Sukses

Test Pack Negatif, Apa Masih Mungkin Hamil?

Tes kehamilan dengan test pack dinilai lebih praktis dan katanya akurat. Namun, jika hasilnya negatif apakah pasti tidak hamil?

Klikdokter.com, Jakarta Kehamilan merupakan sebuah berita baik yang ditunggu-tunggu oleh hampir setiap pasangan yang sudah menikah. Saat terlambat haid, para wanita pun berdebar-debar. Langkah yang paling sering dilakukan selanjutnya ialah melakukan pemeriksaan test pack.

Test pack merupakan pemeriksaan tes kehamilan dengan mengukur kadar hormon human chorionic gonadotropin (hCG) melalui urine. Tes ini mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah karena hanya dengan memasukkan stik atau meletakkan alat tes ke dalam wadah berisi urine. Harganya pun cukup terjangkau dan tersedia di apotek-apotek terdekat.

Waktu yang tepat melakukan test pack

Test pack sudah dapat dilakukan ketika seorang wanita mengalami terlambat haid satu hari. Meski demikian, hasilnya akan lebih akurat jika dilakukan satu minggu setelah telat haid. Menurut beberapa jurnal medis, waktu terbaik untuk melakukan test pack ialah urine pertama di pagi hari karena jumlah hormon hCG paling tinggi pada waktu ini.

Hormon hCG merupakan hormon yang diproduksi pada awal kehamilan. Segera setelah sel telur yang dibuahi menempel ke dinding rahim atau terjadi proses implantasi, plasenta (ari-ari) akan terbentuk dan menghasilkan hormon hCG. Hormon ini akan masuk ke dalam peredaran darah dan urine.

Jumlah hormon hCG akan meningkat drastis dua kali lipat setiap dua hingga tiga hari. Oleh sebab itu, makin awal dilakukan test pack, kemungkinan hasil negatif karena hormon belum terdeteksi masih besar.

Keakuratan test pack

Test pack memiliki tingkat keakuratan cukup tinggi yaitu sekitar 99% dalam mendeteksi kehamilan. Kendati demikian, untuk memastikan kehamilan yang lebih pasti ialah melalui pemeriksaan hCG darah dan ultrasonografi (USG) kandungan.

Untuk diketahui, test pack dapat pula memberikan hasil positif palsu dan negatif palsu. Pemeriksaan dikatakan memberikan hasil positif palsu jika keluar hasil positif pada seseorang yang sebenarnya tidak sedang hamil. Begitu pula sebaliknya, hasil keluar negatif tetapi sebenarnya wanita tersebut sedang hamil, atau dinamakan negatif palsu.

Penyebab hasil test pack negatif palsu

Anda mungkin pernah mendapatkan hasil test pack negatif, meski sebenarnya sedang hamil. Inilah yang disebut sebagai negatif palsu dan dapat disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

1. Terlalu dini melakukan pemeriksaan

Hormon hCG akan makin meningkat jumlahnya di dalam darah dan urine seiring bertambahnya usia kehamilan, dengan puncaknya pada usia kehamilan 8-11 minggu. Pada beberapa wanita, jumlah hCG masih terlalu rendah untuk terdeteksi melalui urine pada awal kehamilan, sehingga dapat menimbulkan hasil negatif.

2. Terlalu terburu-buru mengecek hasil pemeriksaan

Pemeriksaan ini pun membutuhkan waktu untuk membaca hasil. Jangan tergesa-gesa dalam membaca hasil test pack. Berikan waktu atau bila perlu nyalakan timer sesuai dengan anjuran instruksi yang terdapat di kotak paket.

3. Terlalu banyak minum sebelum tes

Terlalu banyak minum air sebelum tes membuat urine terdilusi sehingga dapat memengaruhi hasil akhir dan hormon hCG menjadi lebih sulit terdeteksi. Untuk hasil yang akurat, disarankan untuk melakukan tes pada pagi hari karena saat itu urine paling pekat dan jumlah hormon hCG-nya paling tinggi.

4. Terjadi kesalahan dalam cara pemeriksaan

Selalu ikuti petunjuk alat yang terdapat dalam kotak sebelum menggunakan test pack agar menghindari hasil yang tidak sesuai.

5. Test pack kedaluwarsa

Penggunaan test pack yang sudah kedaluwarsa dapat memengaruhi hasil pemeriksaan. Sehingga hasil yang dibaca menjadi tidak akurat. Pastikan selalu memperhatikan tanggal kedaluwarsa alat test pack sebelum digunakan.

Pada kasus dimana hasil test pack negatif tapi haid tetap tak kunjung tiba, coba ulangi kembali test pack dalam beberapa hari atau satu minggu, terutama jika Anda melakukan test pack yang pertama sesaat setelah telat haid.

Jika kecurigaan kehamilan tetap ada tapi hasil masih negatif, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan, agar dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Pemeriksaan USG kandungan lebih akurat dibandingkan test pack dalam mendeteksi kehamilan.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar