Sukses

Kenali Tanda Anda Tergolong Control Freak

Seorang control freak sering kali sulit memahami bahwa tidak semua hal bisa dikontrol. Kenali tanda lainnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda sering merasa khawatir mengenai apa yang dipikirkan oleh orang lain atau selalu berusaha untuk mengubah pasangan menjadi apa yang Anda inginkan? Bisa jadi, Anda tergolong control freak.

Seorang control freak akan selalu berusaha untuk mengontrol lingkungan sekitarnya menjadi apa yang diinginkan, dibandingkan berusaha mengontrol emosi diri. Ketahui tanda-tanda seseorang tergolong control freak di bawah ini.

  • Anda tidak bisa bekerja dengan baik di dalam tim

Bergabung dalam suatu tim berarti Anda harus "menyerah" dan tidak dapat mengontrol penuh orang-orang yang bekerja sama dengan Anda. Banyak control freak lebih memilih untuk bekerja seorang diri dibandingkan menjadi bagian dalam tim. Ketika bekerja dalam tim, dia akan berusaha mendikte perilaku orang lain dan berusaha mengubah sikap orang lain jika tidak sesuai dengan yang dirinya inginkan.

  • Anda percaya kesuksesan yang didapat 100 persen sepenuhnya karena diri sendiri

Seorang control freak percaya bahwa dengan usaha dan kemampuan yang cukup dan mumpuni, dia bisa memperoleh segalanya. Dia tidak percaya akan "waktu yang tepat" atau keberuntungan. Control freak akan berpendapat bahwa kegagalan bukanlah suatu opsi dan akan terus bersikap kritis terhadap diri sendiri ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai yang sudah direncanakan.

  • Anda menghabiskan banyak waktu untuk mengubah orang lain

Kebanyakan control freak percaya bahwa dirinya tahu yang terbaik untuk orang lain dan berusaha meyakinkan orang lain melakukan hal tertentu sesuai dengan "caranya". Mulai dari menceramahi, menjadi agresif, atau memanipulasi kondisi tertentu akan dilakukan si control freak supaya orang lain akan bertindak sesuai "caranya".

  • Anda membuang energi untuk mencegah hal-hal buruk terjadi

Dibandingkan mempersiapkan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi, seorang control freak akan berusaha mencegah hal-hal buruk terjadi. Seorang control freak sering tidak menyadari bahwa banyak hal yang dapat terjadi di luar kendali dirinya. Mereka akan membuang waktu dan energi berharap hal-hal buruk tidak akan terjadi. Itu karena sebetulnya, seorang control freak meragukan kemampuan dirinya untuk bisa menerima kenyataan buruk.

  • Anda tidak percaya orang lain untuk melakukan tugas tertentu

Si control freak percaya bahwa jika ingin hal-hal berjalan dengan baik dan sempurna, dia harus mengerjakannya seorang diri. Seorang control freak akan menolak mendelegasikan tugas pada orang lain, ingin mengerjakan semuanya sendiri, berpikir bahwa orang lain tidak akan mampu atau lama menyelesaikannya. Akibatnya, dia pun akan membuang banyak waktu dan energi.

Seorang control freak juga menjadi tidak sabar ketika orang lain yang mengerjakan atau berusaha melakukan suatu hal. Dia akan melihat kesalahan orang lain sebagai kemalasan atau kebodohan dan tidak menghargai proses belajar orang lain.

Dia juga akan merasa setiap orang harus "sukses" seperti dirinya apa pun kondisinya. Seorang control freak juga menetapkan standar yang tinggi pada diri dan orang lain. Akibatnya, hubungan interpersonal dengan orang lain menjadi buruk.

Menjadi control freak berarti Anda sudah menghabiskan banyak waktu, energi, mental dan usaha fisik untuk mengubah hal-hal yang tidak bisa Anda kontrol. Mereka juga akan mudah tersinggung dan mudah marah yang juga berdampak pada kesehatan mental dirinya. Cobalah tanamkan pada diri sendiri bahwa tidak semua hal bisa Anda kontrol, terimalah kenyataan buruk yang bisa terjadi dan hargai proses belajar setiap orang.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar