubuh bekerja lebih optimal dalam membakar kalori.

Liburan bukanlah alasan untuk makan sembarangan dan memicu kenaikan berat badan. Menerapkan beberapa tips di atas, dapat membantu Anda mempertahankan bahkan menurunkan berat badan saat liburan. Jaga komitmen untuk tetap menjalani pola makan sehat dan menyelipkan aktivitas olahraga selama liburan berlangsung. Untuk menjaga daya tahan tubuh selama berlibur, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kesehatan yang mengandung vitamin C 1000mg yang mudah diserap tubuh dan aman di lambung.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar