Sukses

Cara Wanita Menangkal Stres di Kantor

Stres di tempat kerja kerap menyerang wanita. Bagaimana mengatasinya? Simak cara mengatasi stres di kantor berikut ini.

Wanita pekerja kantoran biasanya memiliki beban ganda, yakni pekerjaan di kantor dan masalah di rumah. Saat di kantor, banyak pekerjaan yang belum selesai. Padahal, tenggat waktunya sebentar lagi.

Sementara, sesampainya di rumah, anak menghamburkan semua mainannya hingga berantakan dan suami meletakkan baju kotornya sembarangan. Melihatnya saja sudah bikin pusing, kan?

Karena dua hal itu, wanita cenderung mudah stres saat bekerja. Rutinitas seperti ini memang tidak bisa dihindari.

Tapi jangan khawatir, ketahui cara mengatasi stres pada wanita di kantor dalam ulasan ini.

Artikel Lainnya: Stres Bisa Picu Gangguan Kesuburan Pria dan Wanita

1 dari 3 halaman

Sumber Stres Wanita Karier

Sebelum mengetahui caranya, sebaiknya Anda juga mengetahui penyebab stres pada wanita pekerja, khususnya yang sudah berumah tangga.

Menurut Johns Hopkins Medicine, Amerika Serikat, beberapa sumber stres wanita pekerja adalah:

  • Kehilangan Keseimbangan Hidup

Wanita karier cenderung menghabiskan lebih banyak jam kerja dan menyisakan lebih sedikit waktu untuk kehidupan pribadinya.

Sementara saat di rumah, wanita kerap jadi pengasuh untuk anak-anak dan lansia. Akhirnya, keseimbangan hidup hilang dan bisa timbul stres.

  • Hubungan yang Tidak Baik di Kantor dan Luar Kantor

Wanita yang bekerja di kantor terkadang tak lepas dari diskriminasi gender oleh para pekerja pria.

Selain itu, pertemanan wanita di kantor juga terbilang lebih “sengit”, sehingga turut berpotensi membuat kaum hawa mengalami stres.

Belum lagi, saking banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan di rumah, terkadang keluarga di rumah juga protes karena tidak mendapatkan perhatian yang cukup.

  • Notifikasi di Gawai yang Sangat Banyak

Saat waktu pulang kantor tiba pun, terkadang masih ada saja notifikasi pekerjaan yang masuk ke gawai.

Jangan salah, melihat notifikasi yang terus-menerus muncul juga bisa mengurungkan niat untuk pulang dan memilih lembur sekalian. Jika ini terus terjadi, maka Anda rentan mengalami stres.

Artikel Lainnya: Antara Pria dan Wanita, Siapa Lebih Rentan Terserang PTSD?

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Stres di Kantor bagi Wanita

Menghilangkan penyebab stres secara total rasanya tidak mungkin dilakukan. Maka, yang bisa Anda lakukan adalah menghadapi rasa stres itu dengan cara yang lebih cerdik. Nah, cara-cara yang dimaksud adalah:

1. Cari Hobi Baru yang Asyik

Apa pun hobi yang sempat terhenti karena kesibukan, cobalah untuk dilakukan kembali. Sisakan waktu setiap hari supaya otak dan perasaan

Anda lebih relaks. Kalau tegang terus, mana bisa bekerja secara optimal keesokan harinya?

2. Sempatkan Berkumpul dengan Sahabat

Menatap laptop, kondisi kantor yang kompetitif, dan rumah yang berantakan hanya akan membuat penat dan sulit mengeluarkan unek-unek.

Cara yang paling mudah untuk mengeluarkannya adalah dengan menyempatkan waktu berkumpul bersama sahabat.

Sambil hang out di tempat makan favorit, Anda dan sahabat bisa bertukar cerita.

Artikel Lainnya: Benarkah Stres dapat Memicu Infertilitas?

3. Tidur Cukup

Tak cuma pikiran yang sedang ruwet, tubuh Anda juga bisa lelah dan butuh istirahat sejenak dari segala tekanan. Jika sudah demikian, maka solusinya adalah tidur!

Sebab, tidur adalah satu-satunya kegiatan terbaik untuk mengisi ulang tenaga setelah dipakai seharian.

Sebelum tidur, ada baiknya mandi air hangat untuk menghilangkan segala ketegangan pada tubuh. Anda pun bisa tidur lebih berkualitas.

4. Rutin Berolahraga

Luapkan saja amarah Anda ketika stres dengan berolahraga ketimbang membawa aura negatif ke rumah dan menghabiskan banyak es krim cokelat.

Alih-alih membuat Anda happy, hal tersebut justru bisa bikin angka timbangan naik! Setidaknya, lakukan jogging untuk membuang segala kekesalan.

5. Makan dengan Gizi Seimbang

Ketika sedang sibuk baik di kantor maupun di rumah, pastinya akan memicu stres dan cenderung akan makan makanan yang praktis. Tidak jarang lebih memilih makanan cepat saji.

Namun, sangat penting untuk menjaga pola makan dengan gizi seimbang. Selain dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, juga dapat menjaga mood tetap baik.

Artikel Lainnya: 5 Cara Mengatasi Gangguan Cemas Sebelum Menstruasi

6. Cukup Minum Air Putih

Cara utama menangkal stres adalah dengan menjaga pola hidup sehat.

Selain dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga, minum yang cukup juga merupakan hal penting. Cukupi kebutuhan harian minimal sekitar dua liter sehari.

7. Siapkan Me Time

Dengan rutinitas yang padat, sering kali kita merasa stres. Mungkin juga lebih mengutamakan kepentingan keluarga dan orang lain. Hal ini tidak sepenuhnya salah.

Namun, kita tetap harus menyiapkan me time sehingga bisa meredakan stres.

8. Quality Time Bersama Keluarga

Selain penting menyiapkan me time, quality time dengan keluarga juga penting. Buat batasan yang jelas antara waktu bersama keluarga dengan pekerjaan.

Sebaiknya, hindari membawa urusan pekerjaan ke rumah sehingga stres di kantor tidak merusak momen bersama keluarga.

Dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terkasih, stres di kantor bisa reda.

Itulah beberapa cara mengatasi stres pada wanita yang bisa Anda coba. Imbangi pula dengan kegiatan ibadah supaya bisa lebih kuat dalam menghadapi segala tekanan, baik dari kantor maupun rumah.

Ingin tahu tips pola hidup sehat dan bahagia lainnya? Yuk, download aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter lewat LiveChat, lho.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar