Sukses

Kiat Hindari Stres Karena Macet Usai Liburan

Jangan biarkan stres akibat macet menjadi ancaman sepulang dari liburan. Intip tipsnya agar segar dan semangat tetap jadi milik Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Macet dan arus balik usai liburan memang sudah menjadi sejoli yang sulit dipisahkan. Tak tanggung-tanggung, kemacetan akibat padatnya kendaraan ini dapat terjadi hingga berbelas kilometer jauhnya. Bukan hanya lelah, stres juga dapat mengintai di balik kondisi tersebut. 

Jangan anggap sepele, stres yang terjadi dapat berdampak panjang bila tidak disiasati dengan baik. Jangan sampai hari pertama beraktivitas nantinya menjadi terganggu akibat dampak panjang dari stres perjalanan ini. Simak kiat sederhana sebelum, saat dan setelah perjalanan yang ampuh mengusir stres.

Prediksi panjang kemacetan, persiapkan waktu untuk perjalanan

Perbanyak membaca, mendengar ataupun menonton berita sebelum memulai perjalanan. Lihat, apakah rute tempuh Anda mengalami kemacetan akibat arus balik liburan. Prediksi seberapa panjang dan lama kemacetan terjadi.

Dari prediksi ini, Anda dapat mempersiapkan waktu tempuh yang cukup hingga tiba kembali ke rumah. Pulang dengan waktu yang mepet hanya akan menambah tingkat stres sepanjang perjalanan hingga tiba ke tempat tujuan

Siapkan beberapa tempat perhentian di perjalanan

Kemacetan panjang akan berujung pada stres dan kelelahan. Hindari dua hal ini dengan merencanakan beberapa pemberhentian di sepanjang jalur pulang.

Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda, lalu keluar untuk menghirup udara segar, merebahkan badan sejenak atau melakukan peregangan yang dapat mengembalikan kesegaran. Setelahnya, badan akan terasa lebih bugar dan efek stres akibat kemacetan dapat semaksimal mungkin dihindari.

Putar musik sepanjang perjalanan

Musik favorit Anda dan segenap keluarga dapat pula menjadi senjata ampuh mengusir bosan dan stres ketika menempuh kemacetan. Siapkan beberapa CD dengan sederet lagu-lagu kegemaran untuk menemani sepanjang perjalanan.

Relaksasi seusai tiba di tempat tujuan

Perjalanan panjang dan melelahkan berhasil dilalui. Namun rasa stres belum tentu hilang begitu saja. Isi sisa waktu liburan Anda dengan relaksasi setelahnya tiba di tempat tujuan. Bentuk relaksasi ini bisa beragam. Pijat, olahraga ringan, atau sekadar bersantai di halaman belakang bisa jadi pilihan.

Sediakan waktu untuk diri sendiri

Berkumpul, bercengkerama dan beraktivitas bersama keluarga memang asyik dan menyenangkan. Tapi ingat, setiap orang juga butuh me-time alias waktu untuk diri sendiri.

Tidak perlu jauh ke luar rumah, cukup dengan segelas teh atau kopi di dalam kamar atau berendam air hangat dengan wewangian yang menenangkan. Keduanya bisa jadi me-time berharga sebelum memulai aktivitas harian.

Cukup tidur di malam hari

Lelah dan stres akibat perjalanan dapat dikurangi dengan tidur cukup sebelum esoknya Anda kembali efektif beraktivitas. Sebelum tidur malam, cobalah mandi dengan air hangat, singkirkan telepon genggam ketika hari sudah mulai gelap dan redupkan lampu kamar agar tidur makin lelap.

Dijamin pada pagi harinya, Anda akan merasa lebih segar dan siap menyambut sederet pekerjaan yang sudah menanti sekembalinya dari liburan.

Jangan biarkan stres ikut pulang sekembalinya dari perjalanan liburan. Lakukan beberapa kiat tersebut sebelum waktu liburan usai dan Anda harus kembali ke aktivitas keseharian. Ingat, psikis Anda memengaruhi kondisi fisik juga. Dengan mengetahui cara menghindari dan mengusir stres karena macet, tubuh akan terjaga tetap sehat dan semangat menghadapi sederet pekerjaan yang menanti sepulang liburan.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar