Sukses

Kenali Tanda Anda Tergolong Control Freak

Orang yang control freak kerap merasa bisa mengatur segala hal. Waspada, kenali ciri-cirinya di sini!

Apa Anda sering merasa khawatir mengenai hal yang dipikirkan orang lain atau selalu berusaha mengubah pasangan seperti yang diinginkan? Jika ya, maka bisa jadi Anda tergolong control freak.

Orang control freak akan selalu berusaha mengontrol lingkungan sekitarnya sesuai keinginannya, dibandingkan mengendalikan emosi dirinya sendiri. Apalagi ciri-ciri control freak? Berikut beberapa tandanya:

 

1 dari 5 halaman

1. Anda Punya Terlalu Banyak Aturan

Orang control freak cenderung berusaha mengatur banyak hal. Tak hanya mengatur orang lain, tapi ia pun kerap benar-benar mengendalikan semua aspek kehidupannya sendiri. 

Salah satu hal yang dilakukan adalah membuat berbagai aturan dan ritual yang sering kali tidak masuk akal.

Orang yang control freak juga cenderung mempersiapkan rencana berlebihan dalam setiap aktivitas. 

Bahkan, ia kerap menjadikan diri sendiri dan orang lain tidak produktif karena banyaknya aturan agar semua selalu sempurna.

2. Tidak Bisa Kerja Tim dengan Baik

Bergabung di dalam suatu tim berarti Anda harus "menyerah" dalam kondisi tertentu dan tidak dapat mengontrol semua rekan sepenuhnya. 

Tak heran bila banyak orang control freak lebih memilih bekerja sendiri dibanding kerja tim.

Pasalnya, ketika bekerja di dalam tim, ia akan berusaha mendikte dan mengubah perilaku orang lain bila tidak sesuai keinginannya.

Artikel Lainnya: Penyebab Orang Bersikap Bossy dan Ketus saat Bicara

2 dari 5 halaman

3. Percaya bahwa Kesuksesan 100 Persen Karena Dirinya

Seorang control freak percaya, usaha dan kemampuan yang cukup dapat membuatnya memperoleh segalanya. Ia tidak percaya dengan istilah "waktu yang tepat" atau keberuntungan.

Control freak akan berpendapat bahwa kegagalan bukanlah suatu opsi. Ia akan terus bersikap kritis terhadap diri sendiri ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai rencana.

4. Menghabiskan Banyak Waktu untuk Mengubah Orang Lain

Kebanyakan orang control freak meyakini dirinya tahu yang terbaik untuk orang lain. Ia berusaha meyakinkan orang lain untuk melakukan hal tertentu sesuai caranya. 

Mulai dari menceramahi, bersikap agresif, hingga memanipulasi kondisi tertentu akan dilakukan si control freak supaya orang lain bertindak sesuai keinginannya.

5. Membuang Energi untuk Mencegah Hal Buruk Terjadi

Dibanding bersiap menghadapi kemungkinan terburuk yang bisa terjadi, seorang control freak justru berusaha mencegahnya. 

Orang control freak sering tidak sadar bahwa banyak hal yang dapat terjadi di luar kendali.

Si control freak kerap membuang waktu dan energi agar hal-hal buruk tidak terjadi. Karena, sebetulnya seorang control freak meragukan kemampuan dirinya untuk bisa menerima kenyataan buruk.

Artikel Lainnya: Kenali Tipe Atasan yang Tak Baik untuk Kesehatan Anda

3 dari 5 halaman

6. Tidak Percaya Orang Lain untuk Melakukan Tugas Tertentu

Individu yang memiliki karakter control freak percaya, jika ingin hal-hal berjalan dengan baik dan sempurna, maka ia harus mengerjakannya sendiri.

Seorang control freak akan menolak mendelegasikan tugas kepada orang lain dan ingin mengerjakan semuanya sendiri. 

Ia berpikir, orang lain tidak akan mampu atau lama menyelesaikannya. Akibatnya, ia pun akan membuang banyak waktu dan energi.

7. Kerap Memandang Rendah Hasil Pekerjaan Orang Lain

Seorang control freak juga menjadi tidak sabar ketika orang lain yang mengerjakan atau berusaha melakukan suatu hal. 

Ia akan melihat kesalahan orang lain sebagai kemalasan atau kebodohan dan tidak menghargai proses belajar orang tersebut.

Lalu, ia juga akan merasa setiap orang harus "sukses" seperti dirinya, apa pun kondisinya. 

Orang control freak akan menetapkan standar tinggi pada diri dan orang lain. Akibatnya, hubungan interpersonal dengan orang lain menjadi buruk.

Artikel Lainnya: Bahaya Mengasuh Anak dengan Memaksa untuk Dewasa Sebelum Waktunya

4 dari 5 halaman

8. Sulit Mengakui Kesalahan dan Minta Maaf

Karena merasa semua harus sempurna, orang control freak cenderung menyalahkan keadaan atau orang lain saat sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan. 

Dalam kondisi yang lebih buruk, ia sangat sulit meminta maaf meski sudah terbukti salah.

9. Tidak Menerima Kata "Tidak"

Hasrat untuk mengendalikan semua aspek bahkan kehidupan orang di sekitarnya cenderung menjadikan seorang control freak sebagai individu yang memaksakan kehendak.

Saat orang lain tidak setuju dengan pendapatnya dan menolak sesuatu yang ditawarkan atau diminta, orang control freak cenderung mencoba segala cara untuk memengaruhi orang tersebut.

Apakah Anda memiliki ciri-ciri di atas? Bila ya, lebih baik segera diperbaiki. Menjadi control freak berarti Anda sudah menghabiskan banyak waktu dan energi untuk mengubah hal-hal yang tidak bisa dikontrol. 

Orang control freak juga akan mudah tersinggung dan marah, sehingga dapat berdampak pada kesehatan mentalnya. 

Coba tanamkan pada diri sendiri bahwa tidak semua hal bisa Anda kontrol. Terimalah kenyataan buruk yang terjadi dan hargai proses belajar setiap orang.

Ingin tahu tips kesehatan mental lainnya? Yuk, download aplikasi Klikdokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar