Kesehatan Anak

8 Tips Menciptakan Ruang Bermain Anak di Rumah

dr. Muhammad Isman S, 06 Nov 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Membangun ruang bermain anak di rumah perlu perencanaan yang matang. Agar lebih sehat, simak tips mendesain ruang bermain anak berikut ini!

8 Tips Menciptakan Ruang Bermain Anak di Rumah

Banyak sekali contoh ruang bermain anak di Instagram dengan berbagai dekorasi dan desain interior yang cantik. Ingin rasanya menciptakan ruang bermain yang apik seperti di dalam foto-foto tersebut. 

Namun, orang tua biasanya mengeluh kalau ruang anak bermain memerlukan furnitur dan barang-barang yang tidak murah harganya.

Sebenarnya ruangan bermain anak tidak harus mahal. Tapi, pastikan ruangan tersebut aman, nyaman, menarik, dan tentunya dibuat dengan bujet yang terjangkau.

Untuk membantu kamu, berikut adalah sejumlah tips mendesain ruang bermain anak yang bagus di rumah:

1. Buatlah Perencanaan Matang

Anak akan menghabiskan banyak waktu di ruang bermain tersebut. Karena itu, pembuatan ruang bermain anak perlu perencanaan yang matang.

Sebelum memutuskan untuk membuat ruang bermain anak di rumah, kamu harus merencanakan terlebih dahulu bagaimana ruang bermain tersebut akan dibentuk.

Apa barang-barang dan perabotan yang akan diletakkan di ruangan tersebut, apa warnanya, bagaimana tata letaknya, dan lain sebagainya.

2. Perhatikan Bagian Dinding

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagian dinding dari ruang bermain tersebut. Dinding merupakan area terluas di rumah yang apabila tidak dijaga dengan baik kebersihannya, dapat menyebarkan berbagai jenis kuman.

Agar anak selalu terlindungi saat beraktivitas di ruang bermain, kamu dapat menggunakan cat dinding yang memiliki teknologi silver-ionanti-stain, dan low odour.

Silver-ion dapat melindungi anak dari kuman karena memiliki kemampuan melawan bakteri berbahaya. Anti-stain berguna untuk menolak noda cair. Dan low odour merupakan formula yang membuat cat tidak berbau saat aplikasi maupun pengeringan.

3. Aman

Ruang bermain anak haruslah aman. Jauhkan benda-benda yang dapat membahayakan anak.

Beberapa barang tersebut adalah pinggir meja yang tajam, perabotan dari kaca, cermin besar, atau pintu lemari yang terbuat dari kaca. Kamu juga harus mengamankan stopkontak dari jangkauan anak.

Artikel Lainnya: Manfaat Bermain Peran untuk Tumbuh Kembang Anak

4. Bersih

Kebersihan juga sangat penting untuk dijaga di ruang bermain anak. Jangan memilih perabotan kain yang terlalu berbulu, misalnya gorden dan karpet berbulu yang dapat menyimpan debu dan kotoran. Hal ini penting untuk dicermati, apalagi jika anak memiliki risiko alergi.

Untuk mengatasi hal tersebut, akan lebih baik jika kamu meletakkan karpet yang terbuat dari karet yang mudah dibersihkan apabila kotor atau basah. Karpet karet yang tebal dan empuk juga dapat berfungsi sebagai pengaman apabila anak terjatuh.

5. Perabot yang Tepat

Sebisa mungkin letakkan perabot yang terbuat dari plastik yang berkualitas untuk anak. Aman, tapi tetap kokoh.

Siapkan pula tempat penyimpanan dalam jumlah yang cukup agar anak dapat menyimpan mainannya dengan rapi dan teratur.

Kamu dapat menaruh lemari, rak, ataupun keranjang beraneka warna dan bentuk untuk menyimpan mainan serta buku anak.

6. Bermain dengan Warna

Apabila anak sudah cukup besar dan mengerti, kamu dapat menanyakan apa warna kesukaannya. Jika anak masih terlalu kecil untuk dimintai pendapat, kamu dapat menggunakan warna-warna netral dan cocok dengan warna perabotan di dalam kamar.

Warna-warna seperti putih, abu-abu, cokelat, dan krem bisa menjadi pilihan. Hindari menggunakan terlalu banyak warna, apalagi sampai tabrak warna yang membuat ruangan kurang sedap dipandang mata.

7. Siapkan Alat-alat Seni dan Berkarya yang Aman

Jaga Kesehatan Mental dengan Seni Melipat Origami (AnastasiaNi/Shutterstock)

Anak-anak senang dengan seni dan berkarya. Jadi, siapkanlah alat-alat yang bisa mereka gunakan untuk membuat karya di ruang bermain mereka.

Namun, pastikan alat-alat tersebut cukup aman agar tidak melukai mereka saat bermain. Hindari juga menggunakan material yang toksik bagi mereka.

Alat-alat seperti gunting dan lem cukup berbahaya bagi anak. Oleh sebab itu, singkirkan pula kedua alat tersebut dari ruang bermain mereka. Jika ingin menggunakan, harus berada dibawah pengawasan orang tua.

Artikel Lainnya: 9 Manfaat Bermain Playground untuk Tumbuh Kembang Anak

8. Pilih Lantai yang Aman untuk Anak

Lantai adalah salah satu tempat bermain utama anak. Mereka senang berbaring di lantai sambil melakukan berbagai aktivitas lainnya. Jadi, pastikan lantai ruang bermain anak aman untuk mereka.

Kamu bisa gunakan berbagai bahan seperti karet, karpet lembut, tikar busa, atau permadani yang aman untuk anak. Selain keamanan, pikirkan juga untuk membuat desain lantai yang menarik bagi mereka.

Itulah sejumlah cara yang bisa kamy lakukan untuk menciptakan ruang bermain anak yang bagus sekaligus sehat. 

Konsultasi terkait anak dan pola asuh lainnya melalui fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter di aplikasi KlikDokter

(PUT/AYU)

Tumbuh Kembang AnakAnakRuang Bermain Anak

Konsultasi Dokter Terkait