Kesehatan Mental

Mengapa Nonton Final Piala Dunia Bisa Bikin Bahagia?

Bobby Agung Prasetyo, 13 Jul 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tahukah Anda, bahwa nonton final Piala Dunia bisa bikin bahagia? Simak penjelasannya selengkapnya di sini.

Mengapa Nonton Final Piala Dunia Bisa Bikin Bahagia?

Dengan berakhirnya babak semifinal, kini hanya tinggal tersisa dua pertandingan pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Pertama adalah perebutan posisi ketiga antara Inggris vs Belgia, dan tentu yang paling dinanti-nanti, pertandingan final antara Prancis vs Kroasia. Menurut sebuah penelitian, nonton final Piala Dunia dan pertandingan sejenis lainnya dapat membawa manfaat baik,salah satunya bisa bikin bahagia.

Berdasarkan penelitian, nonton final Piala Dunia dan pertandingan krusial sepak bola lainnya terbukti ampuh dalam memicu kebahagiaan. Hal ini turut dibeberkan oleh Daniel Wann dari Universitas Negeri Murray, Amerika Serikat (AS), dalam bukunya yang berjudul “Sport Fans: The Psychology and Social Impact of Spectators”.

Timbulnya rasa kebersamaan

Relasi dengan orang lain sangat penting bagi kebahagiaan seseorang, dan ini sudah dibuktikan lewat banyak penelitian psikologi. Dalam hal ini, kebahagiaan dapat timbul lewat bertemu komunitas baru sesama pendukung tim yang sama. Situasi ini akan menciptakan rasa kebersamaan.

Sebagai contoh, Anda akan mengenakan pakaian atau atribut tim (jersey, syal, dan lain-lain), menyanyikan lagu, atau menyorakkan yel tim. Kebersamaan itu dapat membuat setiap pendukung jadi terhubung satu sama lain.

Mereka akan dengan mudah berkomunikasi tentang tim kebanggaannya meski tak saling kenal. Puncaknya, ketika tim kebanggaannya berhasil memenangkan pertandingan, bahkan kejuaraan penting, para suporter akan merasakan luapan emosi kebahagiaan yang sama. Kegembiraan dan kebahagiaan karena tim yang didukungnya menang adalah emosi yang berharga.

Kebahagiaan dalam pembahasan ini sebetulnya bisa terjadi secara sederhana, yaitu sekadar kumpul bersama teman-teman sambil nonton bareng final Piala Dunia. Tak hanya seru, tapi sekaligus dapat memupuk tali silaturahmi.

Manfaat nonton bareng final Piala Dunia dari segi kesehatan

Siapa sangka aktivitas nonton bareng alias nobar pertandingan Piala Dunia yang disiarkan secara langsung bersama keluarga atau teman-teman sangat bermanfaat untuk hubungan sosial. Menurut Renee Clauselle, psikolog keluarga dari Long Island, AS, nobar pertandingan sepak bola mampu memperkuat ikatan dalam sebuah komunitas.

"Menonton pertandingan olahraga, baik dalam kejuaraan tingkat tertinggi maupun terendah, mampu memperkuat ikatan serta menjadi ajang seseorang lebih terbuka akan hal-hal pribadi," katanya.

Misalnya, saat sedang nobar pertandingan tertentu, bisa muncul perbincangan seperti rekan kerja yang mengakui bahwa dirinya adalah pemain sepak bola saat di bangku SMA, dan lain-lain. Topik perbincangan seperti ini mampu meningkatkan ikatan dalam hubungan selanjutnya.

Kumpul-kumpul seperti ini juga dapat bermanfaat bagi kesehatan. Saat nonton final Piala Dunia misalnya, Anda jadi lebih bersemangat dalam berteriak, melompat, hingga bertepuk tangan.

Bisa juga untuk hilangkan stres

Nobar final Piala Dunia juga bisa hilangkan stres. Public Health Agency (PHA) mendorong para penonton untuk memanfaatkan momen Piala Dunia 2018 sebagai inspirasi untuk memulai beberapa aktivitas yang sehat.

Asisten Direktur Peningkatan Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial di PHA, Mary Black, memaparkan bahwa Anda bisa bergerak lebih banyak seperti para pesepak bola tersebut. Ingat, beraktivitas fisik secara rutin membantu Anda menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko terkena penyakit (misalnya penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker payudara, dan kanker usus besar).

Telah banyak penelitian yang mengakui bahwa efek positif dari nonton final Piala Dunia dapat bertahan dalam jangka panjang. Temuan ini diperkuat dengan sebuah hasil riset di Inggris yang menyebutkan bahwa menjadi penggemar atau pendukung sepak bola bisa membantu mengatasi stres. Ini karena ketika menonton pertandingan, seseorang akan nyaman untuk mengekspresikan identitas dan emosinya.

Selamat menonton final Piala Dunia 2018. Apa pun tim yang Anda jagokan, baik Prancis maupun Kroasia, dan menang ataupun kalah, jangan lupa untuk menjadi pribadi yang bahagia!

[RN/ RVS]

Piala Dunia 2018Piala DuniaKroasiaSepak BolaPrancisBahagiaStresfinal piala dunia

Konsultasi Dokter Terkait