Sukses

Gejala Kanker pada Pria yang Sering Diabaikan

Beberapa penyakit kanker secara khusus menyerang pria. Ketahui berbagai gejala kanker tersebut agar Anda dapat lebih waspada.

Kanker bisa menyerang siapa saja, termasuk pria. Bahkan, beberapa jenis kanker lebih sering ditemui pada kaum pria. Biasanya akan timbul beberapa gejala yang mengindikasi kanker, namun gejala ini juga sering terlihat mirip dengan gejala penyakit lain.

Gejala kanker yang diketahui sejak dini bisa meningkatkan peluang kemungkinan untuk sembuh. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui seperti apa gejala kanker.

Berikut adalah berbagai gejala kanker pada pria yang kerap muncul:

1 dari 7 halaman

1. Masalah Saat Berkemih

Banyak pria mengalami masalah ketika berkemih. Gejala yang perlu diwaspadai adalah terlalu sering pergi ke kamar mandi, aliran kencing yang lemah, atau terasa sensasi terbakar saat kencing. Kondisi tersebut bisa saja menandakan gejala kanker prostat, yang juga mirip dengan gangguan kelenjar prostat.

Artikel Lainnya: Wahai Pria, Waspadai 5 Kanker Ini!

2. Perubahan Testis

Jika Anda melihat adanya benjolan atau perubahan lain pada testis, jangan pernah menunda untuk memeriksakannya. Tidak seperti kanker prostat yang tumbuh lambat, kanker testis dapat terjadi dalam waktu yang lebih singkat. Dokter biasanya akan mencari tahu dengan pemeriksaan fisik, tes darah, dan USG pada skrotum.

2 dari 7 halaman

3. Terdapat Darah pada Urine

Kondisi ini bisa menjadi gejala kanker pada pria, terutama di bagian kandung kemih prostat, atau gangguan ginjal. Meskipun gejala ini juga dapat dijumpai pada infeksi saluran kemih, sangat penting untuk mengetahui diagnosis yang tepat dan mengobati penyebabnya.

4. Buang Air Besar Berdarah

Perdarahan saat buang air besar merupakan tanda adanya masalah pada saluran cerna. Kondisi ini bisa disebabkan oleh wasir, tapi dapat juga menjadi gejala kanker pada pria.

3 dari 7 halaman

5. Gangguan Pola Buang Air Besar

Buang air besar seharusnya dapat terjadi setiap hari dengan konsistensi feses yang lunak dan tidak keras. Jika merasa konsistensi feses dan frekuensi buang air besar Anda tidak normal, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Artikel Lainnya: 3 Jenis Kanker yang Rentan Terjadi pada Pria

Kanker usus dapat menjadi salah satu penyebab gangguan pola buang air besar, seperti diare kronis atau sulit buang air besar.

6. Sesak Napas

Sesak napas umumnya merupakan tanda adanya gangguan pada saluran pernapasan, organ paru, atau jantung. Jika Anda merasa sesak napas, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan penyebab dari keluhan ini.

4 dari 7 halaman

7. Demam Tanpa Penyebab yang Jelas

Demam merupakan tanda dari berbagai penyakit. Sebagian besar kasus demam berhubungan dengan infeksi, tapi juga bisa berkaitan dengan kanker. Jadi, jangan anggap sepele keluhan demam tanpa penyebab infeksi yang jelas, karena bisa saja merupakan gejala penyakit serius.

8. Perubahan Kulit

Ketika melihat perubahan ukuran, bentuk, atau warna tahi lalat atau bintik lain pada kulit, temui dokter sesegera mungkin. Bintik-bintik yang baru atau terlihat berbeda bisa saja menjadi tanda awal dari gejala kanker pada pria.

5 dari 7 halaman

9. Kesulitan Menelan

Beberapa orang mengalami kesulitan menelan dari waktu ke waktu. Tetapi jika kondisi Anda tak kunjung membaik dan justru kehilangan berat badan atau muntah, bisa jadi Anda mengalami gejala kanker tenggorokan atau perut. Segera temui dokter untuk memastikan penyebab dari keluhan kesulitan menelan.

Artikel Lainnya: Pria yang Tidak Subur Dikaitkan dengan Risiko Kanker Prostat

10. Penurunan Berat Badan Tanpa Penyebab yang Jelas

Berat badan Anda turun tanpa penyebab yang jelas? Jangan senang dulu. Hal ini bisa menandakan adanya gangguan pada tiroid, bahkan bisa jadi gejala kanker. Jadi, jangan anggap sepele keluhan penurunan berat badan tanpa penyebab yang jelas.

6 dari 7 halaman

11. Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Jika Anda perokok dan mengalami batuk terus-menerus, merasa kehabisan napas saat batuk atau batuk darah, jangan menunda-nunda ke dokter. Batuk adalah tanda paling umum dari kanker paru-paru. Dokter akan menguji lendir dari paru-paru Anda untuk mengetahui kemungkinan infeksi yang terjadi.

12. Kelelahan

Banyak jenis kanker menyebabkan kelelahan tanpa penyebab yang jelas dan kondisinya tidak pernah membaik. Kondisi ini berbeda dari kelelahan yang Anda rasakan setelah seminggu sibuk dengan pekerjaan atau mungkin aktif di berbagai kegiatan.

Jika Anda terus merasa kelelahan, segera konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Kini, Anda telah mengetahui berbagai gejala kanker yang mungkin muncul pada pria. Jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter terdekat. Tak hanya untuk menangani gejalanya sebagai upaya penanganan dini, Anda juga dapat bertanya lebih lanjut kepada dokter terkait cara mencegah kanker.

Agar terhindar dari risiko penyakit kanker, mulailah terapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan berolahraga secara rutin.

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar