Sukses

Berkenalan dengan Buah Bit, si Umbi Merah bagi yang Kurang Darah

Kurang darah atau anemia dapat menyebabkan berbagai keluhan. Apakah buah bit dapat membantu mengatasi kurang darah?

Klikdokter.com, Jakarta Kurang darah atau dalam bahasa medis disebut anemia merupakan kondisi sel darah merah ataupun kadar hemoglobin darah lebih rendah daripada normal. Anemia dapat menyebabkan kurangnya kadar oksigen yang beredar pada tubuh. Bagi beberapa orang, salah satu cara alami mengatasi anemia adalah dengan mengonsumsi buah bit. Benarkah demikian?

Anemia dapat mengakibatkan munculnya berbagai gejala, mulai dari sesak napas, badan lemah, nyeri kepala, kurang nafsu makan, denyut jantung yang cepat, hingga kepala pusing. Hal-hal tersebut tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari penderita.

Buah bit yang kaya zat besi

Selain mengonsumsi obat untuk menambah darah, ada juga cara alamiah untuk mengatasi kurang darah. Salah satunya adalah dengan buah bit. Buah bit kaya akan zat besi dan vitamin, termasuk vitamin C dan mineral.

Zat besi diperlukan dalam membentuk sel darah merah dan membantu menambah darah. Salah satu jenis mineral ini dapat diperoleh dari makanan atau suplemen zat besi. Penyerapan zat besi juga akan lebih optimal jika disertai dengan vitamin C.

Keunggulan lainnya, buah berwarna merah cerah ini juga banyak mengandung vitamin C. Oleh karena itu, zat besi dari buah bit lebih mudah diserap tubuh dengan bantuan vitamin C yang dikandungnya.

Buah bit termasuk makanan yang berkalori rendah, tapi kaya akan vitamin dan mineral. Berikut kandungan 100gram buah bit:

  • Kalori: 44
  • Protein: 1,7 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 6 dari RDI
  • Folat: 20 persen dari RDI
  • Vitamin B6: 3 persen dari RDI
  • Magnesium: 6 persen dari RDI
  • Kalium: 9 persen dari RDI
  • Fosfor: 4 persen dari RDI
  • Mangan: 16 persen dari RDI
  • Besi: 4 persen dari RDI

Karena tinggi nutrisi dan rendah kalori itulah, buah bit dapat menjadi makanan cemilan yang sangat baik bagi Anda yang sedang berdiet maupun yang ingin menjaga berat badan.

1 dari 2 halaman

Manfaat lain buah bit

Selain membantu mengatasi masalah kurang darah, buah bit juga memiliki manfaat lainnya, yaitu:

  1. Menjaga tekanan darah

Buah bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa buah bit dapat menurunkan 4-10mmHg tekanan darah dalam hitungan jam. Kandungan nitrat dalam buah bit yang mungkin memberikan efek penurun tekanan darah.

  1. Meningkatkan performa fisik

Kandungan nitrat pada buah bit juga dapat meningkatkan kinerja fisik. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan nitrat yang meningkatkan efisiensi mitokondria penghasil energi pada sel tubuh. Karena alasan inilah, buah bit sering digunakan oleh para atlet.

  1. Antikanker

Selain baik untuk menambah darah, buah bit juga mengandung pigmen betalain. Pigmen tersebut adalah antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Oleh karena itu, buah bit dapat disebut sebagai antikanker. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa buah bit dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara.

Salah satu cara alami untuk mengatasi kurang darah adalah dengan mengonsumsi buah bit. Selain alami, buah bit berkalori rendah dan kaya nutrisi sehingga baik untuk kesehatan Anda.

Namun, selain buah bit, tentunya banyak sumber alamiah lain yang juga dapat membantu menambah darah. Misalnya saja stroberi, tomat, apel, kurma, dan bayam. Untuk asupan hewani, Anda dapat mengonsumsi daging sapi, daging unggas, hati ayam, dan makanan laut untuk mengatasi kondisi kurang darah yang Anda rasakan.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar