Sukses

4 Kiat Olahraga Bebas Cedera bagi Anda yang Kegemukan

Bagi Anda yang mengalami kegemukan dan ingin berolahraga tapi takut cedera, ini kiat yang bisa membantu Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Berolahraga perlu dilakukan oleh setiap orang, tanpa terkecuali. Apalagi bagi Anda yang mengalami kegemukan dan ingin menurunkan berat badan. Tapi tak dimungkiri bahwa banyak orang gemuk enggan berolahraga karena takut cedera. Padahal jika dilakukan dengan baik dan benar, risiko cedera tersebut bisa diminimalkan.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, rahasia utama dalam menurunkan berat badan adalah berolahraga. "Karena pada prinsip dasarnya, kunci untuk menurunkan berat badan adalah menjaga keseimbangan pembakaran kalori antara asupan yang dimakan.”

 Lalu, bagaimana dengan risiko cedera saat berolahraga bagi orang gemuk? Berita bagusnya, solusi bebas cedera ini bisa Anda terapkan dengan mudah. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari olahraga Anda, ikuti empat langkah pencegahan cedera dari besthealthmag.ca berikut agar latihan selalu aman dan efektif.

1. Tetapkan tujuan

Menetapkan tujuan itu sangat penting. Dengan begitu, Anda jadi punya sesuatu untuk dikejar. Apakah itu ingin memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang sehat, membuat tubuh sedikit berotot, atau mungkin meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Semakin jelas tujuan Anda, semakin besar efektivitas olahraga Anda dalam meraih tujuan tersebut.

2. Tentukan batasan

Anda dapat menggunakan jasa personal trainer untuk membuatkan program yang akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan membantu mencegah cedera. Jika Anda kelebihan berat badan, tidak aktif, atau memiliki kondisi medis, penting untuk berkonsultasi dengan dokter dulu sebelum memulai olahraga. Dokter umum dapat membantu menentukan denyut jantung yang ideal untuk latihan Anda dan hal-hal penting lainnya.

3. Pilih jenis olahraga yang mudah

Jika Anda baru memulai rutinitas olahraga, pilih olahraga yang tidak terlalu rumit. Mulailah dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari. Meski terlihat simpel atau kurang keren, jalan kaki sangat membantu meningkatkan kapasitas kardiovaskular Anda, kekuatan kaki, dan kenikmatan berolahraga. Selain itu, Anda bisa mencoba bersepeda atau berenang.

Tipsnya, jika ingin melakoni olahraga yang lebih intens, pastikan tubuh sudah merasa siap. Di gym atau di rumah, Anda bisa mempraktikkan enam pola gerakan dasar ini untuk melatih kesiapan: push, pull, twist, squat, bend, dan lunge. Gerakan-gerakan ini menggunakan banyak sendi dan kelompok otot sekaligus, yang membantu meningkatkan kekuatan dan stabilitas inti serta membakar lebih banyak kalori.

4. Perlahan tapi pasti

Jangan lupa untuk beristirahat dengan benar setelah berolahraga. Ini penting, sebab pemulihan adalah salah satu parameter kebugaran yang paling sering diremehkan. Jika Anda berolahraga terus tanpa istirahat cukup, Anda bisa mengalami kelelahan kronis. Para atlet saja selalu menjadwalkan hari istirahat, untuk membiarkan tubuh mereka pulih, menjadi lebih kuat, dan tampil tanpa risiko cedera.

Itulah empat cara agar Anda yang kegemukan dapat berolahraga dengan tenang tanpa dihantui rasa takut cedera. Ingat, Anda tidak boleh memaksakan diri. Jika sudah terlalu lelah atau merasa melewati batas, segera berhenti dari latihan dan istirahatlah sejenak. 

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar