Sukses

Resep Awet Muda untuk Pria

Tak hanya wanita, pria juga bisa awet muda! Bagaimana cara awet muda bagi pria? Simak cara membuat wajah dan kulit awet muda bagi pria berikut ini

Penuaan, termasuk penuaan kulit, tak bisa dihindari oleh wanita maupun pria. Sayangnya, kaum pria masih banyak yang belum sadar akan pentingnya merawat wajah agar selalu sehat. Padahal merawat wajah juga merupakan cara awet muda.

Proses penuaan dapat dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari stres, polusi, rokok, pola makan yang tidak sehat, serta paparan sinar matahari. Jika tidak dirawat, perlahan kulit akan kering, kusam, muncul flek hitam, kerutan, hingga tampak kendur.

Bagi pria, ketahuilah bahwa penuaan bisa diperlambat. Berikut cara yang bisa dilakukan pria agar ia tampak awet muda.

1 dari 6 halaman

1. Menggunakan Tabir Surya

Cara awet muda bagi pria yang pertama adalah menggunakan tabir surya. Pria memang sering malas memakai produk perawatan kulit. Padahal, pria lebih sering di luar ruangan dan terpapar matahari.

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat mempercepat proses penuaan dengan memecah kolagen dan memperlambat pertumbuhan sel baru. Hal ini menyebabkan kulit jadi lebih tipis dan kehilangan kekencangan serta elastisitasnya.

Jadi, gunakanlah tabir surya dengan SPF 15-30 sebelum beraktivitas.

Artikel Lainnya: 5 Perbedaan Perawatan Wajah Pria dan Wanita

2. Pilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

Kenakan pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Hindari menggunakan pakaian yang kebesaran ala penyanyi hip hop atau dad jeans. Celana jeans tersebut memiliki bagian pinggang yang tinggi dan biasa dikenakan pria tua yang merasa mereka tak lagi keren.

Tidak perlu menyulap penampilan Anda hingga semuda generasi milenial. Pakai baju dengan ukuran pas agar membuat Anda tampak lebih bugar, tinggi, ramping, dan tentunya lebih muda!

2 dari 6 halaman

3. Kurangi Konsumsi Gula

Gula berkontribusi pada munculnya keriput dan kekeringan di kulit wajah. Gula juga menyebabkan peradangan yang dapat menimbulkan jerawat.

Hindari soft drink, kopi dengan pemanis, aneka permen, dan terlalu banyak mengonsumsi dessert. Anda juga harus waspada terhadap kandungan gula berlebih yang kerap tersembunyi dalam makanan, seperti jus, protein bar, sereal, dan yoghurt.

Artikel Lainnya: Senyum Bikin Awet Muda, Mitos atau Fakta?

4. Gunakan Pelembap

Pakai pelembap juga merupakan salah satu cara agar pria awet muda. Pelembap berguna untuk menghidrasi kulit sehingga mencegah timbulnya kerutan. Bagi Anda yang sering menggunakan krim cukur di wajah, krim tersebut dapat membuat wajah kering.

Setiap pagi, gunakanlah pelembap sesuai jenis kulit, lalu gunakan tabir surya. Menggunakan dua skincare tersebut secara rutin dapat membuat kulit wajah Anda awet muda.

3 dari 6 halaman

5. Pangkas Jenggot

Salah satu tanda kedewasaan fisik adalah dengan tumbuhnya jenggot. Akan tetapi, jenggot dapat membuat Anda terlihat lebih tua dari umur sebenarnya, terlebih bila tidak dirawat dengan baik dan dibiarkan tumbuh panjang.

Jika Anda tipe pria yang suka memelihara jenggot, rawatlah dengan baik agar tetap terlihat rapi. Jangan biarkan jenggot tumbuh panjang tak beraturan.

Artikel Lainnya: Jangan Salah, Ini Perawatan Wajah yang Tepat untuk Pria

6. Berhenti Merokok

Rokok tak hanya merusak tubuh Anda, tapi juga membuat Anda terlihat lebih tua. Sebab, merokok dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Selain itu, radikal bebas yang terkandung dalam rokok juga dapat membuat sel-sel tubuh menjadi rusak, termasuk kolagen di kulit.

Apabila Anda masih merokok, usahakan untuk berhenti jika ingin terlihat awet muda. Selain itu, berhenti merokok juga dapat membuat Anda lebih sehat dan menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya.

4 dari 6 halaman

7. Konsumsi Makanan bernutrisi

Kurangi mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, tinggi lemak, dan kolesterol. Sebaiknya, konsumsilah makanan bernutrisi seperti sayur, buah-buahan, gandum utuh, atau kacang-kacangan. Menjaga pola makan juga merupakan cara awet muda bagi pria.

Pria juga harus menghindari konsumsi makanan cepat saji, makanan beku, dan makanan dalam kemasan. Makanan tersebut memiliki kalori tinggi dan juga pengawet yang dapat membuat Anda lebih cepat mengalami penuaan.

Artikel Lainnya: Inilah Sederet Perbedaan Kulit Wajah Pria dengan Wanita

8. Merawat Rambut

Tak hanya wajah, tapi rambut juga perlu dirawat agar pria tampak awet muda. Potongan rambut dapat membuat Anda terlihat lebih muda ataupun tua. Oleh karena itu, perhatikan model potongan rambut Anda.

Tak perlu selalu mengikuti tren potongan rambut yang baru. Tetapi, pastikan potongan rambut tersebut rapi dan terlihat bersih.

5 dari 6 halaman

9. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit Anda. Sebab, kurang tidur dapat membuat kantung mata bengkak dan berwarna gelap. Penampilan Anda pun akan tampak tua.

Pastikan Anda tidur yang cukup sebanyak 6-8 jam setiap malam untuk mendapatkan tubuh dan kulit yang sehat.

Artikel Lainnya: Bolehkah Pria Menggunakan Produk Perawatan Wajah Wanita?

10. Rajin olahraga

Saat menginjak usia 40 tahun, otot menjadi kurang lentur dan gerak tubuh tak lagi selincah dulu. Anda akan kehilangan kekuatan sel otot, sehingga membuka jalan bagi penyakit yang berkaitan dengan usia.

Lakukanlah olahraga rutin agar tubuh dapat bergerak cukup. Olahraga rutin juga dapat mengurangi cedera dan membangun kembali sel yang mati demi memperlambat penuaan.

Itu dia beberapa cara awet muda bagi pria yang bisa dicoba. Proses penuaan memang tidak bisa dicegah, tapi dengan melakukan perawatan di atas, Anda dapat memperlambat prosesnya dan memiliki kulit yang sehat, segar, dan tampak awet muda.

Cari tahu informasi kesehatan selanjutnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar