Kehamilan

Manfaat Bergabung dengan Kelas Prenatal Yoga

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 27 Jul 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Gerakan pada prenatal yoga dapat membantu melatih otot-otot inti ibu hamil. Intip manfaat prenatal yoga lainnya di sini, yuk.

Manfaat Bergabung dengan Kelas Prenatal Yoga

Ibu hamil perlu tetap bergerak untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan adalah prenatal yoga atau yoga hamil. Ada berbagai manfaat prenatal yoga bagi ibu hamil, mulai dari saat mengandung hingga persiapan menjelang persalinan nanti.

Menurut studi pada 2015 yang diterbitkan American Journal of Perinatology, wanita hamil mendapat manfaat besar dari prenatal yoga. 

Mereka menemukan, dibandingkan dengan olahraga lainnya, yoga menurunkan insiden komplikasi kehamilan dan berat badan lahir rendah, mengurangi rasa sakit dan stres, serta meningkatkan kualitas hubungan.

Apa Itu Prenatal Yoga?

Prenatal yoga dapat dilakukan oleh ibu hamil yang ingin tetap menjaga kebugarannya. Selain untuk menjaga kebugaran, manfaat prenatal yoga juga dapat membantu tubuh lebih siap menghadapi persalinan. 

Yoga khusus kehamilan berbeda dengan yoga biasa. Gerakan prenatal yoga untuk ibu hamil telah dipilih dan dimodifikasi sedemikian rupa agar aman dan tidak membahayakan ibu serta janin dalam kandungan.

Manfaat prenatal yoga pun tidak terbatas pada kebugaran fisik. Yoga jenis ini bisa menjadi salah satu cara untuk relaksasi mental ibu dalam menjalani kehamilan dan menyambut persalinan nanti.

Manfaat Prenatal Yoga untuk Ibu Hamil

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil bila mengikuti prenatal yoga. Namun, Anda tidak perlu terburu-buru untuk memaksakan diri bila baru pertama kali mencoba yoga hamil ini. 

Hal ini penting karena tujuan utama dari yoga adalah membuat Anda nyaman dan rileks. Rehatlah sejenak di sela-sela latihan agar tidak memengaruhi kehamilan Anda. 

Apa saja manfaat prenatal yoga di masa kehamilan Anda? Yuk, intip uraian di bawah ini:

Membangun Kekuatan untuk Kehamilan dan Persalinan

Dengan memiliki tubuh kuat dan fleksibel, maka Anda akan lebih siap untuk menghadapi tekanan fisik selama kehamilan dan persalinan. Apalagi, otot inti yang kuat membantu menopang tulang belakang dan punggung bagian bawah.

Otot-otot inti yang sama, termasuk otot-otot dasar panggul, juga membantu ketika Anda harus mengejan di ruang bersalin. Pose prenatal yoga dirancang khusus untuk menargetkan otot yang paling penting untuk kehamilan dan kelahiran.

Latihan pernapasan saat yoga hamil juga dapat meringankan sakit punggung dan sakit kepala yang biasa dialami wanita hamil. Ketika tiba saatnya untuk melahirkan, Anda dapat menggunakan teknik pernapasan itu untuk menenangkan dan memusatkan diri selama persalinan.

Artikel lainnya: Gerakan Senam Ibu Hamil untuk Melancarkan Persalinan

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidur yang buruk adalah keluhan umum pada wanita hamil. Menurut American Pregnancy Association, 78 persen wanita hamil mengalami insomnia. Ini dapat termasuk kesulitan tidur, sering terbangun di malam hari, kesulitan tidur kembali, dan tidak merasa segar setelah tidur.

Kurang tidur dapat memengaruhi kehamilan dan kelahiran. Lama kelamaan, gangguan tidur akan berefek buruk pada kehamilan, seperti durasi persalinan yang lebih lama dan meningkatnya kemungkinan kelahiran sesar.

Salah satu manfaat prenatal yoga adalah membantu Anda mendapatkan tidur berkualitas. Peneliti Universitas Harvard melihat efek dari 8 minggu latihan yoga reguler di antara 20 peserta yang menderita insomnia kronis. Hasilnya, mereka menemukan peningkatan efisiensi tidur, durasi tidur, dan waktu tidur.

Risiko Komplikasi Kehamilan Lebih Rendah

Beberapa komplikasi kehamilan dapat dialami ibu hamil. Misalnya, preeklampsia, kehamilan anggur, kehamilan ektopik, dan diabetes gestasional

Studi yang dipublikasikan di American Journal of Perinatology menemukan bahwa praktik yoga hamil dapat menghindarkan ibu hamil dari komplikasi itu.

Mengusir Stres

Kehamilan dapat menjadi masa-masa yang membuat wanita menjadi tegang, bahkan stres. Pemikiran-pemikiran seperti betapa menyeramkan proses melahirkan, berat bayi yang masih kurang, atau apakah Anda akan menjadi ibu yang baik, bisa membuat Anda cemas.

Latihan yoga yang teratur dapat membantu Anda tetap tenang dan rileks selama kehamilan dan saat melahirkan. Ini adalah salah satu manfaat prenatal yoga bagi kesehatan mental ibu yang sedang hamil.

Mempererat Hubungan Anda dengan Pasangan

Stres pada masa kehamilan adalah hal yang sering terjadi. Di sisi lain, benturan dengan pasangan juga sangat mungkin terjadi di antara Anda. Nah, pasangan yang berlatih yoga bersama dapat meningkatkan ikatan dan keintiman.

Namun, berlatih yoga sendiri juga dapat membantu Anda merasa tenang dan lebih terhubung dengan diri sendiri. Anda menjadi kurang emosional dan reaktif selama masa-masa ini.

Bertemu dan Berbagi Cerita dengan Ibu Hamil Lainnya

Bergabung dengan komunitas adalah satu hal yang dianjurkan bagi ibu hamil. Dari sisi sosial, ini akan sangat membantu karena bisa saling bertukar cerita tentang apa yang dirasakan. Tentunya, kelas yoga hamil bisa mengakomodasi kebutuhan itu.

Di kelas yoga, Anda dapat berbagi kekhawatiran, memberi serta mendapatkan saran dari ibu hamil lainnya yang mengalami masalah sama dengan Anda. Dengan begini, beban pikiran mengenai hamil dan bersalin dapat berkurang dengan berbagi bersama orang lain.

Artikel lainnya: 4 Olahraga untuk Ibu Hamil yang Perlu Dilakukan Rutin

Gerakan Prenatal Yoga untuk Ibu Hamil

Sekarang Anda sudah tahu, kan, manfaat prenatal yoga untuk ibu hamil? Jika ingin melakukan olahraga ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan. Apabila sudah mengantongi izin, pastikan Anda melakukannya di bawah pengawasan instruktur yang membidangi yoga khusus ini. 

Namun, jika Anda sudah pernah mengikuti prenatal yoga bersama instruktur, Anda bisa mencoba mengulangi gerakannya sendiri di rumah. Berikut beberapa gerakan prenatal yoga untuk ibu hamil yang dapat Anda lakukan:

  • Cobbler’s atau Tailor’s Pose. Gerakan ini membantu membuka panggul saat proses persalinan.
  • Pelvic Tilt atau Angry Cat. Gerakan ini bermanfaat untuk membantu meredakan sakit punggung.
  • Squatting. Gerakan ini berguna ketika Anda ingin mengistirahatkan bagian bawah tubuh Anda.
  • Side-lying Position. Posisi ini bisa digunakan untuk mengistirahatkan seluruh tubuh.
  • Standing Warrior. Gerakan ini mampu meredakan sakit punggung dan rasa linu di panggul.
  • Tree Posture. Posisi ini bisa memperkuat persendian dan meningkatkan keseimbangan.

Kehamilan adalah masa yang menuntut kesiapan fisik dan mental wanita. Nah, mengikuti kelas prenatal yoga dapat membantu Anda mempersiapkan fisik dan mental hingga waktu melahirkan tiba. Jadi, jangan ragu mengikuti kelas yoga hamil yang dibuka di rumah sakit atau klinik-klinik kehamilan.

Ingin tanya lebih lanjut mengenai manfaat prenatal yoga untuk kesehatan Anda? Tanyakan langsung kepada dokter kami di Tanya Dokter lewat aplikasi KlikDokter. Jangan lupa catat kehamilan Anda dengan menggunakan health tools kami.

[NWS]

Yoga Prenatal

Konsultasi Dokter Terkait