Sukses

Melahirkan Caesar seperti Aura Kasih, Perhatikan 4 Hal Ini

Aura Kasih melahirkan anak pertamanya secara caesar. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk melahirkan caesar?

Klikdokter.com, Jakarta Penyanyi sekaligus aktris Aura Kasih sedang bahagia. Dilansir dari Liputan6.com, istri Eryck Amaral ini melahirkan bayi perempuan pertamanya di salah satu rumah sakit Jakarta pada Minggu (16/06) kemarin. Diprediksi oleh dokter akan bersalin di bulan Juli, wanita kelahiran 26 Februari 1987 itu justru melahirkan secara caesar karena air ketubannya sudah kering meski kandungannya belum genap sembilan bulan. Untunglah, meski terlahir prematur, bayi bernama Arabella tersebut dalam kondisi sehat.

Konsekuensi operasi Caesar dan cara mengatasinya

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, operasi caesar memang menjadi proses melahirkan yang bisa dilakukan lebih cepat dibandingkan persalinan normal. Namun di balik itu semua, persalinan dengan operasi caesar membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama.

“Belum lagi, luka operasi yang tak kunjung mengering terkadang menyebabkan si ibu kesulitan dalam bergerak dan mengurus anak.” jelas dr. Reza.

Sehingga, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dan dilakukan bila Anda ingin mempercepat proses pemulihan pasca operasi caesar. Adapun beberapa hal yang dimaksud, meliputi:

  • Perbanyak waktu istirahat

Anda dianjurkan untuk memperbanyak waktu istirahat bila ingin proses penyembuhan luka berlangsung lebih cepat. Umumnya, Anda akan diizinkan untuk beristirahat di rumah sakit selama 2-4 hari setelah tindakan operasi.

Setelah itu, selama enam minggu, Anda wajib beristirahat di rumah hingga luka benar-benar kering dan sembuh. Bila keadaannya tidak memungkinkan karena Anda terlalu repot mengurus bayi, cobalah curi waktu istirahat kala bayi tidur.

Jangan sungkan juga untuk meminta bantuan kepada suami atau anggota keluarga yang lain untuk membantu Anda dalam mengganti popok atau membersihkan rumah agar Anda punya waktu istirahat yang cukup.

  • Atasi nyeri sesuai anjuran dokter

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pasca operasi caesar, si ibu akan mengalami rasa nyeri dan sulit bergerak bebas. Sayangnya, karena masih dalam masa menyusui, Anda tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi obat antinyeri karena sebagian dari obat tersebut dapat dikeluarkan melalui ASI.

“Hal yang perlu dilakukan, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter untuk menanyakan jenis obat antinyeri yan bagaimana yang aman dikonsumsi ibu menyusui.” tutur dr. Reza. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan heating pad untuk mengurangi sensasi nyeri yang mengganggu.

  • Sesuaikan aktivitas dengan kondisi tubuh

Meskipun Anda disarankan untuk memperbanyak istirahat, tapi bukan berarti Anda disarankan untuk tidak melakukan aktivitas sama sekali. Tetaplah lakukan aktivitas ringan agar proses penyembuhan berjalan optimal.

Setelah beberapa jam operasi, cobalah untuk miring ke sisi kanan dan kiri, Kemudian, cobalah untuk duduk secara perlahan. Lalu keesokan harinya, cobalah untuk berjalan pelan. Sedangkan, beberapa hal yang perlu dihindari untuk sementara waktu adalah naik turun tangga dan mengangkat barang berat.

“Jangan lupa juga, bila Anda ingin batuk atau bersin, tahan perut untuk melindungi daerah jahitan.” dr. Reza menambahkan.

  • Penuhi kebutuhan gizi dan cairan tubuh

Jika ingin luka operasi caesar cepat sembuh, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein, misalnya saja, daging merah, ikan ayam, dan telur. Sebab, protein sangat bermanfaat dalam meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.

Selain itu, perbanyak juga asupan zat besi untuk membantu pembentukan kembali sel darah merah yang hilang saat proses operasi dan juga minum banyak air putih. Minum air putih plus makan banyak serat seperti sayur dan buah akan memengaruhi produksi ASI sekaligus melancarkan buang air besar (BAB) sehingga Anda tak perlu mengejan terlalu kuat/keras (bisa membuka bekas jahitan luka operasi).

Itulah empat hal yang mesti diperhatikan dan dilakukan bila Anda habis melahirkan caesar seperti Aura Kasih. Semoga saja dengan melakukan beberapa hal di atas, kondisi luka Anda menjadi lebih baik. Apabila ada jahitan terlepas atau hal lain yang berkaitan dengan luka operasi, segera periksakan diri ke dokter.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar