Sukses

Penyebab Jerawat Sering Muncul di Tempat yang Sama

Mungkin Anda pernah mendapati jerawat yang timbul berulang kali di tempat yang sama. Ternyata, ini penyebabnya.

Klikdokter.com, Jakarta Anda menghitung di depan cermin: sudah keempat kalinya jerawat kecil itu tumbuh di tempat yang sama. Habis hilang, muncul lagi dan lagi, pokoknya mengganggu! Tenang, bukan hanya Anda yang mengalaminya karena ini masalah yang umum terjadi. Kira-kira, apa ya penyebabnya?

  • Memakai kosmetik yang salah

Waspada dengan kandungan yang ada di kosmetik Anda! Beberapa kosmetik bersifat komedogenik sehingga dapat menyebabkan penyumbatan di pori-pori dan jerawat. Jika ada area spesifik di wajah yang terus-menerus berjerawat, sebaiknya cek label pada kosmetik Anda. Idealnya, semua produk kosmetik haruslah nonkomedogenik. 

  • Produk rambut

Pernah, kan, mendapati jerawat yang berkumpul terus-menerus di dahi? Jangan salahkan poni atau penataan rambut Anda, ya. Jerawat yang muncul di dahi bisa disebabkan oleh semprotan rambut dan minyak rambut yang Anda gunakan sehari-hari.

Saat Anda menyemprotkan atau mengoleskannya ke rambut, bisa saja sisanya mengenai area dahi. Dan karena produk tersebut tidak dibuat untuk kulit wajah, maka dapat menimbulkan jerawat.

  • Sering menyentuh wajah

Tanpa disadari, sebagian orang sering menyentuh wajah saat sedang melakukan aktivitas tertentu. Kebiasaan ini bisa mentransfer bakteri dari tangan ke wajah, yang kemudian memicu jerawat. Apalagi jika Anda baru mengonsumsi makanan berminyak lalu menyentuh telinga atau dagu tanpa mencuci tangan dahulu. Ingat, tangan adalah sumber kuman, jadi hindarilah menyentuh wajah dengan tangan.

  • Memencet jerawat

Memencet jerawat akan memicu terjadinya kerusakan atau jaringan parut pada kelenjar minyak. Hal inilah yang kemudian dapat memicu jerawat muncul kembali. Selain itu, mengutak-atik jerawat dapat menyebarkan bakteri ke lokasi yang berdekatan, menyebabkan jerawat yang sama terlihat muncul kembali padahal merupakan jerawat yang baru.

  • Jerawat kistik

Jerawat terbagi menjadi tiga tipe, yaitu jerawat komedo, jerawat radang, dan jerawat kistik. Ketiga tipe jerawat tersebut dapat menimbulkan jerawat yang berulang di tempat yang sama. Tapi, jenis jerawat kistiklah yang biasanya selalu muncul di tempat yang sama.

Jerawat kistik cenderung muncul pada orang dengan kulit berminyak. Remaja, wanita, dan orang tua dengan ketidakseimbangan hormon bisa mengalaminya. Biasanya jerawat ini dapat membaik seiring usia. Tapi, bekasnya sulit menghilang dengan sendirinya.

Mencegah munculnya jerawat

Jangan khawatir dengan jerawat yang membandel. Anda dapat mencegah munculnya jerawat atau menghilangkannya dengan cara-cara berikut ini:

  • Rutin mencuci muka minimal 2 kali sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan busa.
  • Menerapkan diet rendah lemak dan karbohidrat.
  • Olahraga minimal 3 kali per minggu, dengan durasi 30 menit per sesi.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Gunakan kosmetik secukupnya.
  • Hindari hal-hal yang dapat memicu kelenjar minyak, seperti alkohol, makanan pedas, dan rokok.
  • Hindari polusi udara. Atau gunakan masker saat sedang berada di luar.
  • Hindari memencet jerawat. 

Ada beberapa penyebab jerawat sering muncul di tempat yang sama, dari memakai kosmetik yang salah hingga jerawat kistik. Bila Anda sudah melakukan cara-cara di atas namun tetap tidak membantu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk terapi yang optimal.

[RS/ RVS]

1 Komentar