Sukses

Dampak Negatif Fogging Nyamuk bagi Kesehatan

Mencegah penyebaran nyamuk Aedes aegypti dapat dilakukan dengan fogging. Namun, metode ini dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Fogging merupakan salah satu pencegahan yang diperlukan untuk memberantas nyamuk penyebab penyakit demam berdarah, Aedes aegypti. Namun, di balik manfaatnya, fogging juga mempunyai efek samping merugikan bagi kesehatan.

Bagi Anda yang belum tahu, fogging merupakan tindakan penyemprotan cairan insektida yang dulunya mengandalkan zat pyrethroid sintetis. Namun sekarang, cairan yang digunakan pada fogging umumnya terbuat dari golongan organophosporester insectisida―seperti malathion, sumithion, fenithrothion, perslin.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), kandungan insektida di dalam gas fogging termasuk dosis minim yang hanya mampu membunuh hewan serangga berukuran kecil. Namun demikian, jika orang-orang yang berada di sekitar area fogging menghirup gas tersebut secara berlebihan, terjadinya efek samping merugikan tak bisa dihindari lagi.

Beberapa efek samping merugikan yang dimaksud, meliputi:

  1. Gangguan pencernaan

Penelitian menyebutkan adanya hubungan antara paparan malathion dengan kesehatan manusia. Diketahui bahwa zat kimia tersebut dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan dan menyebabkan gejala mual, muntah maupun diare.

  1. Gangguan sistem saraf

Paparan pestisida dalam waktu lama bisa memicu terjadinya reaksi neurotoksin pada tubuh. Gejalanya adalah gangguan ingatan, sulit berkonsentrasi, perubahan kepribadian, kelumpuhan, dan kehilangan kesadaran.

  1. Gangguan sistem kekebalan tubuh

Paparan pestisida dalam waktu lama dan berulang dapat mengganggu kekebalan tubuh. Hal ini membuat kuman berbahaya untuk menginfeksi dan menyebabkan penyakit.

  1. Gangguan saluran pernapasan

Asap tebal berbau menyengat yang keluar dari alat fogging bisa menyebabkan terjadinya gangguan saluran pernapasan, apalagi bila terhirup dalam jumlah berlebihan. Keadaan ini menyebabkan produksi lendir di saluran napas, iritasi, dan kanker saluran napas jika dibiarkan terjadi dalam jangka waktu lama.

  1. Memengaruhi kualitas sperma

Paparan senyawa malathion yang berlebihan pada pria diketahui dapat memengaruhi gerakan sperma. Dengan kata lain, malathion dapat menyebabkan gangguan kesuburan pada pria.

  1. Gangguan pada ibu hamil

Paparan asap fogging yang mengandung malathion pada ibu hamil dan dalam jangka waktu lama dapat memicu janin di dalam kandungan menjadi anak yang hiperaktif.

1 dari 2 halaman

Cegah dengan cara ini

Untuk menghindari efek samping asap fogging, berikut beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan:

  • Bungkus perabotan yang akan terpapar asap fogging dengan menggunakan koran bekas atau plastik sebelum penyemprotan dimulai.
  • Hindari meletakkan makanan di area terbuka saat penyemprotan dilakukan. Usahakan untuk menyimpan semua makanan di dalam lemari tertutup.
  • Jika Anda mempunyai bak mandi di dalam rumah, kosongkan air di dalamnya saat hari penyemprotan dilakukan.
  • Setelah penyemprotan dilakukan, buka semua pintu dan jendela rumah. Bersihkan seluruh lantai menggunakan cairan pembersih. Bersihkan pula area jendela dan seluruh perabot yang ada di dalam rumah.
  • Saat penyemprotan berlangsung, gunakan masker wajah. Jauhi lokasi penyemprotan sampai asap benar-benar menghilang.

Satu hal yang perlu Anda ketahui dari fogging, tindakan ini hanya bermanfaat untuk memusnahkan nyamuk Aedes aegypti dewasa. Dengan kata lain, fogging tak mampu memusnahkan nyamuk yang masih berbentuk jentik.

Jentik nyamuk hanya bisa dimusnahkan dengan cara menerapkan menjaga kebersihan lingkungan rumah dengan metode 3M: mengubur, menguras, dan menutup. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan bubuk abate sebagai usaha mematikan jentik nyamuk di bak kamar mandi atau di kolam ikan.

Sejatinya, fogging merupakan kebijakan pemerintah setempat untuk mencegah kejadian penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) akibat nyamuk Aedes aegypti. Jadi, meski bisa membawa dampak negatif bagi kesehatan, tindakan ini tetap membawa bisa membawa banyak keuntungan. Selama melindungi diri dengan melakukan tips di atas, Anda tak perlu khawatir akan efek samping yang ada di baliknya.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar