Sukses

Manfaat Potasium yang Perlu Anda Tahu

Ada beberapa manfaat potasium yang sangat baik bagi tubuh. Yuk, simak dan cari tahu bisa didapatkan dari mana saja.

Klikdokter.com, Jakarta Potasium atau kalium adalah salah suatu hal yang dibutuhkan oleh manusia. Biasanya, zat ini didapatkan dari sayuran dan buah. Ada beberapa alasan memang mengapa Anda butuh potasium setiap harinya, karena manfaat potasium amat baik bagi tubuh.

Potasium adalah mineral yang dapat membantu sel tubuh Anda bekerja dengan cara yang benar. Asal Anda tahu, saraf dan otot -termasuk jantung Anda- mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya jika tubuh tidak cukup mendapatkan asupan potasium.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, kalium juga sangat penting untuk mengendalikan tekanan darah. Jadi, bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, konsumsi makanan yang mengandung zat ini amat disarankan.

Kandungan potasium sendiri paling banyak ditemukan pada pisang. Dalam satu buah pisang bisa mengandung sekitar 422 miligram potasium. Sedangkan, kebutuhan potasium harian orang dewasa (14 tahun atau lebih) sekitar 4.700 miligram potasium. Untuk ibu menyusui membutuhkan jumlah yang lebih banyak, yakni 5.100 miligram.

Sementara itu kebutuhan potasium harian untuk anak bisa berbeda-beda tergantung dari usianya. Berikut ini adalah rinciannya:

  • 0-6 bulan: 400 miligram
  • 7-12 bulan: 700 miligram
  • 1-3 tahun: 3.000 miligram
  • 4-8 tahun: 3.800 miligram
  • 9-13 tahun: 4.500 miligram

Alasan Anda butuh potasium

Berikut ini adalah manfaat potasium yang kemudian menjadi alasan mengapa Anda harus mencukupi kebutuhan potasium setiap harinya:

1. Melawan osteoporosis 

Seiring bertambahnya usia, tulang cenderung rapuh. Selain itu, banyak konsumsi daging dan susu dapat menyebabkan tubuh terlalu banyak mengandung asam, sehingga lebih cepat melemahkan tulang. Makanan yang kaya potasium seperti buah-buahan dan sayuran dapat memperlambat hal tersebut.

2. Mencegah batu ginjal

Lebih banyak asam dalam tubuh bisa memicu timbulnya batu ginjal. Nah, asupan potasium bisa membantu menghilangkan asam yang menyebabkan batu ginjal dan mencegah batu-batu yang menyakitkan tersebut terbentuk.

3. Membantu kinerja otot

Anda membutuhkan jumlah potasium atau kalium yang tepat di dalam sel tubuh agar otot dapat bekerja dengan baik. Perlu diketahui, terlalu sedikit atau terlalu banyak justru bisa membuat otot-otot lemah atau membuatnya terjepit, sehingga tidak berfungsi dengan baik.

4. Membantu mencegah tekanan darah tinggi

Natrium dalam garam dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, dan gagal jantung. Tetapi, potasium dapat membantu Anda menyingkirkan natrium dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah.

5. Membantu mencegah stroke

Stroke terjadi ketika aliran darah terbatas atau terputus ke bagian otak, sering kali karena pembuluh darah pecah atau tersumbat. Tekanan darah tinggi dapat membuat kondisi tersebut semakin parah.

Tapi, kalium bisa mencegahnya jika kadarnya tepat. Tanda-tanda stroke termasuk bicara cadel, kelemahan lengan, atau terkulai di satu sisi wajah pun bisa dihindari. Jika Anda mengalaminya, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Kekurangan dan kelebihan potasium

Jika Anda tidak memiliki cukup potasium (hipokalemia), otot bisa menjadi lemah, sehingga membuat Anda sering lelah, kram atau sembelit. Hal ini sangat mungkin terjadi bila Anda tidak mendapatkan cukup potasium dalam sehari-hari.

Selain itu, kelebihan potasium (hiperkalemia) juga bisa berbahaya. Bayi, orang tua, dan orang yang memiliki masalah ginjal lebih mungkin untuk mengalaminya. Hati-hati, Anda pun bisa mengalami hiperkalemia jika menggunakan obat-obatan tertentu atau tubuh tidak menghasilkan cukup hormon.

Sementara itu, selain pisang, manfaat potasium bisa Anda peroleh lewat mengonsumsi kentang, tomat, jeruk, dan biji-bijian. Pastikan Anda mencukupi kebutuhan akan potasium supaya terhindar dari berbagai masalah di atas.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar