Sukses

Ini Dia 8 Tips Bebas Stres di Hari Senin

Setelah akhir pekan yang menyenangkan, rasanya berat untuk beraktivitas kembali di hari Senin. Agar tidak stres, lakukan cara-cara mudah berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Hari Senin pastinya menjadi momok tertentu bagi para pekerja. Bagaimana tidak? Mereka harus kembali berjibaku dengan tugas-tugas kantor yang menumpuk selepas akhir pekan, serta kembali menghadapi jalanan yang macet. Ironisnya, berbagai situasi tersebut bisa mengakibatkan stres.

Dilansir dari Healthline, stres adalah adalah situasi yang memicu respons biologis tertentu. Biasanya kondisi ini muncul ketika Anda merasakan terancam atau tertekan.

Bagi pribadi yang aktif dan produktif, stres adalah tantangan yang harus dikelola dengan baik. Meski demikian, mengatasi stres tak semudah membalikkan telapak tangan.

Stres yang dibiarkan berlarut-larut rentan menjadi depresi. Jika tidak segera diatasi kondisi ini bisa memicu gangguan mental yang lebih parah.

Lakukan ini agar tidak stres

Menurut dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA dari KlikDokter, stres bisa membuat orang mudah murung, kinerja menurun, sulit berkonsentrasi, bahkan sulit tidur dan makan. Tak hanya itu, stres juga bisa memengaruhi performa pekerjaan. Agar terhindar dari stres, berikut ini adalah kiat-kiatnya:

  1. Buat rencana menyenangkan sepulang kerja

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, merencanakan hal yang menyenangkan setelah pulang kerja menjadi salah satu cara menghindarkan diri dari stres. Anda bisa coba mengatur waktu untuk bertemu dengan teman atau menghibur diri dengan menikmati makanan favorit. Dengan cara ini, Anda pun menjadi kembali bersemangat untuk melanjutkan aktivitas berikutnya.

  1. Hindari menyelesaikan seluruh pekerjaan seharian

Setelah akhir pekan, pekerjaan tentu saja akan menumpuk. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak memaksa diri untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam satu hari, karena hanya akan membuat Anda stres. Buatlah skala prioritas, mana yang akan Anda kerjakan terlebih dahulu dan selesaikanlah satu-persatu.

  1. Dengarkan musik

Menurut Mayo Clinic, mendengarkan musik adalah salah cara penghilang stres yang baik karena dapat mengurangi ketegangan otot, dan mengurangi hormon stres. Putar musik yang Anda sukai dan nikmati iramanya. Untuk membuat tubuh lebih rileks, Anda dapat memilih musik klasik dengan irama yang menenangkan.

  1. Lebih banyak tertawa

Humor yang baik dapat membantu Anda merasa lebih baik. Menurut Mayo Clinic, tertawa tidak hanya meringankan beban mental tetapi juga menyebabkan perubahan fisik yang positif dalam tubuh Anda. Jadi, bacalah beberapa lelucon dan bagikan kepada teman Anda, tonton tayangan komedi, atau bergaul dengan teman-teman Anda yang lucu.

  1. Makan cokelat

Menurut studi yang dipublikasikan oleh The Journal of Proteome Research, konsumsi cokelat – terutama dark chocolate – dapat membantu menurunkan kadar stres. Kandungan antioksidan polifenol dalam cokelat cukup efektif untuk mengurangi stres. Para ahli menyarankan Anda untuk memilih cokelat dengan kadar 70 persen. Tapi ingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya, ya!

  1. Asupan sehat

Seperti dikatakan dr. Dyah Novita Anggraini, makanan sehat juga bisa melepaskan diri Anda dari stres. Rencanakan makan siang Anda dengan menyantap brokoli, bayam, asparagus, dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.

  1. Pijat

Untuk yang satu ini, Anda bisa rencanakan setelah pulang kerja. Menurut peneliti dari Emory University, Amerika Serikat, pijatan yang dilakukan secara rutin dapat menurunkan tingkat kortisol, yakni hormon yang berkaitan dengan kondisi stres dan dapat meningkatkan kadar gula darah.

  1. Cintai pekerjaan Anda

Pekerjaan akan terasa berat jika Anda tidak menyukainya. Seperti orang bijak berkata, cintai apa yang kamu kerjakan, dan kerjakan apa yang kamu cintai. Jadi, pilihlah pekerjaan yang membuat Anda bisa menikmati liburan pada akhir pekan dan tak merasa tertekan saat harus menghadapinya lagi.

Stres berkepanjangan akibat pekerjaan yang menumpuk di hari Senin dapat menimbulkan penyakit, baik fisik atau mental. Jadi, kelola stres dengan sebaik-baiknya. Imbangi keseharian Anda dengan pola hidup sehat dan lakukan berbagai tips di atas agar terhindar dari stres yang dapat berujung pada depresi.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar