Sukses

Jaga Kesehatan Lambung dengan Cara Ini

Seperti organ lainnya, kesehatan lambung sangat penting untuk diperhatikan. Ini cara menjaga kesehatan lambung yang bisa Anda lakukan.

Lambung adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Sayangnya, masih banyak orang sering melakukan kebiasaan yang justru dapat mencederai lambungnya. Jika Anda tidak menjaga kesehatan lambung dengan baik, akan ada banyak risiko penyakit yang siap mendera.

Beberapa gangguan kesehatan akibat kesehatan lambung yang tak dijaga, antara lain gastritis dan tukak lambung. Untuk mengurangi risiko gangguan lambung tersebut, penting bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat secara konsisten. Simak selengkapnya mengenai cara menjaga kesehatan lambung berikut ini.

1 dari 2 halaman

Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Di bawah ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan pencernaan yang dapat Anda lakukan:

  1. Kelola Stres dengan Baik

Tahukah Anda bahwa terdapat hubungan antara apa yang Anda pikirkan dan gangguan saluran cerna? Hubungan ini dikenal dengan gut-brain axis.

Cobalah untuk mengelola stres dengan baik agar tidak memengaruhi pencernaan. Pasalnya, dalam keadaan stres, seseorang bisa mengalami perasaan yang tidak nyaman pada bagian perutnya. Hal tersebut terjadi karena perasaan cemas berhubungan dengan berbagai keluhan pencernaan.

Pada beberapa orang, stres psikis dapat memicu kembung, nyeri perut, dan sembelit. Jadi, atasilah stres Anda dengan baik sebagai cara menjaga kesehatan lambung.

Artikel Lainnya: Pencernaan Bermasalah Akibat Stres? Lakukan 4 Langkah Ini

  1. Makan dengan Benar

Pola makan yang baik adalah langkah awal agar lambung sehat. Luangkan waktu untuk makan secara perlahan dan tidak terburu-buru. Hindari juga makan secara berlebihan, serta mengonsumsi makanan besar sebelum tidur.

Disarankan untuk makan malam setidaknya dua sampai tiga jam sebelum tidur. Ingat juga untuk mencukupi kebutuhan cairan per hari.

  1. Jauhi Makanan Asam dan Pedas

Saat makanan masuk ke dalam lambung, secara alami lambung akan mengeluarkan asam HCl. Namun, jika makanan yang dikonsumsi bersifat pedas atau asam, lambung mengeluarkan asam HCl yang semakin banyak.

Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lapisan dalam lambung yang memicu perih. Karena itu, sebaiknya kurangi atau hindari konsumsi makanan pedas dan asam sebagai cara menjaga kesehatan lambung Anda.

Artikel Lainnya: Mengapa Panik Picu Sakit Perut?

  1. Hindari Kopi

Jika Anda sudah memiliki berbagai keluhan lambung, lebih baik Anda mengurangi asupan kopi. Kopi dapat menyebabkan peningkatan pengeluaran asam lambung, yang berhubungan dengan gejala kembung dan nyeri ulu hati.

  1. Kurangi Asupan Makanan Berlemak

Makanan berlemak seperti susu full cream dan cokelat dapat menyebabkan penurunan katup esofagus. Hal ini akan memudahkan asam lambung naik dan menyebabkan timbulnya berbagai keluhan terkait pencernaan.

  1. Hindari Penggunaan Obat Sembarangan

Salah satu cara menjaga kesehatan lambung adalah dengan menghindari penggunaan obat sembarangan. Ada beberapa obat-obatan yang berhubungan dengan keluhan lambung, salah satunya obat penghilang rasa nyeri.

Karena itu, agar lambung sehat, hindari penggunaan obat penghilang rasa nyeri sembarangan dan tanpa anjuran dari dokter. Pada keadaan yang berat, lambung dapat berdarah karena penggunaan obat ini.

  1. Jaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor risiko dari naiknya asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease). Karena itu, capai atau pertahankan badan badan ideal Anda.

Menerapkan pola makan sehat serta olahraga dapat membantu menurunkan keluhan GERD sekaligus menjadi cara menjaga kesehatan lambung.

  1. Kontrol ke Dokter

Jika Anda memiliki keluhan kembung, nyeri ulu hati atau mual, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada diri Anda dan menentukan kemungkinan penyebab dari keluhan Anda. Jangan biarkan masalah lambung terjadi berlarut-larut.

Lakukan tips menjaga kesehatan lambung di atas agar organ tersebut selalu prima. Tak hanya pola makan yang harus diperhatikan, tetapi juga gaya hidup sehat lainnya seperti mengontrol berat badan, menghindari penggunaan obat sembarangan, dan lainnya.

Ingin mengetahui info kesehatan lainnya? Konsultasikan langsung kepada dokter-dokter kami dengan menggunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar