Sukses

Jaga Kesehatan Lambung dengan Cara Ini

Seperti organ lainnya, kesehatan lambung sangat penting untuk diperhatikan. Agar tetap prima, lakukan cara-cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kesehatan lambung adalah satu hal penting yang mesti diperhatikan sejak dini. Sayangnya, banyak orang sering melakukan kebiasaan yang justru dapat mencederai lambungnya.

Jika Anda tidak menjaga kesehatan lambung dengan baik, akan ada banyak risiko penyakit yang siap mendera. Beberapa gangguan kesehatan akibat kesehatan lambung yang tak dijaga, antara lain:

1. GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit saluran cerna bagian atas. Penyakit ini umumnya disebabkan karena lower esophageal sphinchter tidak berfungsi dengan baik. Gejala utamanya adalah rasa terbakar di dada, yang bisa menyebar hingga tenggorokan dan mengakibatkan rasa asam di mulut.

2. Tukak lambung

Tukak lambung merupakan luka yang terjadi pada lapisan lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Gejala utamanya adalah rasa nyeri atau perih pada perut. Bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori dan konsumsi obat antinyeri berkepanjangan.

3. Kanker lambung

Belum dapat dipastikan apa yang menjadi penyebab kanker lambung. Namun, terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya kanker lambung, seperti infeksi bakteri Helicobacter pylori, konsumsi makanan yang diawetkan dengan cara diasinkan dan diasapi, anemia pernisiosa, radang lambung kronis, dan lain-lain.

1 dari 2 halaman

Tips menjaga kesehatan lambung

Tak hanya tiga penyakit di atas, banyak sekali gangguan kesehatan yang dapat Anda rasakan jika tak memelihara kesehatan lambung. Berdasarkan anjuran ahli kesehatan dr. Mega Putri kepada Klikdokter, berikut cara tepat menjaga kesehatan lambung:

1. Kelola stres

Cobalah untuk mengelola stres dengan baik agar tidak memengaruhi pencernaan. “Dalam keadaan stres, bisa saja seseorang mengalami perasaan yang tidak nyaman pada bagian perutnya. Hal tersebut terjadi karena perasaan cemas dapat mengganggu keseimbangan pencernaan,” kata dr. Mega.

Pada beberapa orang, hal tersebut dapat memicu kembung, nyeri perut dan sembelit. Sedangkan beberapa orang lainnya mengeluhkan diare. Selain itu, stres juga bisa menurunkan nafsu makan seseorang.

2. Makan dengan benar

Luangkan waktu untuk makan secara perlahan dan tidak terburu-buru. “Makan terburu-buru akan membuat makanan menjadi sulit dicerna sehingga menambah beban kerja  lambung,” jelas dr. Mega.

Hindari juga makan secara berlebihan, serta mengonsumsi makanan besar sebelum tidur. Makan malam terakhir setidaknya dua sampai tiga jam sebelum tidur. Ingat juga untuk mencukupi kebutuhan cairan per hari.

3. Jauhi makanan asam dan pedas

Saat makanan masuk ke dalam lambung, secara alami lambung akan mengeluarkan asam HCl. Namun, jika makanan yang dikonsumsi bersifat pedas atau asam, lambung mengeluarkan asam HCl yang semakin banyak. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lapisan dalam lambung yang memicu perih. Karena itu, sebaiknya kurangi atau hindari konsumsi makanan pedas dan asam.

“Makanan yang pedas dan asam dapat memicu lambung untuk mengeluarkan asam lambung lebih banyak lagi. Hal ini juga dapat terjadi pada lambung yang kosong. Lambung yang lama kosong akan menghasilkan asam lambung yang juga bisa menyebabkan iritasi pada dinding lambung,” ujar dr. Mega.

Lakukan tips menjaga kesehatan lambung di atas agar Anda dapat beraktivitas kembali dengan  normal. Jika tak menjalankan pola makan dengan baik serta gaya hidup sehat lainnya, siap-siap saja berbagai penyakit akan mengintai. Jadi, mulailah menjajaga kesehatan lambung Anda dari sekarang!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar