Sukses

Tips Peregangan untuk Anda yang Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama bisa mengundang segudang masalah kesehatan. Cegah hal tersebut dengan melakukan peregangan yang tepat.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda adalah pekerja kantoran yang duduk terlalu lama sepanjang hari di depan layar komputer? Jika ya, Anda sebaiknya berhati-hati. Ini karena kelamaan duduk merupakan cikal-bakal dari berbagai penyakit berbahaya.

Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, ketika Anda duduk terlalu lama, tubuh bisa mengalami perlambatan metabolisme, gangguan otot tulang belakang, peningkatan kadar kolesterol, serta kegemukan.

“Sebuah penelitian membandingkan orang dewasa yang menghabiskan kurang dari dua jam sehari untuk duduk di depan televisi dan orang dewasa yang aktif bergerak. Orang yang duduk memiliki peningkatan risiko sebanyak 50 persen untuk mengalami kematian akibat berbagai penyebab,” kata dr. Alvin.

Lebih lanjut, dr. Alvin menjelaskan bahwa duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah sebesar 125 persen.  Tak hanya penyakit, duduk terlalu lama juga dapat memengaruhi postur tubuh, termasuk bokong.

“Ternyata, jika Anda duduk terlalu lama, bentuk bokong juga dapat mengalami perubahan. Tonus otot dapat berkurang dan membuat bentuk bokong menjadi tidak berisi,” ungkap dr. Alvin.

1 dari 2 halaman

Mencegah dampak buruk duduk terlalu lama

Salah satu cara yang mencegah efek negatif dari duduk terlalu lama adalah dengan meluangkan waktu untuk melakukan peregangan. Mengutip Men’s Journal dan saran ahli medis KlikDokter, berikut yang bisa dilakukan:

1. Senam jari

Jari-jari lelah karena mengetik terus? Atasi hal tersebut dengan membuat posisi lengan lurus ke depan, lalu buka telapak tangan dengan ibu jari menunjuk ke atas. Lipat ibu jari ke telapak tangan Anda, lalu lilitkan jari lainnya ke kepalan tangan. Gerakkan jari-jari seperti posisi meremas. Setelah dua hingga tiga detik, kembali ke posisi awal dan ulangi beberapa kali sesuai kebutuhan.

2. Peregangan leher

Menatap layar komputer secara terus-menerus bisa bikin sakit mata dan kepala. Tahukah Anda bahwa kondisi tersebut bisa terjadi karena leher yang menegang?

Berdasarkan anjuran dr. Rio Aditya dari KliKDokter, Anda dapat melakukan hal berikut untuk mengatasinya:

  • Fleksi

Lakukan gerakan menunduk. Usahakan agar badan dan bahu Anda tidak bergerak. Lakukan hingga tengkuk leher Anda terasa meregang. Pertahankan posisi ini selama 10 detik, lalu kembali ke posisi netral (kepala menghadap lurus ke depan).

  • Ekstensi       

Lakukan gerakan mendongak ke atas. Usahakan agar badan dan bahu Anda tidak bergerak. Apabila terasa nyeri, jangan paksakan, lakukan semampu Anda.

  • Fleksi kanan-kiri

Lakukan gerakan menyentuh bahu kanan menggunakan telinga kanan, dan usahakan agar bahu Anda tidak bergerak. Ulangi gerakan yang sama untuk sisi kiri.

  • Rotasi kanan-kiri

Lakukan gerakan menengok ke kanan dan ke kiri. Upayakan agar badan Anda tidak ikut bergerak memutar.

3. Peregangan punggung dan bahu

Rotasi bahu dilakukan dengan cara menggerakkannya berputar ke depan dan belakang secara bersamaan dalam waktu 10 detik. Untuk punggung, Anda dapat duduk di tepi kursi, dekatkan dada dan lutut, kemudian peluklah kedua kaki hingga terasa regangan di punggung Anda. Sama dengan rotasi bahu, lakukan peregangan punggung selama 10 detik.

4. Gerakan khusus untuk pinggang dan pinggul

Pinggang dan pinggul Anda terasa linu? Cobalah berbaring telentang sambil memosisikan tangan lurus ke bawah. Kemudian, cobalah untuk mengangkat kaki kiri dan kanan secara bergantian tanpa menekuknya. Jika terasa sulit, Anda dapat menggunakan bantuan tali atau handuk untuk menarik kaki agar bisa tegak lurus ke atas.

Tips peregangan di atas dapat dilakukan secara rutin, khususnya jika Anda sering duduk terlalu lama. Hal ini bertujuan agar kebiasaan yang mau tidak mau harus Anda lakukan tidak berujung pada masalah kesehatan. Salam sehat!

[NB/ RVS]

1 Komentar